Terus Tumbuh, Zoho Capai 80 Juta Pengguna

Pada tahun 2022, tingkat pertumbuhan dari tahun ke tahunnya naik sebesar 38%, dan jumlah pengguna Zoho secara global sudah melampaui angka 80 juta.

Agung Pratnyawan
Senin, 12 September 2022 | 18:11 WIB
Zoholics. (Zoho)

Zoholics. (Zoho)

Hitekno.com - Zoho Corporation memulai Zoholics sebagai konferensi bagi pengguna Zoho. Gelaran ini berlangsung pada 6 September 2022 di Singapura, dan 9 September 2022 di Manila. Zoholics adalah pertemuan secara fisik pertama bagi para pengguna di Kawasan Asia-Pasifik setelah tiga tahun absen.

Lebih dari 300 pelanggan dan mitra di dua kota tersebut menghadiri Zoholics Asia-Pasifik 2022 untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk, mengikuti diskusi panel, serta sesi konsultasi satu per satu.

Sorotan utama dari Zoholics Asia-Pasifik 2022 ini adalah sesi berbagi pelanggan dengan perwakilan pelanggan Zoho di Singapura dan Filipina yang telah berhasil mengadopsi teknologi solusi Zoho dalam transformasi digital mereka serta membahas bagaimana perjalanan transformasi tersebut.

Baca Juga: Niagahoster: Integrasi Website dan WhatsApp untuk Memaksimalkan Digitalisasi Bisnis

Komitmen Zoho untuk mengembangkan solusi tangguh yang mendukung semua bisnis telah mendorong Zoho melakukan ekspansi global bahkan di tengah semakin beratnya tantangan bisnis.

Pada tahun 2022, tingkat pertumbuhan dari tahun ke tahunnya naik sebesar 38%, dan jumlah pengguna Zoho secara global sudah melampaui angka 80 juta.

Zoho juga merayakan pembukaan 59 kantor hub-and-spoke global baru di daerah pedesaan dan kota-kota kecil selama dua tahun terakhir untuk memperluas pasar baru dan mendukung komunitas lokal lebih dalam lagi.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Buku Kas pada Bisnis dan Cara Membuatnya

Zoho di Kawasan Asia-Pasifik

Singapura adalah kantor pusat regional untuk pasar Kawasan Asia-Pasifik. Negara kota ini berada di garis depan kurva adopsi digital di kawasan tersebut, dan Zoho telah menerima dukungan serta pengakuan besar dari berbagai bisnis sebagai mitra utama mereka dalam pertumbuhan di perjalanan digitalisasi bisnis pada berbagai industri.

Kawasan ini juga telah menerapkan teknologi solusi Zoho selama dua tahun terakhir. Jumlah karyawan Zoho di kantor-kantor utama di Asia Tenggara telah tumbuh sebesar 300% sejak tahun 2020, dan ingin terus mengembangkan tim lokal Zoho di wilayah ini.

Baca Juga: Mendatangkan Pembeli, Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM dan Pebisnis

Sorotan utama Kawasan Asia Tenggara meliputi:

  • Terdapat lebih dari 25.000 pelanggan yang membayar dan ratusan ribu pelanggan yang menikmati penawaran gratis dari Zoho
  • Pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahunnya naik sebesar 37%
Zoholics. (Zoho)
Zoholics. (Zoho)

Inovasi Serta Keragaman Penelitian dan Pengembangan (R&D)

Filosofi investasi dan inovasi Zoho berakar pada penelitian dan pengembangan software terpadu yang kuat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan visi bisnis organisasi mana pun.

Baca Juga: Zoho Marketing Plus, Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Lebih dari 60% tenaga kerja perusahaan mendedikasikan diri di bidang teknik, baik dalam pengembangan teknologi baru maupun membangun cara agar aplikasi tersebut, dapat saling melengkapi dan berintegrasi satu sama lain. Hingga saat ini, sebanyak 55 aplikasi telah dikembangkan oleh Zoho.

Jumlah tersebut meningkat dalam dua tahun, di mana dua tahun lalu hanya berjumlah 40. Meskipun cakupan penawaran Zoho terus meningkat, harga yang ditawarkan tidak naik. Bagaimanapun juga, Zoho tetap berkomitmen pada keterjangkauan dengan menawarkan versi gratis dan berbayar untuk setiap produk, serta menyediakan perangkat lunak yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus bagi bisnis kecil dan menengah.

Filosofi Pertumbuhan Zoho yang Telah Terbukti: Lokalisme Transnasional

Zoho terus merayakan ekspansi global melalui upaya Lokalisme Transnasionalnya. Inisiatif ini pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 2020 sebagai usaha untuk menciptakan komunitas dan ekonomi lokal yang mandiri.

Sejak saat itu, inisiatif tersebut telah berkembang menjadi kantor-kantor global baru, mencakup perekrutan tim lokal, menjalin kemitraan dengan organisasi lokal dan badan pemerintah guna menurunkan hambatan adopsi teknologi untuk bisnis, mengadakan kursus peningkatan keterampilan yang berhubungan dengan lembaga pendidikan, pelokalan bahasa termasuk dukungan bahasa seperti Bahasa Arab, dan memberi harga lokal untuk beberapa negara.

Kantor yang dibuka sebagai bagian dari upaya Lokalisme Transnasional Zoho mengikuti model hub-and-spoke, dengan kantor yang lebih besar berfungsi sebagai hub untuk belasan kantor spoke kecil yang terletak di daerah pedesaan dan kota-kota di seluruh dunia.

Metode pertumbuhan ini memungkinkan karyawan untuk tinggal di kampung halaman mereka dan berkontribusi pada komunitas lokal mereka sambil bekerja untuk perusahaan teknologi terkemuka yang diakui secara global.

Perusahaan juga meningkatkan akses, baik ke perangkat lunak maupun dukungan lokal Zoho.  Peningkatan tersebut didorong oleh pembukaan 59 kantor hub-and-spoke dalam dua tahun terakhir.

Selain ekspansi agresif ke wilayah dan pasar baru, termasuk Kanada, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara, Zoho juga mengumumkan rencana untuk menambah 100 kantor baru berskala kecil di distrik pedesaan di seluruh India dalam beberapa tahun ke depan.

Zoho merayakan pertumbuhan regional yang mengesankan dengan kenaikan jumlah karyawan sebesar 300% di luar India sejak awal tahun 2020. Zoho juga bertujuan untuk mempekerjakan setidaknya 2.000 karyawan di bidang teknik, teknologi, dan pengembangan produk, khususnya bidang pengembang perangkat lunak, teknisi bidang penilaian kualitas, pengembang web, desainer, pemasar produk, penulis, teknisi untuk dukungan teknis, dan eksekutif penjualan secara global dalam beberapa tahun ke depan.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak