Sains

Ini Foto Mars Terakhir yang Dikirim Robot Opportunity Sebelum Hilang Kontak

Dari foto yang dikirim robot Opportunity ini, peneliti bisa melihat seperti apa bebatuan di planet tersebut.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Robot Penjelajah Opportunity. (NASA)
Ilustrasi Robot Penjelajah Opportunity. (NASA)

Hitekno.com - Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA telah mengirimkan robot Opportunity ke planet Mars untuk melakukan penelitian. Robot ini juga sering mengirimkan foto Mars.

Robot Opportunity diluncurkan pada 8 Juli 2003, dan berhasil mendarat di planet Mars pada 25 Januari 2004. Sejak itu, telah ratusan foto dikirimkan ke Bumi.

Awalnya robot ini dedesain untuk bertahan hingga 90 hari saja di planet MARS tersebut. Namun ternyata misi ini terus berjalan hingga 15 tahun.

Sampai pada 10 Juni 2018 NASA kehilangan kontak dengan robot ini. Dan akhirnya pada 13 Februari 2019, diputuskan jika robot ini resmi berhenti bertugas.

Sebelum hilang kontak, robot Opportunity ini sempat mengirimkan sejumlah foto Mars yang menjadi salah satu bagian dari misinya.

Foto Mars dari Robot Opportunity. (NASA)
Foto Mars dari Robot Opportunity. (NASA)

 

Dan pada 14 Februari 2019 lalu, NASA merilis foto Mars terakhir yang dikirimkan oleh robot Opportunity sebelum hilang kontak.

NASA juga mempublikasikan video aktivitas dari robot ini selama berada di planet MARS. Dan lokasi mana saja yang telah dijelajahinya selama di planet merah tersebut.

Dari foto-foto yang dipublikasikan NASA ini, dapat terlihat seperti apa bebatuan di planet tersebut. NASA juga telah mengolah foto panorama yang diambil agar lebih mudah dilihat.

Foto Mars dari Robot Opportunity. (NASA)
Foto Mars dari Robot Opportunity. (NASA)

 

Jika ditotal, sudah ada 354 foto Mars telah Robot Opportunity. Dan foto itulah yang terakhir sebelum ia dinyatakan hilang di planet Mars.

Berita Terkait