11th ASEAN Para Games 2022 di Solo Juga Dongkrak UMKM Lokal

Selain selebrasi bagi atlet penyandang disabilitas yang jadi bukti dalam lampaui batas, gelaran ASEAN Para Games ke-11 di Solo ini turut berkontribusi dalam dongkrak UMKM lokal.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 17:39 WIB
Gibran Rakabuming Raka, Ketua INASPOC dan Walikota Surakarta (tengah) dan President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata (kedua dari kiri) di akhir upacara penutupan APG 2022 pada Sabtu (6/8) menyempatkan diri menemui sukarelawan mitra pengemudi GrabBike.

Gibran Rakabuming Raka, Ketua INASPOC dan Walikota Surakarta (tengah) dan President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata (kedua dari kiri) di akhir upacara penutupan APG 2022 pada Sabtu (6/8) menyempatkan diri menemui sukarelawan mitra pengemudi GrabBike.

Hitekno.com - Perhelatan 11th ASEAN Para Games 2022 di Solo membawa kebanggaan tersendiri bagi Indonesia sebagai tuan rumah yang berhasil menjadi juara
umum dengan perolehan total 426 medali dengan rincian 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 medali perunggu.

Pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara ini menjadi ajang bagi para atlet disabilitas untuk mengharumkan nama bangsa dan juga memberikan inspirasi dengan torehan prestasi di level internasional.

"Indonesia telah sukses dengan pencapaian raihan 175 medali emas, ini adalah perolehan medali emas terbesar sepanjang keikutsertaan Indonesia di ASEAN Para Games pertama pada 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia. Terima kasih kepada para atlet yang telah bekerja keras dan melampaui target awal perolehan medali emas yaitu dari 104 yang dijanjikan menjadi 175 medali emas," tutur Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali dalam pidatonya di Upacara Penutupan 11th ASEAN Para Games di Stadion Manahan pada Sabtu (6/8).

Baca Juga: Gegara Masalah Update Ini, CEO Telegram Protes ke Apple

Keberhasilan dirasakan oleh semua atlet yang berlaga di ajang ini. Mereka merasa bangga dan berterima kasih atas dukungan masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungannya. Saya bangga menjadi salah seorang atlet asal Papua yang dapat berlaga lewat cabang olahraga Boccia bersama atlet nasional lainnya. Ini merupakan pengalaman pertama saya berlaga di ajang internasional membawa nama Indonesia. Saya ingin berpesan kepada seluruh teman-teman penyandang disabilitas agar jangan pernah cepat putus asa karena dibalik kekurangan yang kita miliki terdapat kelebihan yang diberikan oleh Sang Pencipta. Terima kasih juga kepada Grab dan OVO yang telah menjadi salah satu sponsor ASEAN Para Games 2022 dan memberikan dukungan bagi kami penyandang disabilitas," ujar Atlet Boccia, Rexus Ohee.

Ajang Naik Kelas UMKM Lokal

Baca Juga: Grab Bagikan Mobil Untuk 12 Mitra Pengemudi

Selain selebrasi bagi atlet penyandang disabilitas yang jadi bukti dalam lampaui batas, gelaran ASEAN Para Games ke-11 di Solo ini turut berkontribusi dalam dongkrak UMKM lokal, termasuk di bidang kriya, kuliner, hingga industri kreatif.

Sejalan dengan fokus dari Pemerintah Kota Surakarta untuk terus mempromosikan UMKM di Solo, terdapat 32 UMKM yang dilibatkan dalam penyelenggaraan acara ini, mulai dari pemasok makanan ringan, pembuat cinderamata dan merchandise resmi.

Selain itu, kepanitiaan juga menggandeng total 1.200 talenta industri kreatif lokal untuk memeriahkan perhelatan upacara pembukaan dan penutupan yang dihadiri ribuan pengunjung.

Baca Juga: Hasil Riset Pasar: Grab Unggul Tipis dari Gojek di Indonesia

Salah satu yang merasakan dampaknya adalah Fransiska Xaveria Nirmalawati melalui usahanya bernama Mamnich yang memproduksi produk-produk seperti gantungan kunci, pin, hingga boneka maskot Rajamala dan memasarkannya di area Stadion Manahan.

"Saya sangat bersyukur dapat berjualan aneka souvenir di pesta olahraga bagi penyandang disabilitas berskala internasional ini. Selama hampir sepekan omzet pendapatan kami mengalami peningkatan hingga 300 persen. Kami pun tidak menyangka dengan animo wisatawan lokal maupun asing yang tertarik dengan produk kami. Bahkan kami mendapatkan pesanan dari kontingen atlet luar negeri seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia. Mulai dari gantungan kunci, totebag hingga boneka maskot Rajamala ludes terjual. Kami selalu restock. Karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara ASEAN Para Games 2022 dan juga Pemerintah Kota Surakarta yang telah memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk buatan lokal UMKM di kancah internasional," ujar Fransiska.

