Sains

Puncak Hujan Meteor Terjadi Minggu Ini, Salah Satunya Berbentuk Bola Api

NASA menyebut bahwa di semua area langit dapat menjadi lokasi untuk memandangi puncak hujan meteor yang terjadi minggu ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi hujan meteor. (Pixabay_sjxt)
Ilustrasi hujan meteor. (Pixabay_sjxt)

Hitekno.com - Menurut laporan terbaru, puncak hujan meteor akan segera terjadi dan memuncak pada pekan ini. Makin mengerikan, salah satu dari meteor yang nantinya datang akan membawa meteor sangat terang yang dikenal sebagai bola api.

Dilansir dar Express.co.uk, hujan meteor yang pertama bernama Draconid dan akan berlangsung selama Selasa (8/10/2019) hingga Rabu (9/10/2019). Setidaknya, pada bulan Oktober 2019 ini, ada puncak tiga hujan meteor yang terjadi.

Puncak hujan meteor yang pertama ini akan terjadi pada Selasa (8/10/2019) ini.

Draconid disebut-sebut sebagai hujan meteor kecil dengan hanya sekitar 10 meteor per jam. Namun, terkadang, hujan meteor ini dapat memenuhi langit malam dengan ratusan meteor.

Kemunculan Draconid tidak dapat diprediksi sehingga masih ada peluang terjadi kapan saja dengan kapasitas yang lebih besar. Biasanya, Draconid terjadi dalam jumlah besar sebelum tengah malam.

Ilustrasi hujan meteor. (Pixabay/OpenClipart)
Ilustrasi hujan meteor. (Pixabay/OpenClipart)

 

Menurut para ilmuwan, hujan meteor Draconid akan terjadi pada paruh kedua malam pekan ini. Untuk dapat menyaksikan fenomena alam ini, temukan langit yang jauh dari paparan cahaya Bulan dan awan.

Hujan meteor yang kedua bernama Taurid Selatan dan akan berlangsung pada Rabu (9/10/2019) hingga Kamis (10/10/2019) mendatang.

Taurid Selatan ini diperkirakan membawa kurang dari 10 meteor per jam. Makin mengerikan, hujan meteor Taurid Selatan ini berbentuk bola api yang melesat menembus langit.

Biasanya meteor jenis ini akan menyilaukan mata hingga bayangan bola api akan nampak di daratan Bumi selama beberapa detik.

Ilustrasi hujan meteor. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi hujan meteor. (Pixabay/Free-Photos)

 

Selain dua meteor di atas, nantinya juga akan terjadi hujan meteor Orionid yang memuncak pada akhir Oktober 2019 tepatnya pada 21 Oktober 2019 hingga 22 Oktober 2019 dengan 20 meteor per jam.

NASA menyebut bahwa di semua area langit dapat menjadi lokasi untuk memandangi puncak hujan meteor yang terjadi minggu ini. Penasaran? Catat semua tanggalnya ya.

Berita Terkait