Grab Luncurkan Ruang SETARA untuk Komunitas Penyandang Disabilitas

Peresmian fasilitas ruang temu multifungsi gratis ini bertepatan dengan perayaan Hari Bahasa Isyarat Internasional.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 23 September 2022 | 19:00 WIB
Grab luncurkan Ruang SETARA untuk komunitas penyandang disabilitas. (Dok. Grab)

Grab luncurkan Ruang SETARA untuk komunitas penyandang disabilitas. (Dok. Grab)

Hitekno.com - Komunitas atau gerakan kesetaraan untuk penyandang disabilitas kerap menemui tantangan untuk mendapatkan tempat berkumpul yang aman, ramah disabilitas dan memiliki fasilitas lengkap.

Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Bahasa Isyarat Internasional, Grab Indonesia mengumumkan inisiatif PercayaSETARA, sebuah komitmen berkelanjutan untuk turut menjadi motor penggerak dalam menyuarakan kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

Awal inisiatif ini ditandai dengan peresmian Ruang SETARA, fasilitas ruang temu multifungsi gratis berlokasi di Grab Excellence Center Cilandak, Jakarta yang dikhususkan bagi komunitas penyandang disabilitas.

Baca Juga: Canggih, Peneliti Kembangkan Masker yang Bisa Deteksi Virus

“Kontribusi pihak swasta seperti Grab Indonesia, untuk membantu mendukung terciptanya lingkungan yang setara bagi para penyandang disabilitas di Indonesia tentunya menjadi kunci penting dalam menciptakan Indonesia yang lebih inklusif. HWDI menghargai upaya Grab

Indonesia untuk lebih ramah disabilitas dan bangga juga menjadi saksi atas perkembangan yang sangat kentara, termasuk menyediakan ruang bagi teman-teman penyandang disabilitas untuk berkumpul dan beraktivitas.

Semoga Ruang SETARA ini dapat menjadi fasilitas yang bermanfaat bagi teman-teman terlebih dengan banyaknya komunitas disabilitas yang sifatnya informal,” ujar Revita Alvi, Ketua Umum Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) yang diwakili oleh Walin Hartati, Ketua I Bidang Pemberdayaan dan Partisipasi, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) saat hadir di peresmian Ruang SETARA.

Menemukan fasilitas yang dapat digunakan sebagai sarana untuk berkumpul bagi GERKATIN, khususnya bagi bidang-bidang lain yang aktif menyelenggarakan kegiatan seperti bidang Kepemudaan dan Kewanitaan menjadi tantangan yang juga dihadapi organisasi.

Baca Juga: Lihat Foto Rossa Tahun 1991, Wajah Imut dan Awet Muda Bikin Netizen Gemas

Grab luncurkan Ruang SETARA untuk komunitas penyandang disabilitas. (Dok. Grab)
Grab luncurkan Ruang SETARA untuk komunitas penyandang disabilitas. (Dok. Grab)

“GERKATIN mewakili Teman Tuli lainnya mengucapkan terima kasih kepada Grab karena telah menyediakan ruang yang aman bagi penyandang disabilitas dalam berorganisasi dan berserikat. GERKATIN berharap bahwa peresmian Ruang SETARA ini merupakan langkah awal yang baik dan dapat menjadi acuan bagi perusahaan lain untuk menjembatani kesetaraan dengan memberikan dukungan bagi perjuangan pemenuhan hak-hak teman Tuli,” tambah Bambang Prasetyo, Ketua Umum DPP GERKATIN di sela acara peresmian.

Ruang SETARA sendiri telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kursi lipat dengan meja, kamera, speaker, papan tulis, screen dan proyektor serta disediakan air minum.

Dengan demikian, ruang temu ini dapat digunakan oleh komunitas penyandang disabilitas untuk melakukan berbagai aktivitas seperti rapat, conference call, pelatihan, bahkan pertemuan reguler. Ruangan beroperasi Senin hingga Jumat pukul 08:00 - 17:00 WIB.

Baca Juga: Muncul di Google Play Console, Redmi Note 11 Pro (2023) Pakai Chipset Kencang dari Qualcomm

Saat ini, ruangan masih dalam tahap uji coba sehingga baru bisa dipergunakan oleh komunitas-komunitas yang teraliasi dengan asosiasi yang yang telah bekerja sama dengan Grab Indonesia seperti GERKATIN, HWDI dan Pusbisindo.

Di pertengahan Oktober 2022, Ruang SETARA dapat digunakan oleh komunitas penyandang disabilitas lainnya sesuai dengan prosedur yang akan ditetapkan oleh Grab Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengungkapkan bahwa inisiatif PercayaSETARA merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen Grab untuk mendorong pemberdayaan penyandang disabilitas di Indonesia.

“Penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang kerap tidak mendapatkan peluang setara, padahal memiliki kemampuan dan potensi yang sama besar. Atas dasar itu, Grab terus berupaya untuk berjalan beriringan dengan asosiasi penyandang disabilitas tanah air untuk membantu mendorong lingkungan yang lebih ramah disabilitas.”

Tak berhenti di peresmian Ruang SETARA, inistiatif PercayaSETARA juga memiliki dua fokus utama lainnya yaitu, mempermudah akses mendapatkan pendapatan bagi penyandang disabilitas dan melakukan kampanye edukasi menuju masyarakat ramah disabilitas.

Untuk mempromosikan pengetahuan budaya ramah disabilitas, ribuan karyawan Grab dan OVO di seluruh Indonesia wajib mengikuti training online.

Selama 3 bulan terakhir, pelatihan oine yang diikuti total ratusan karyawan untuk mengedepankan inklusivitas juga telah dan akan terus dilakukan di berbagai wilayah Indonesia.

Karyawan mendapatkan pelatihan terkait dengan budaya inklusivitas dimana termasuk di dalamnya memahami apa yang harus dilakukan saat berinteraksi dengan teman-teman penyandandang disabilitas, mulai dari tunarungu, tunadaksa dan lainnya.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak