Sains

Dalam Sehari 12,5 Miliar Ton Es di Greenland Meleleh

Dampak pemanasan global kian terlihat nyata.

Agung Pratnyawan

Lapisan Es Greenland pada tahun 2007. (Wikipedia/ Hannes Grobe)
Lapisan Es Greenland pada tahun 2007. (Wikipedia/ Hannes Grobe)

Hitekno.com - Pernah berpikir berapa banyak es di kutub yang mencair karena pemanasan global tiap harinya. Ternyata dalam sehari saja, 12,5 miliar ton es di Greenland meleleh.

Greenland adalah salah satu cadangan es terbesar di kutub utara. Bagaimana jadinya jika wilayah ini semakin panas dan semakin banyak es mencair?

Kengerian proses pelelehan gletser di Greenland pun direkam oleh ilmuwan yang meneliti di sana. Sebuah video memerlihatkan, arus sungai mengalir deras akibat lelehan gletser.

Setelah kejadian tersebut, para ahli meteorologi, klimatologi, dan geologi kemudian menggabungkan data untuk menentukan seberapa luas pencairan di pulau tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Forbes pada Kamis (8/8/2019), pakar klimatologi Martin Stendel mengatakan bahwa jumlah es yang mencair dalam satu hari itu sudah cukup menutupi seluruh negara bagian Florida, dengan ketinggian air sebesar lima inci atau sekitar 12,7 cm.

Lapisan-Es-Greenland. (Wikipedia/ Eric-Gaba)
Lapisan-Es-Greenland. (Wikipedia/ Eric-Gaba)

 

Sepanjang sejarah, hilangnya 12,5 miliar ton es dalam 24 jam adalah yang terbesar dan baru pertama kali terjadi, sejak pengukuran awal dimulai pada tahun 1950.

Sementara di belahan dunia lainnya, gelombang panas yang cukup ekstrem terjadi di Eropa pada Juli lalu. Saat itu, kondisi paling ekstrem terjadi di kota Paris, Prancis yang suhunya menyentuh angka 109 Fahrenheit atau sekitar 42 derajat Celcius.

Menurut para ahli, gelombang panas seperti itulah yang bermigrasi ke Greenland sehingga memicu peningkatan suhu di sana dengan rata-rata 30 derajat Celcius.

Itulah dampak pemanasan global yang membuat lapisan es di Greenland makin menipis. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait