Sains

Dianggap Urban Legend, Hewan Ini Malah Nongol di Depan Kamera

Hewan misterius ini kabarnya bisa menghisap darah ratusan hewan ternak.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Makhluk yang diduga Chupacabra tertangkap kamera. (YouTube/ North Carolina Museum of Natural Sciences)
Makhluk yang diduga Chupacabra tertangkap kamera. (YouTube/ North Carolina Museum of Natural Sciences)

Hitekno.com - Seorang pria di daerah Houston, Texas, Amerika Serikat mengklaim bahwa ia melihat hewan aneh berkeliling di sisi barat daerah tersebut. Ia juga sempat mengabadikan gambarnya dan banyak orang beranggapan itu bisa menjadi seekor Chupacabra, urban legend terkenal di wilayah Amerika.

Urban legend atau legenda urban adalah mitos atau legenda yang beredar di sekitar masyarakat yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran.

Chupacabra merupakan hewan buas penghisap darah yang meneror masyarakat pedesaan di seluruh Amerika selama beberapa dekade.

Dilansir dari Abc7 Chicago, penampakan di tahun 2019 ini melengkapi banyak penampakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Foto hewan yang diduga Chupacabra ditemukan di dekat Highway 6. Hewan misterius tersebut dilaporkan berkeliaran di belakang gedung fasilitas perusahaan Shell.

Chupacabra bisa menjadi seekor koyote dengan kelainan tertentu. (Wikipedia/ USFWS)
Chupacabra bisa menjadi seekor koyote dengan kelainan tertentu. (Wikipedia/ USFWS)

 

Kamu bisa melihat penampakan foto hewan yang diduga Chupacabra melalui link ini.

Chupacabra semakin kuat muncul sebagai urban legend setelah pada Maret 1995 terjadi pembunuhan massal hewan ternak seperti kambing di Canóvanas, Puerto Rico, Amerika Serikat.

Sebanyak 150 hewan ternak dan hewan peliharaan dilaporkan terbunuh. Kasus serupa ditemukan di pedalaman daerah AS pada tahun 1975.

Sebagian besar hewan ternak memiliki tubuh berdarah dan serangkaian luka sayatan melingkar kecil.

Bahkan beberapa di antaranya ditemukan dalam keadaan darahnya sudah terhisap sehingga mereka mati kehabisan darah.

Tidak lama setelah insiden di Puerto Rico, kematian hewan ternak serupa ditemukan di negara lain seperti Republik Dominika, Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Brasil, dan negara Amerika lainnya.

Banyak warga lokal mengaitkannya dengan Chupacabra dan beberapa saksi mata mengklaim telah melihatnya.

Chupacabra digambarkan sebagai setengah anjing atau setengah koyote namun dengan sisik berduri, cukup menyeramkan untuk menjadi urban legend.

Penampakan terbaru di Houston juga diklaim memiliki kulit atau sisik yang menyerupai duri.

Namun ahli biologi mengatakan bahwa Chupacabra tetap menjadi urban legend karena belum pernah ada yang pernah menangkapnya.

Ilmuwan yang berasal dari North Carolina Wildlife Resources Commission menjelaskan bahwa duri yang terlihat mungkin bisa menjadi penyakit kutil dari anjing liar.

Ia mengungkapkan bahwa hewan yang dilihat itu bisa jadi hanya anjing liar atau koyote yang mengidap penyakit kulit tertentu.

Untuk saat ini, Chupacabra tak bisa digolongkan menjadi spesies hewan karena memang makhluk tersebut belum pernah datang di meja penelitian laboratorium.

Hewan misterius seperti Chupacabra akan tetap menjadi urban legend sebelum ada orang yang menangkap dan membawanya ke meja penelitian ilmuwan.

Berita Terkait