Sains

Sah, Penelitian Ini Buktikan Cowok Lebih Nggak Peka

Jadi kalau cowok kamu nggak peka dengan kode kamu, jangan marah ya.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@ Milan Popovic)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@ Milan Popovic)

Hitekno.com - Anggapan pria yang kurang peka atau kurang sensitif dibandingkan wanita memang menjadi salah satu istilah yang tidak asing di telinga kamu bukan?

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu penelitian dari sisi ilmiah. Beberapa waktu lalu ilmuwan berhasil mengungkap fakta bahwa wanita mempunyai derajat empati lebih tinggi dibanding lelaki.

Temuan tersebut berhasil diungkap oleh tim dari Amen Clinics di California, Amerika Serikat.

Para peneliti mengamati sebanyak 46 ribu pemindai otak yang dilakukan dengan teknologi SPECT (Single-Photon Emission Computed Tomography) yang menemukan bahwa otak wanita tampak lebih aktif daripada pria.

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@Parker Whitson)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@Parker Whitson)

Teknologi SPECT sendiri merupakan alat yanng dirancang khusus untuk melacak aliran darah melalui otak.

Penilitian otak tersebut dilakukan dalam dua kondisi, yaitu saat otak melakukan suatu pekerjaan dan saat otak dalam keadaan istirahat.

Seperti yang dikutip dari Science Alert, pemimpin penelitian Daniel Amen mengungkapkan bahwa ''Ini adalah studi yang sangat penting untuk membantu memahami perbedaan otak berdasarkan gender. Perbedaan kuantitatif yang kami identifikasi antara pria dan wanita penting untuk memahami risiko berbasis gender tentang gangguan otak seperti penyakit Alzheimer''.

Otak wanita memiliki aliran darah lebih banyak daripada pria sehingga otak wanita dinilai lebih aktif dan membuat wanita lebih empati dan intuitif serta memiliki risiko kecemasan.

Terlihat pada bagian korteks prefrontal, yaitu pada area yang membantu mengendalikan implus dan mempertahankan fokus, yaitu bagian otak yang menangani suasana hati dan kecemasan.

Namun hal itu bukan berarti wanita lebih pintar daripada pria ya.

Penelitian ini awalnya dimaksudkan untuk membantu memahami mengapa risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson berbeda antara pria dan wanita.

Jadi sekarang kamu sudah paham kan kenapa gebetan kamu nggak peka saat dikodein.

Berita Terkait