Sains

Terjadi di Akhir Bulan, Asteroid Raksasa Ini Diprediksi Menghantam Bumi

Jika asteroid raksasa ini menghantam Bumi, dapat dipastikan jika banyak dampak dengan kerusakan yang serius.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi asteroid. (pixabay/TBIT)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/TBIT)

Hitekno.com - Tidak ingin kecolongan lagi, NASA belum lama ini memperingatkan Bumi mengenai ancaman asteroid raksasa yang mendekati Bumi di akhir bulan November 2019 ini.

Bukan main-main, asteroid raksasa yang akan segera melewati Bumi memiliki bentuk yang dua kali lebih besar dari Menara Eiffel di Paris.

Dilansir dari IB Times, asteroid yang dikenal dengan nama 481394 ini ditemukan pertama kali pada 2006 lalu. Pada saat terdeteksi pertama kali, asteroid ini memiliki kecepatan rata-rata hampir 18.000 mil per jam.

Menurut prediksi NASA, asteroid raksasa ini memiliki diameter sekitar 2.034 kaki atau sekitar 620 meter.

Usai diteliti, asteroid ini memiliki orbit berbentuk oval yang kadang bersinggungan dengan Bumi saat menyelesaikan siklusnya mengelilingi matahari.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)

 

Karena berada dalam jarak yang dekat dengan Bumi, asteroid raksasa ini masuk dalam kategori berbahaya dan mengancam Bumi.

Apalagi asteroid raksasa ini berada dalam jarak persimpangan orbit minimum 0,05 atau kurang dengan magnitudo absolut 22 atau kurang. Angka ini membuat benda langit tersebut masuk kategori berbahaya.

Jika asteroid raksasa ini menghantam Bumi, dapat dipastikan jika banyak dampak dengan kerusakan yang serius. Benturan asteroid dan Bumi dapat melepaskan energi yang setara dengan ribuan bom atom yang mampu meratakan kota besar.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)

 

Namun, hal ini hanya merupakan prediksi. Sejauh ini, NASA mengklaim bahwa asteroid raksasa ini masih dalam jarak yang cukup jauh dari Bumi.

Menurut prediksi NASA, asteroid raksasa ini akan berada di jarak terdekat dengan Bumi pada 20 November 2019 atau sekitar satu minggu sebelum Thanksgiving.

Berita Terkait