Sains

Penampakan Roket SpaceX Dibandingkan Bangunan Lain

Elon Musk selaku pendiri Space X juga telah melihat video tersebut dan memuji dengan sebutan "keren"

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Youtube.com/ Corridor Crew
Sumber: Youtube.com/ Corridor Crew

Hitekno.com - Jika cuma melihat di video, roket SpaceX terlihat sangat kecil. Penampakan roket yang kecil ini karena tidak ada bangunan lain disekitarnya sebagai pembanding. 

Selain itu, video peluncuran roket juga diambil dari jarah jauh yang membuatnya terlihat semakin kecil. Wren Weichman membuat visualisasi perbandingan roket SpaceX dengan bangunan lain agar netizen tahu seberapa besar roket tersebut.

Tidak menggunakan gambar dalam perbandingan, Weicman membuat video dengan virtual effect yang menakjubkan. Setelah melihat video ini, Elon Musk selaku pendiri SpaceX memberikan pujian "keren".

Sumber: Extreme Tech
Sumber: Extreme Tech

 

Saking bagusnya, CEO SpaceX tersebut bahkan me-retweet video yang dibuat di California oleh Corridor Crew.

Dengan video itu, kita jadi lebih mudah memahami ukuran sebenarnya Falcon 9. Dikutip dari Space, Falcon 9 mempunyai tinggi 230 kaki (70 meter), atau kira-kira ketinggian bangunan 21 lantai.

Tapi seberapa besar itu? Otak manusia memiliki kecenderungan sifat yang sulit menerjemahkan citra objek besar tanpa adanya skala pembanding.

Karena itulah, dibuat video menggunakan teknologi VFX dengan skala perbandingan antara roket Falcon 9 dan bangunan terkenal.

Sumber: Twitter.com/ @elonmusk
Sumber: Twitter.com/ @elonmusk

 

 

Kebanyakan orang tidak pernah melihat roket dari jarak dekat, jadi sangat sulit untuk memahami secara tepat seberapa besar 230 kaki (70 meter).

Dengan sangat kreatif Weichman menggunakan virtual effect dan animasi komputer untuk menempatkan roket di lokasi yang mudah kita kenali.

Perbandingan yang dilakukannya di patung liberty dan di gedung perkantoran membuat kita takjub mengenai seberapa besar roket luar angkasa SpaceX.


(Sumber: Youtube.com/ Corridor Crew)

Video itu membuat kita lebih mudah membayangkan penampakan roket seolah olah seperti bangunan 21 lantai yang terbang di udara dengan kecepatan 27.000 km per jam.

Roket BFR yang suatu hari akan membawa manusia ke Mars juga divisualisasikan dengan baik melalui video tersebut. Penampakan roket setinggi 348 kaki (107 m) mampu kita cerna dengan baik.

Bagaimana sudah bisa membayangkan seberapa besar roket SpaceX? 

Berita Terkait