Sains

NASA Siapkan Teleskop Hubble untuk Abadikan Tabrakan Dua Galaksi

Tabrakan dua galaksi ini sudah diketahui ilmuwan sejak 1784.

Agung Pratnyawan

Teleskop Hubble. (NASA)

Hitekno.com - Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA melaporkan adanya fenomena alam tabrakan dua galaksi. Untuk mengabadikan kejadian ini, NASA menyiapkan teleskop Hubble.

Berkat teleskop antariksa ini pula, NASA bisa mengetahui adanya tabrakan antar galaksi yang kini telah menyatu ini.

Dalam konstelasi 230 juta tahun cahaya, dua galaksi yang selama ini memang saling beradu, akhirnya bertabrakan dan bergabung menjadi satu.

Menurut Science Alert, pertempuran antara dua galaksi ini rupanya sudah terjadi sejak tahun 1784 saat pertama kali ditemukan astronom William Herschel.

Saat ditemukan pertama kali, Herschel mengira bahwa hal tersebut hanyalah satu galaksi besar dengan bentuk bulat yang tidak normal.

Teleskop Hubble. (NASA)

Kedua galaksi tersebut ditarik gravitasi yang cukup kuat sehingga bintang-bintang dalam galaksi tersebut akhirnya bersatu. Proses penyatuan bintang-bintang itu terjadi saat masing-masing galaksi mengeluarkan bintang dari orbit dan menempatkannya ke jalur yang baru.

Penggabungan dua galaksi ini diabadikan teleskop Hubble dengan menggunakan Wide Field dan Planetary Camera 2 (WFPC2) versi lama.

Meski tabrakan antar dua galaksi terdengar menakutkan, namun tabrakan keduanya tidak memberikan dampak serius karena terjadi di ruang angkasa yang merupakan ruang kosong.

Walau begitu, fenomena tabrakan dua galaksi bukanlah sesuatu yang baru. Tidak bisa dipungkiri, suatu saat nanti galaksi Bimasakti juga akan mengalami tabrakan dengan galaksi tetangga, yaitu Andromeda.

Menurut prediksi para ilmuwan, tabrakan antara Bimasaksi dan Andromeda akan terjadi sekitar empat miliar tahun yang akan datang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).