Sains

Berkunjung ke Reaktor Nuklir Fukushima Pasca Bencana 7 Tahun Lalu

11 Maret 2011, jadi mimpi buruk bagi TEPCO.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Fukushima. (TEPCO)
Fukushima. (TEPCO)

Hitekno.com - Tokyo Electric Power Co (TEPCO) menjadi perusahaan listrik Jepang yang bertanggungjawab langsung atas bencana nuklir Fukushima pada 2011 lalu. Perusahaan ini dianggap bersalah atas penggunaan reaktor nuklir 7 tahun yang lalu.

Bencana nuklir yang terjadi di Fukushima merupakan kecelakaan energi yang awalnya dipicu oleh tsunami dan gempa bumi yang menimpa Tohoku, Jepang.

Tepat pada 11 Maret 2011, setelah dihantam gempa, reaktor nuklir ini secara otomatis mematikan reaksi fisi berkelanjutan untuk mencegah kebocoran. Sayangnya, tsunami yang datang setelahnya sukses mematikan generator darurat yang menyediakan daya untuk mengendalikan pompa pendingin reaktor.

Fukushima. (TEPCO)
Fukushima. (TEPCO)

 

Pendingin yang tidak aktif ini akhirnya menyebabkan tiga krisis nuklir, ledakan kimia hidrogen-udara, dan pelepasan bahan radioaktif.

Walaupun tidak memakan banyak korban, namun reaksi kimia dari nuklir ini diperkirakan dapat menyebabkan kanker pada beberapa tahun ke depan.

7 tahun setelah kejadian tersebut terjadi, dilansir dari SoraNews24, TEPCO sedang berusaha untuk memperbaiki citranya di mata publik dengan merilis tur virtual untuk mengunjungi bekas reaktor nuklir di Fukushima ini.

Fukushima. (TEPCO)
Fukushima. (TEPCO)

 

Setelah rilis pertama kali di Jepang, website ini kabarnya akan segera mendapat update terbaru dalam bahasa Inggris. Webiste ini juga mampu memberikanmu pengalaman berkunjung dari 10 rute berbeda di daerah reaktor.

Setiap rute memiliki pemberitahuan dan penjelasan mengenai tur tersebut dan total radiasi yang terjadi di setiap sisi bekas reaktor nuklir ini.

Kamu juga bisa memilih objek-objek tertentu untuk melihat bagaimana alat-alat tersebut bekerja di lapangan dan deretan fungsinya.

Fukushima. (TEPCO)
Fukushima. (TEPCO)

 

Tidak hanya di halaman daerah reaktor nuklir ini, kamu juga bisa diajak berkunjung ke bagian dalam untuk melihat bagaimana lokasi masing-masing unit nuklir.

Fitur 360 degree juga sudah disiapkan untuk kamu. Kamu siap-siap terasa berada di Fukushima saat berkunjung ke situs ini ya.

Dilansir dari SoraNews24, TEPCO meyakini bahwa perusahaan nuklir ini masih berjalan normal dengan orang-orang terbaik yang ada.

Jika kamu penasaran dengan perusahaan dan melihat keadaan Fukushima paska terkena reaktor nuklir tujuh tahun yang lalu, langsung berkunjung ke www.tepco.co.jp.

Berita Terkait