Sains

Pasangan Ini Mau Pindah ke Mars Pada 2032, Mau Ikutan?

Berangkat tapi nggak kembali ke Bumi, lho! Mau?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi penjelajahan Mars. (NASA)
Ilustrasi penjelajahan Mars. (NASA)

Hitekno.com - Planet Mars dianggap bisa jadi tempat tinggal manusia selanjutnya setelah Bumi. Karena itu banyak yang ingin pindah ke Mars, termasuk pasangan satu ini.

Pasangan asal Boston, Amerika Serikat (AS), Yari dan R. Daniel Golden-Castano telah mendaftarkan diri sebagai penghuni planet Mars.

Pasangan ini terobsesi dengan planet tersebut sehingga berniat untuk pindah ke Mars pada 2032. Mereka ingin menjadi penghuni Mars.

Pasangan ini bertemu di grup Facebook yang berisi orang-orang yang terobsesi dengan planet Mars. Banyak diantaranya yang ingin pindah ke Mars.

Saking terobsesinya, pasangan ini menikah di saat posisi planet Mars berada di jarak terdekat dengan Bumi. Pasangan ini pun mendaftarkan diri sebagai penghuni Mars.

Pasangan R Daniel and Yari Golden-Castano ingin pindah ke Mars. (Topic)
Pasangan R Daniel and Yari Golden-Castano ingin pindah ke Mars. (Topic)

 

Mereka terpilih sebagai dua di antara 100 kandidat penghuni Mars. Pemilihan yang dilakukan melalui program Mars One.

''Ini merupakan bagian dari mimpi masa kecil saya,'' ucap R. Daniel seperti yang dimuat New York Post.

Dari 100 kandidat ini, nantinya akan diseleksi lagi menjadi 24 calon. Lalu mereka menjalani pelatihan berat selama 10 tahun.

Dalam latihan ini, para calon penghuni Mars akan diasingkan ke lokasi terpencil. Mereka harus belajar bagaimana menanam makanan, memperbaiki teknologi, dan belajar memberikan pertolongan medis.

Mengerikannya lagi, jika mereka jadi pindah ke Mars, mereka tak akan mendapatkan tiket pulang ke Bumi. Alias menetap selamanya di planet Mars.

Misi Mars One ini sendiri bukan sebuah program menciptakan koloni baru di Mars. Melainkan tahap awal untuk misi-misi selanjutnya di planet Mars.

Sumber: VideoBlock
Ilustrasi planet Mars. (VideoBlock)

 

Misi ini ditugaskan untuk mencari sumber pangan yang berkelanjutan di planet merah tersebut. Demi kelangsungan hidup mereka, dan orang-orang yang datang berikutnya.

Keputusan pasangan ini untuk pindah ke Mars tidaklah mulus. Karena mendapatkan tentangan dari keluarga keduanya.

Bahkan nenek Yari menyebutnya ini sebagai misi bunuh diri. Keluarga lainnya pun tidak menyambutnya dengan gembira.

Untungnya, pasangan calon penghuni Mars ini bisa menjelaskan dengan baik. Termasuk ke sang nenek yang awalnya menolak keputusan ini.

Program Mars One untuk membawa manusia ke planet Mars sendiri masih lama, sekitar 2031 mendatang. Akankah pasangan ini jadi pindah ke Mars nanti?

Berita Terkait