Internet

Menakjubkan, NASA Pamer Foto Dua Galaksi Bertabrakan

Yuk, ikut takjub dengan foto dua galaksi yang bertabrakan dari NASA ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia

Tabrakan dua galaksi. (NASA)
Tabrakan dua galaksi. (NASA)

Hitekno.com - Belum lama ini, NASA membuat laporan mengenai dua galaksi bertabrakan hingga akhirnya menyatu. Proses menakjubkan ini lalu diabadikan oleh Hubble Space Telescope.

Dilansir dari Science Alert, dalam konstelasi 230 juta tahun cahaya, dua galaksi yang selama ini bertempur cukup sengit, akhirnya bertabrakan dan saling bergabung menjadi satu.

Pertempuran antara dua galaksi ini rupanya sudah dimulai sejak tahun 1784 saat pertama kali ditemukan oleh astronom bernama William Herschel.

Saat ditemukan pertama kali, William Herschel mengira bahwa hal tersebut hanyalah satu galaksi besar dengan bentuk bulat yang tidak normal.

Kedua galaksi ini ditarik oleh gravitasi yang cukup kuat sehingga bintang-bintang dalam galaksi tersebut akhirnya bersatu.

Teleskop Hubble. (NASA)
Teleskop Hubble. (NASA)

Proses penyatuan bintang-ini terjadi saat masing-masing galaksi mengeluarkan bintang tersebut dari orbit dan menempatkan ke jalur yang baru.

Penggabungan dua galaksi yang bertabrakan ini ditangkap sempurna oleh Hubble milik NASA dengan menggunakan Wide Field dan Planetary Camera 2 (WFPC2) versi lama.

Kalimat dua galaksi yang bertabrakan memang terdengar sangat menakutkan. Namun, karena proses ini terjadi di luar angkasa dan galaksi tersebut merupakan ruang kosong, maka tabrakan antar galaksi tersebut tidak menimbulkan bencana serius.

Galaksi pada dasarnya berisi bintang-bintang berkilau yang menakjubkan, oleh karena itu penggabungan keduanya menghasilkan tampilan galaksi yang makin membuat takjub.

Tabrakan dua galaksi. (NASA)
Tabrakan dua galaksi. (NASA)

Walaupun memiliki bentuk yang sangat kacau dan tidak stabil, kamu akan tetap dibuat terpukau dengan pemandangan kedua galaksi ini.

Tabrakan antara dua galaksi memang bukan hal yang baru. Tidak bisa dipungkiri, suatu saat nanti galaksi Bimasakti akan bertabrakan dengan galaksi Andromeda yang merupakan galaksi tetangga.

Menurut prediksi, tabrakan antara galaksi Bimasakti dan galaksi Andromeda akan berlangsung sekitar empat miliar tahun lagi.

Apakah kamu ikut takjub dengan foto dua galaksi bertabrakan dari NASA ini?

Berita Terkait