Sains

Bukan Ide Bagus, Bulan Palsu Cina Bisa Berdampak Pada Lingkungan

Bulan aja dipalsuin, apalagi yang lain?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Bulan. (pakutaso)
Ilustrasi Bulan. (pakutaso)

Hitekno.com - Bulan aja dipalsuin, memang luar biasa negara Cina ini. Cina telah merencanakan untuk meluncurkan bulan palsu atau bulan buatan di kota Chengdu.

Sekilas nampak ide yang menarik, membuat bulan palsu untuk menerangi malam. Bulan buatan ini digunakan sebagai pengganti lampu penerangan jalan.

Tapi apakah benar ide bulan palsu Cina ini bagus? Ternyata tidak semua setuju akan ide bualan palsu Cina ini.

Ilustrasi Bulan. (pakutaso)
Ilustrasi Bulan. (pakutaso)

 

Dilansir dari dari Forbes, John Barentine, Director of Public Policy International Dark-Sky Association mengutarakan pendapatnya.

Menurut John Barentine, peluncuran bulan palsu ini bisa menciptakan polusi cahaya yang lebih besar. Ini bisa berdampak pada lingkungan hidup di Bumi.

''Bulan tiruan gagasan Chengdu akan berdampak pada peningkatan cahaya secara signifikan di kota yang sudah mengalami polusi cahaya'' ungkapnya.

''Hal ini akan menimbulkan masalah bagi warga Chengdu yang tidak bisa mematikan cahaya yang tidak mereka inginkan,'' lanjutnya.

''Juga jadi masalah bagi populasi hewan dan tumbuhan di daerah yang terpapar cahaya'' tambah John Barentine.

Ilustrasi Bulan. (pakutaso)
Ilustrasi Bulan. (pakutaso)

 

Hal ini bisa menimbulkan masalah lingkungan secara signifikan, masalah baru yang belum pernah dialami.

Apalagi, cahaya bulan palsu Cina ini diklaim sangat besar. Bahkan bisa delapan kali lipat dari Bulan yang asli.

Bulan Palsu Cina

Pembuatan bulan palsu ini dalam rangka penghematan biaya listrik. Diklaim dengan menggantikan lampu penerangan jalan dengan bulan ini, bisa menghemat biaya hingga 1,2 miliar yuan atau sebesar Rp 2,6 triliun.

Rencananya, bulan palsu Cina ini akan diluncurkan pada 2020 mendatang. Nantinya bukan dalam bentuk objek raksasa seperti Bulan asli.

Bulan Palsu Cina sebenarnya adalah satelit yang dapat memancarkan cahaya ke Bumi. Bukan sebagai lampu, melainkan memantulkan cahaya Matahari ke Bumi.

Akankah proyek bulan palsu Cina ini akan direalisasikan? Apakah tega menghemat biaya listrik dengan mengorbankan kesehatan warga dan lingkungan?

Berita Terkait