Sains

Tertangkap Kamera, Ada Panda Albino Tanpa Belang Hitam

Panda albino itu diperkirakan berusia 2 tahun.

Agung Pratnyawan

Panda Albino. (Instagram/ cgtn)
Panda Albino. (Instagram/ cgtn)

Hitekno.com - Panda selama ini dikenal memiliki warna putih dengan belang hitam. Namun ada seekor panda albino dengan warna putih saja sekujur tubuhnya.

Panda albino ini tak tertangkap kamera yang tidak terlihat warna hitam di tubuhnya. Panda imut ini diketahui berkeliaran di sebuah kawasan hutan lindung sebelah barat daya China.

Panda albino itu berhasil terekam kamera saat sedang berkeliaran di hutan di daerah Sichuan pada pertengahan April kemarin, demikian diwartakan AFP dari kantor berita Xinhua pada akhir pekan kemarin.

Li Sheng, pakar beruang pada Peking University, Beijing, mengatakan panda albino itu berusia sekitar dua tahun.

Lebih dari 80 persen panda liar di dunia hidup di Sichuan, sementara sisanya berkeliaran bebas di Shaanxi serta Gansu. Selain itu, per November 2018, sekitar 548 panda raksasa dipelihara di seluruh dunia.

Pada 2018 lalu China mengumumkan rencana untuk membangun sebuah taman nasional khusus untuk panda raksasa, yang luasnya sekitar 9.000 kilometer persegi atau setara dengan tiga kali luas Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat.

Untuk membangun taman nasional khusus panda itu, Beijing siap menggelontorkan dana sekitar 10 miliar yuan atau sekitar Rp 20,8 triliun.

Saat ini panda masih termasuk kelompok spesies rentan, bukan terancam punah. Meski demikian, keberlangsungan spesies panda masih dinilai terancam dan diperlukan upaya konserasi agar bisa lestari di Bumi.

Pastinya Panda albino ini menarik perhatian banyak peneliti dan banyak orang. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait