Sains

Siapkan 2,8 Miliar, Tiket Tur Luar Angkasa Siap Dijual

Blue Origin sedang bekerja untuk membuat penerbangan luar angkasa menjadi sebuah ceruk penting dalam ekonomi perusahaan ke depan.

Tinwarotul Fatonah | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Blue Origin
Sumber: Blue Origin

Hitekno.com - Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa tiket Blue Origin siap dijual. Tiket tur luar angkasa tersebut menjanjikan sebuah perjalanan menakjubkan menggunakan pesawat New Shepard dari Blue Origin.

Eksekutif perusahaan dan juga Wakil Presiden Senior Blue Origin Rob Meyerson membuat pengumuman itu pada sebuah pidato di Amazon Web Services Public Summit yang diadakan awal bulan kemarin di Washington DC.

"Kami berencana untuk memulai menerbangkan penumpang pada uji coba pertama kami segera. Kami berharap mulai menjual tiket di 2019," kata Rob Meyerson dalam sebuah kesempatan.

Kabar sebelumnya mengatakan bahwa kisaran harga antara $ 50.000 atau Rp 706 juta hingga $ 250.000 atau Rp 3,52 miliar per kursi.

Sumber: Reuters
Sumber: Reuters


Namun ketika ditanyakan langsung pada pemilik Blue Origin, Jeff Bezos tidak menanggapi permintaan dan menilih diam tidak berkomentar. Dia hanya berucap bahwa harga resmi ditetapkan pada bulan Mei tahun depan.

Hal itu membuat publik sangat penasaran mengingat tur luar angkasa merupakan tur yang jarang dirasakan oleh manusia.

Dikutip dari Reuters, seorang karyawan Blue Origin yang bertanggung jawab mengenai manajemen perencanaan harga memberi tahu mengenai bocoran harga terbaru.

Karyawan tersebut mengatakan bahwa perusahaan akan mulai menjual tiket dalam kisaran $ 200.000 atau Rp 2,87 miliar hingga $ 300.000 atau Rp 4,3 miliar. Karyawan tersebut berbicara tanpa menyebutkan nama karena masalah harga bersifat sangat rahasia.

Blue Origin yang memiliki moto “Langkah Demi Langkah, Melaju dengan Ganas” benar-benar membuat langkah yang sangat penting bagi perkembangan tur luar angkasa.

Sumber: Blue Origin
Sumber: Blue Origin

 

Perusahaan itu sedang bekerja untuk membuat penerbangan luar angkasa menjadi sebuah ceruk penting dalam ekonomi perusahaan ke depan. Bisnis tur luar angkasa bersama dengan layanan satelit dan proyek eksplorasi pemerintah sudah bernilai lebih dari $ 300 miliar atau Rp 4.313 triliun per tahun.

Jeff Bezos, orang terkaya di dunia dengan kekayaan sekitar $ 112 miliar atau Rp 1.610 triliun, memiliki persaingan dari miliarder Richard Branson dan Elon Musk, kepala eksekutif Tesla Inc.

Virgin Galactic dari Branson mengatakan telah menjual sekitar 650 tiket dalam perjalanan ruang angkasa mereka, tetapi belum menetapkan tanggal untuk memulai penerbangan.

(Sumber: Youtube.com/ Blue Origin)

Perusahaan tersebut mengenakan biaya $ 250.000 atau Rp 3,6 miliar per tiket. Dengan harga tersebut Virgin Galactic akan bersaing ketat dengan Blue Origin.

SpaceX didirikan oleh Musk pada tahun 2002. Musk dengan sangat ambisius mengatakan tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan orang untuk hidup di planet lain.

Dengan bocornya harga tiket tur luar angkasa dari Blue Origin semakin menambah panas persaingan perusahaan penerbangan luar angkasa ke depannya.

Berita Terkait