Sains

Jarawa, Suku Kuno Mengisolasi Diri Selama 55 Ribu Tahun

Populasi suku Jarawa yang tinggal di Pulau Adaman diperkirakan sekitar 300 jiwa.

Agung Pratnyawan

Suku Kuno Jarawa [YouTube/Bored Panda].
Suku Kuno Jarawa [YouTube/Bored Panda].

Hitekno.com - Pulau Adaman terletak di Samudra Hindia termasuk wilayah persatuan di India. Di pulau ini, tinggal suku kuno bernama Jarawa. Suku ini telah mengisolasi diri selama 55 ribu tahun.

Selama 55 ribu tahun pula, suku kuno ini tidak tersentuh peradaban moder. Populasi suku Jarawa yang tinggal di Pulau Adaman diperkirakan sekitar 300 jiwa.

Pembuat film dokumenter Alexandre Dereims dan Claire Beilvert meluncurkan film dokumenter berjudul "We are Humanity" untuk mengirim pesan langsung dari anggota suku kepada dunia.

Kabarnya, suku Jarawa memang tidak ingin menjadi bagian dari dunia modern. Namun, rasa penasaran dari masyarakat luar membuat suku ini terus-menerus didekati dan dikunjungi, bahkan mereka dilecehkan oleh orang-orang yang telah masuk ke wilayah teritorial mereka.

Jika pemerintah India tidak segera mengambil tindakan untuk melindungi kelompok masyarakat adat ini, diperkirakan suku Jarawa akan punah dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Alexandre Dereims membuat kampanye Jarawa yang berisi penjangkauan global, bertujuan memperkenalkan dunia kepada salah satu suku paling kuno di dunia.

Bahwasannya, Jarawa seharusnya diperlakukan selayaknya manusia, meskipun mereka tertinggal dari peradaban modern, bukan diperlakukan seperti binatang oleh para turis asing bahkan para ilmuwan india sendiri.

Kampanye yang berupa petisi ini ditargetkan untuk mengumpulkan 1 juta tanda tangan.

Petisi ini sendiri dilayangkan kepada Perdana Menteri India, Menteri Urusan Suku India, Presiden AAJVS, dan Letnan Gubernur Kepulauan Adaman dan Nikobar yang berisi bahwa suku Jarawa sedang terancam oleh kebijakan pemerintah India sendiri.

Tulisan mengenai suku Jarawa di Pulau Adaman ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Unik! Suku Kuno Ini Mengisolasi Diri Selama 55 Ribu Tahun.

Berita Terkait