Sains

Ajaib, Ilmuwan Cina Sukses Ubah Tembaga Menjadi Emas

Cukup ajaib kan, gimana menurutmu?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi emas. (pexels/NaMaKuKi)
Ilustrasi emas. (pexels/NaMaKuKi)

Hitekno.com - Belum lama ini, beberapa ilmuwan Cina sukses menemukan cara untuk ubah tembaga menjadi emas. Ajaib?

Hal ini terungkap dalam sebuah hasil penelitian yang diterbitkan di Science Advances. Walaupun terkesan mustahil, namun akhirnya para ilmuwan ini berhasil melakukannya.

Para ilmuwan ini awalnya mengubah tembaga menjadi logam sebelum kemudian mengubahnya lagi menjadi logam yang hampir identik dengan emas.

Bagaimana caranya? Para ilmuwan ini pertama-tama melakukan bombardir atom tembaga dengan plasma argon berenergi tinggi yang sukses mengubah struktur elektron tersebut menjadi logam.

Ilustrasi tembaga. (pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi tembaga. (pixabay/PublicDomainPictures)

 

Akibat proses ini, titik beku berhasil berubah menjadi nol valensi yang sukses membuat tembaga menjadi kurang reaktif dan mulai berubah menjadi logam mulia layaknya emas atau perak.

Terjadinya proses bombardir atom tembaga ini membuat nanopartikel tembaga akhirnya mencapai kinerja katalitik yang mirip dengan emas dan perak.

Hasil penemuan ini membuat para ilmuwan mengibaratkan tembaga yang dapat diubah dari 'ayam' menjadi 'phoenix' yang sangat istimewa.

Tidak digunakan untuk membuat kaya para peneliti, rupanya hasil penelitian ini akan digunakan sebagai langkah penting yang dapat menguntungkan siapa saja dalam menghadapi tantangan dunia modern.

Ilustrasi emas. (pixabay/Stevebidmead)
Ilustrasi emas. (pixabay/Stevebidmead)

 

Ketahanan terhadap oksidasi dan reaktivitas yang rendah rupanya membuat emas dan perak sangat sesuai untuk digunakan dalam proses kimia canggih yang mampu mengubah batubara menjadi sumber daya yang berguna layaknya etanol.

Jika kamu tertarik untuk mengembangkan tembaga menjadi emas, banyak-banyak belajar ke para ilmuwan asal Cina ini ya.

Tidak dipungkiri jika penemuan para ilmuwan Cina yang berhasil mengubah tembaga menjadi emas ini dapat sangat berguna untuk masa-masa mendatang. Cukup ajaib kan, gimana menurutmu?

Berita Terkait