Sebagai platform digital yang menjadi mitra resmi dalam mendukung perhelatan APG 2022 ini, Grab turut berkontribusi dalam membantu promosi UMKM lokal dengan menghadirkan kategori khusus "Paragames Disc. 20%" di halaman utama layanan GrabFood untuk pengguna aplikasi Grab di Surakarta.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Grab, EVOS Esports Luncurkan Makbar

Terdapat ratusan mitra UMKM yang tergabung dalam kategori ini dan seluruhnya merupakan UMKM lokal maupun legenda kuliner setempat (Local Legends). Selain memberikan wadah untuk memperkenalkan produk-produk kuliner di Solo, Grab juga memberikan tambahan
potongan diskon untuk menarik lebih banyak masyarakat membeli dari UMKM lokal ini.

Salah satu mitra UMKM GrabFood yang juga menjadi simbol kuliner khas Surakarta adalah Serabi Notosuman Ny. Lidia. Selama perhelatan ASEAN Para Games ke-11 berlangsung usaha Serabi Notosuman mengalami peningkatan pesanan jika dibandingkan dengan hari biasa.

"Selama berlangsungnya ajang ASEAN Para Games 2022 ini usaha serabi kami ramai dengan orderan dari pembeli baik itu yang pesan melalui secara online maupun offline. Bahkan banyak wisatawan asing yang datang ke sini dan mencicipi serabi kami. Penjualan online melalui layanan GrabFood juga mengalami peningkatan hingga 30 persen jika dibandingkan hari biasa," kata Markus Kristiono, pengurus Serabi Notosuman Ny. Lidia saat ditemui pada Sabtu (6/8).

Berikut adalah Top 5 merchant kategori ‘’Paragames Disc 20%’’ yang produknya paling banyak diminati oleh pengguna layanan GrabFood selama penyelenggaraan 11th ASEAN Para Games:

  1. Selat Solo Tenda Biru
  2. Serabi Notosuman Ny. Lidia
  3. Couvee Coffee
  4. Viens Selat Segar dan Sup Matahari
  5. Sate Kambing Pak Manto

Dampak Positif bagi Industri Pariwisata Solo

Tidak hanya kuliner yang menjadi daya tarik selama berlangsungnya pesta olahraga bagi penyandang disabilitas berskala internasional itu, sektor usaha lainnya pun turut mendapat dampak positif, khususnya di bidang pariwisata.

Menanggapi kesuksesan perhelatan ini, Gibran Rakabuming Raka, Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) dan Wali Kota Surakarta turut mengapresiasi berbagai pihak.

"Alhamdulillah gelaran acara sudah resmi ditutup Sabtu kemarin dan kita sukses jadi juara umum. Negara tetangga juga mengapresiasi penyelenggaraan acaranya, terima kasih untuk seluruh kepanitiaan, sukarelawan dan instansi pemerintah yang telah bekerja keras selama lima bulan terakhir. Tak hanya itu, banyak UMKM lokal dan industri pariwisata yang terbantu karena adanya acara ini. Tentunya untuk mendorong perekonomian daerah kita juga melibatkan banyak UMKM lokal untuk jadi pemasok kebutuhan acara seperti souvenir wayang, makanan ringan dan minuman lokal bagi ribuan pengunjung upacara pembukaan dan penutupan. Kita juga minta ratusan pelaku kreatif lokal untuk mengisi acara agar budaya kita makin dikenal di level mancanegara. Hotel di pusat kota pun penuh untuk menyambut para atlet, staff dan juga turis lokal yang ingin menonton perhelatan dua tahunan ini."

Penggunaan layanan GrabBike di Surakarta pun permintaannya naik selama APG 2022 berlangsung. President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengungkapkan rasa bangga dapat menjadi bagian dari sejarah yang ditorehkan oleh Indonesia dan di saat yang sama juga membantu perekonomian dan pariwisata di Surakarta.

"Data internal kami menunjukkan bahwa penggunaan layanan GrabBike di Surakarta mengalami peningkatan sebanyak 13 persen pada periode persiapan hingga penutupan ASEAN Para Games 2022 ini. Selain ke lokasi-lokasi utama penyelenggaraan cabang olahraga ASEAN Para Games 2022, masyarakat paling banyak datang dan pergi ke lokasi wisata seperti Pasar Gede yang terkenal dengan wisata kulinernya dan Pasar Klewer yang menjual aneka batik. Tentunya selain jadi prestasi tersendiri bagi Indonesia sebagai tuan rumah dan juara umum ASEAN Para Games ke-11, memberikan dampak langsung pada UMKM dan masyarakat sekitar melalui pemanfaatan digitalisasi menjadi suatu kebanggan bagi kami."

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak