Sains

Berusia Lebih dari 100 Tahun, Manusia Akan Berhenti Menua

Hidup dan mati seseorang adalah sesuatu yang sulit dipecahkan secara ilmiah. Tapi sebuah penelitian mengatakan bahwa pada usia 105 tahun, manusia akan berhenti menua.

Dinar Surya Oktarini | Praba Mustika

Ilustrasi Orang Tua/pixabay.com
Ilustrasi Orang Tua/pixabay.com

Hitekno.com - Sebuah studi pada tahun 2016 mengatakan bahwa pada tahun 1997 ada seorang perempuan asal Prancis bernama Jeanne Calmant yang meninggal pada usia 122 tahun 164 hari dan menjadi manusia tertua di dunia.

Calmant dianggap sebagai salah satu manusia yang beruntung karena berdasarkan data yang dirilis oleh para peneliti di Albert Einstein College of Medicine mengatakan bahwa, batas usia maksimum seseorang hanya sekitar 115 tahun.

Hasil penelitian lain yang dirilis oleh Elisabetta Barbi, seorang ahli statistik dari Sapienza University of Rome, Italia bilang bahwa pada usia 105 tahun seseorang secara alami berhenti menua.

Ilustrasi Orang Lanjut Usia/pixabay.com
Ilustrasi Orang Lanjut Usia/pixabay.com

Lebih jelasnya, penelitian itu menunjukkan bahwa orang yang berusia sekitar 105-109 tahun punya tingkat kemungkinan hidup dan mati yang lebih seimbang tiap tahunnya. Dan di usia 110 tahun manusia mencapai pada risiko kematian yang lebih stabil.

Kennet W. Wachter, seorang profesor asal University of California, Amerika Serikat mengatakan "Ketika kita menua, masalah kesehatan dan risiko kematian lebih cepat dan semakin buruk. Tapi pada usia yang ekstrim, dua hal tersebut perlahan-lahan berhenti."

Bicara soal usia memang tidak ada yang bisa tahu pasti karena memang belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Berita Terkait