Sains

Catat, Ini Bahaya Pangku Laptop Terlalu Lama

Jangan pangku laptop di paha!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pria pangku laptop. (Pexels).
Ilustrasi pria pangku laptop. (Pexels).

Hitekno.com - Laptop banyak digunakan dengan cara dipangku di paha. Namun ternyata, ada bahaya pangku laptop terlalu lama lho.

Tanpa disadari, kamu mungkin sering meletakkan laptop di paha saat mengerjakan tugas. Bukan hanya sejam, kadang bisa memakan waktu hingga dua sampai tiga jam.

Laptop yang diletakkan di paha sebenarnya tak baik untuk kesehatanmu. Dari beberapa sumber, HiMedik menemukan beberapa alasan kenapa laptop yang diletakkan di paha bisa membahayakan dirimu.

Dilansir timesofindia, penempatan laptop dalam waktu lama di paha bisa menghasilkan panas sekitar 44 derajat. Menurut dokter kulit dan ahli bedah kulit, Dr Shenaz Z Arsiwala, respon kulit terhadap ini bisa berupa kemerahan.

Efek lanjutan dari ini adalah perubahan pigmen kulit. Ini bisa menyebabkan warna kulit paha berbeda dengan kulit di sekitarnya.

Ilustrasi pria pangku laptop. (Pexels).
Ilustrasi pria pangku laptop. (Pexels).

 

Untuk para lelaki, ini ternyata bisa berefek pada kualitas sperma. Jumlah sperma menjadi lebih sedikit dan juga akan mengganggu kesuburan karena panas dari laptop bisa berefek ke skrotum.

Bukan hanya itu, area pergelangan tangan juga sering terkena panas dari laptop. Hal ini menyebabkan area pergelangan tangan sering kesemutan, tangan kapalan dan terasa gatal. Ini dinamakan Carpal Tunnel Syndrome.

Akibat lainnya, paparan panas yang terjadi berulang dapat membuat sel tubuh mati. Nyeri pun sering terasa. Nyeri yang tak kunjung sembuh dapat mengindikasikan risiko terkena kanker.

Untuk menghindari ini, kamu bisa menggunakan pendingin laptop. Atau, beri alas yang cukup tebal seperti buku untuk menghindari panas yang langsung terkena kulit.

Mulai sekarang, jangan biasakan laptop diletakkan di paha ya jika tak ingin bahaya-bahaya di atas terjadi

Tulisan mengenai bahaya pangku laptop ini sudah dimuat di Himedik.com dengan judul Jauhkan Laptop dari Paha Atau Bahaya Ini yang Akan Kamu Dapat.

Berita Terkait