Italia Larang Penggunaan ChatGPT, Komunitas Teknologi Khawatir dengan Kebijakan Ini

OpenAI dituduh mengumpulkan data pribadi dari pengguna secara tidak sah.

Rezza Dwi Rachmanta
Senin, 03 April 2023 | 17:26 WIB
Ilustrasi ChatGPT. (Pixabay/ AlexandraCoch)

Ilustrasi ChatGPT. (Pixabay/ AlexandraCoch)

Hitekno.com - Pemerintah Italia resmi melarang ChatGPT untuk beroperasi di negara mereka. Italia adalah negara Barat pertama yang memblokir chatbot berbasis AI tersebut.

Sebagai informasi, OpenAI memperoleh gelontoran dana besar dari Microsoft.

Mereka berhasil mengembangkan chatbot berbasis kecerdasan buatan dan diminati oleh sejumlah besar pengguna. ChatGPT hanya mempunyai lebih dari 1 juta pengguna pada akhir tahun 2022.

Baca Juga: Google Luncurkan Nearby Share untuk Windows

Meski begitu, jumlah pengguna ChatGPT melesat mencapai lebih dari 100 juta pengguna pada awal kuartal pertama 2023.

Menurut otoritas pelindungan data pemerintah Italia, OpenAI secara tidak sah mengumpulkan data pribadi dari pengguna dan gagal menerapkan langkah-langkah verifikasi usia yang memadai untuk mencegah anak di bawah umur terpapar materi terlarang.

Bing dengan ChatGPT. (Windows Central/Owen Yin)
Bing dengan ChatGPT. (Windows Central/Owen Yin)

Larangan tersebut dirilis setelah pelanggaran data dilaporkan pada 20 Maret lalu dan telah diakui oleh CEO OpenAI Sam Altman.

Baca Juga: Bikin Geger, Aksi Pria Tempelkan Alat Vital ke Knalpot Moge Tuai Cibiran

Kami tentu saja tunduk terhadap pemerintah Italia dan telah berhenti menawarkan ChatGPT di Italia (walaupun menurut kami, kami telah mengikuti semua undang-undang privasi),” tulis Sam Altman dalam akun resmi Twitternya, Sabtu (1/4).

Dikutip dari Gadgetdiva.id (jaringan Suara.com), larangan ini telah memaksa OpenAI untuk memberi informasi tambahan dan kemungkinan perbaikan. Sebelum akhirnya, pemerintah Italia membuat keputusan akhir terkait masa depan teknologi chatbot AI di negara tersebut.

Larangan di Italia turut menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna ChatGPT dan komunitas teknologi yang lebih luas. Sebab, teknologi AI kian berkembang dan semakin terintegrasi dengan kehidupan kita sehari-hari.

Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis 2023 BUMN dan Syarat-Syaratnya

Kemungkinan lainnya ialah akan lebih banyak negara lagi yang menerapkan peraturan serupa dan lebih ketat. Guna memastikan perlindungan data dan privasi pengguna.

Tanggapan OpenAI terkait larangan tersebut menyoroti perlunya regulasi AI yang telah menjadi topik diskusi di antara para pakar teknologi selama beberapa waktu.

Baru-baru ini dalam sebuah wawancara podcast bersama Lex Friedman, Sam Altman menyatakan terkait kemungkinan AI dapat menggantikan beberapa pekerjaan manusia. Termasuk layanan pelanggan.

Dia khawatir dengan cepatnya perubahan yang disebabkan oleh teknologi besutannya tersebut. Namun juga menyatakan bahwa kreativitas manusia tidak terbatas dan pada akhirnya kita akan menemukan pekerjaan baru untuk dilakukan.

Larangan ChatGPT di Italia berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya melindungi data dan privasi pengguna di era AI. Pun, teknologi ini akan terus berkembang.

Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama antara pemerintah dan perusahaan teknologi untuk mengembangkan praktik etis dan bertanggung jawab yang memastikan penggunaan teknologi AI yang aman dan terjamin.

ChatGPT sendiri merupakan chatbot bertenaga AI yang dikembangkan oleh OpenAI. Teknologi tersebut menjadi semakin populer di seluruh dunia sejak diluncurkan pada November 2022.

Berkat adanya teknologi ini, banyak pekerjaan manusia yang terbantu olehnya. Mulai dari menulis esai, memberi ide konten video bahkan menulis puisi.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak