Sains

Ahli Matematika Jepang Ciptakan Ilusi Optik Luar Biasa dari Akrilik

Ilusi optik ini memanipulasi dengan refleksi, perspektif dan kontur objek yang dirancang cerdik.

Dinar Surya Oktarini

Ilusi Optik. (YouTube/Kokichi Sugihara)
Ilusi Optik. (YouTube/Kokichi Sugihara)

Hitekno.com - Seorang ahli matematika di Jepang, Kokichi Sugihara menciptakan ilusi optik dari potongan-potongan benda akrilik yang membuat potongan tersebut memiliki bentuk yang berbeda apabila di depan cermin.

Kokichi Sugihara yang merupakan profesor Miji University dengan kreatif membuat titik untuk mengungkapkam bagaimana penontonnya dimanipulasi dengan menggunakan refleksi.

Dilansir dari laman Nextshark, ilusi optik ini memanipulasi dengan refleksi, perspektif dan kontur objek yang dirancang cerdik dalam video-videonya.

Seperti salah satu objek yang berada pada videonya yang diunggahnya di YouTube. Objeknya tampak seperti bintang berujung empat di salah satu ujungnya, tetapi kemudian berubah menjadi lingkarang bundar yang halus jika dilihat dari sisi yang berlawanan.

Ilusi Optik. (YouTube/Kokichi Sugihara)
Ilusi Optik. (YouTube/Kokichi Sugihara)

 

Dengan menggunakan perbedaan ketinggian secara bertahap, ia mampu menciptakan ilusi tepi bundar di sisi kiri panah.

Sementara itu, elevasi tepian memberi sisi kanan tampilan ujung yang runcing.

Karya lainnya yang juga tak kalah fantastis adalah bentuk semanggi yang akan terlihat seperti bentuk hati apabila dilihat dari sisi yang berlawanan.

Ilusi ini mengambil keuntungan dari perspektif tetap penontonnya dan sedikit perubahan titik pandang yang sepenuhnya mengubah bentuk asli.

Ilusi optik luar biasa yang diciptakan Kokichi Sugihara ini telah memenangkan banyak penghargaan di kontes ilusi terbaik tahun ini dan penghargaan internasional selama bertahun-tahun.

Berita Terkait