Sains

Minum Alkohol Bisa Buat Tubuh Hangat, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Apa benar minuman beralkohol bisa benar menghangatkan tubuh?

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi minuman beralkohol. (pixabay/Free Photos)
Ilustrasi minuman beralkohol. (pixabay/Free Photos)

Hitekno.com - Untuk kamu yang sering mengonsumsi minuman beralkohol, pasti sudah familiar dengan rasa hangat tubuh karena minuman ini. Para ahli rupanya punya penjelasan ilmiah mengenai hal ini lho.

Deretan minuman beralkohol seperti bir, sampanye, sake, wine, dan lain-lain memang terkenal dengan sensasi hangatnya usai dikonsumsi.

Wajar jika untuk beberapa orang yang hidup di daerah dingin akan sangat menyukai minuman satu ini karena efek menghangatkan yang diberikan.

Lalu, apa penyebabnya hingga minuman beralkohol yang disebut tidak baik untuk kesehatan ini mampu memberikan rasa hangat untuk tubuh?

Menurut para ahli, rasa hangat yang dirasakan tubuh usai mengonsumsi minuman beralkohol ternyata berasal dari darah.

Ilustrasi minuman beralkohol. (pixabay/Pexels)
Ilustrasi minuman beralkohol. (pixabay/Pexels)

 

Hal ini dijelaskan oleh seorang ahli saraf dan ahli toksikologi dalam penelitiannya. Ia menyebutkan jika alkohol mampu menyebabkan pembuluh darah di kulit manusia membesar hingga memuntahkan darah dari inti ke pinggiran.

Penjelasan ini terasa masuk akal mengingat sifat alkohol sebagai vasodilator yang mampu melakukan pelebaran pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah ini yang lalu memberikan rasa hangat.

Rasa hangat yang dirasakan rupanya bukan berarti mempengaruhi suhu tubuh. Pasalnya saat mengonsumsi minuman beralkohol, otak bertugas untuk menangkap pesan melalui reseptor sensorik yang muncul akibat pembuluh darah yang membesar.

Reseptor sensorik ini yang bekerja untuk mendengar, melihat, hingga mencium rasa panas dan dingin. Hal ini yang lalu membuat tubuh mampu merasakan panas walaupun suhu tubuh tidak mengalami perubahan.

Ilustrasi minuman beralkohol. (pixabay/MabelAmber)
Ilustrasi minuman beralkohol. (pixabay/MabelAmber)

 

Saat mengonsumsi minuman beralkohol, kamu akan merasa hangat yang dihasilkan oleh persepsi neuron pada kulit yang peka terhadap panas.

Selain karena pelebaran pembuluh darah, rasa panas yang terasa ini bisa saja berasal dari otak yang menstimulasi perasaan panas usai mengonsumsi minuman beralkohol.

Dilansir dari Live Science, penelitian ini membuktikan bahwa minuman beralkohol yang dapat menghangatkan tubuh ini rupanya berasal dari pembuluh darah yang membesar sekaligus bisa saja berasal dari persepsi yang dibangun di otak.

Jadi, selain mengonsumsi minuman beralkohol untuk menghangatkan tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi minuman yang kaya rempah-rempah untuk membuat tubuhmu tetap hangat ya.

Berita Terkait