Internet

Zoho Marketing Plus, Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Apa saja yang bisa dilakukan Zoho Marketing Plus.

Agung Pratnyawan

Logo Zoho. (Zoho)
Logo Zoho. (Zoho)

Hitekno.com - Zoho Corporation resmi meluncurkan platform baru mereka untuk menyatukan seluruh aktivitas pemasaran, ide kampanye, pembuatan aset, pelaksanaan, manajemen, hingga pengukuran hasil. Yakni dalam Zoho Marketing Plus.

Platform Zoho Marketing Plus ini memberikan satu pandangan bersama akan informasi penting kepada pemangku kepentingan di seluruh organisasi pemasaran untuk meningkatkan kolaborasi dan hasil.

Platform pemasaran baru dari Zoho ini diklaim meningkatkan efektivitas strategi digital marketing dengan memberi para pemimpin bagian pemasaran pemahaman yang lebih mendalam tentang preferensi dan perilaku konsumen, sehingga mereka dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih dinamis dan bernilai tinggi. Hal ini dapat mendorong afinitas brand serta kepuasan pelanggan.

Di era digital, CMO (Chief Marketing Officer) mengharuskan tim mereka memanfaatkan solusi teknologi yang dapat memperoleh wawasan pelanggan dengan cara yang menambah nilai, baik bagi perusahaan, maupun pada pelanggan.

Menurut laporan oleh Mordor Intelligence tahun 2022, dijelaskan bahwa pertumbuhan Pasar Perangkat Lunak Otomatisasi Pemasaran di kawasan Asia Pasifik (Asia Pacific Marketing Automation Software Market) diperkirakan akan naik sebesar 17,8 persen dalam tingkat pertumbuhan tahunan gabungan selama periode prediksi tahun 2022 -2027.

Melalui otomatisasi dan kecerdasan bisnis, platform Marketing Plus menyinkronkan data keterlibatan guna membantu tim pemasaran lebih memahami pelanggan, membuat keputusan yang lebih tepat, dan pada akhirnya memperoleh hasil, pertumbuhan, serta pendapatan yang lebih baik.

"Kompleksitas data serta personalisasi dalam skala besar menambah ekspektasi pada marketer dan CMO untuk membawakan kampanye pemasaran serta keuntungan yang efektif. Hal tersebut juga menyulitkan pengelolaan beberapa kampanye pemasaran, saluran, profil pelanggan, data, dan ROI (Return on Investment) dengan benar," ujar Gibu Mathew, GM dan VP Zoho APAC.

"Dengan menghilangkan redudansi dan kebingungan yang timbul dari beberapa solusi yang terpisah, Zoho Marketing Plus memaksimalkan produktivitas dan kerja tim, memungkinkan marketer memberikan kampanye kreatif yang mendorong hubungan bermakna antara brand dengan pelanggan." lanjutnya.

Zoho Marketing Plus. (Zoho)
Zoho Marketing Plus. (Zoho)

Zoho Marketing Plus ini membantu tim pemasaran membangun pengalaman pelanggan yang konsisten dan berkelanjutan serta memberikan perjalanan yang lebih dipersonalisasi melalui:

Peningkatan Kolaborasi Lintas Kampanye: Tim marketing dapat dengan mudah terhubung dan berkolaborasi dalam berbagai proyek secara bersamaan.

Zoho Marketing Plus ini juga memungkinkan pengguna membuat, mengelola, melaksanakan, dan memantau aktivitas setiap individu, pada lintas pemangku kepentingan yang berbeda, serta secara akurat melacak kemajuan setiap pekerjaan dan aset brand.

Melalui kemampuannya mempertahankan kontrol versi serta kemudahan berbagi  dokumen kerja yang fleksibel baik bagi tim internal maupun eksternal, platform ini menyediakan sebuah rangkaian kreatif yang kuat, memberdayakan tim untuk mengembangkan dan meningkatkan aset pemasaran melalui kolaborasi.

Manajemen Proyek yang Disederhanakan: Zoho Brand Studio meniadakan kebutuhan akan solusi terpisah dengan cara menyediakan ruang kerja terpusat, di mana kampanye pemasaran dapat diciptakan dan dikelola secara langsung. Pengguna dapat memperkuat brand dari satu platform terpadu.

Mereka dapat mengawasi semua strategi dan kemajuan pemasaran. Aplikasi seperti Zoho Workdrive, misalnya, membantu digital marketer mengelola dokumen dan aset dengan lebih baik, yang berfungsi sebagai repositori untuk semua materi pendukung proyek.

Pembuatan dan Penyimpanan Aset Digital Terpadu bagi Brand: Dokumen, presentasi, lembar kerja, video, dan file lainnya dapat disimpan dalam satu ruang bersama. Cara ini membuat aset mudah ditemukan, digunakan kembali, atau dibagikan. Kemampuan pencarian berbasis teknologi pembelajaran mesinnya amat melancarkan upaya tim dalam pencarian file secara cepat dan akurat.

Kemampuan Otomatisasi Pemasaran yang Kuat: Wawasan pelanggan muncul melalui analisis data berbasis AI. Metode ini dapat menunjukkan perjalanan pilihan pelanggan serta memicu marketer mencetuskan langkah yang akan diambil selanjutnya.

Zoho Marketing Plus diklaim dengan tepat melacak data keterlibatan dan respons pelanggan, memberikan wawasan kepada tim pemasaran untuk memperbaiki perjalanan mereka dari waktu ke waktu.

Pemahaman yang jelas dan terperinci tentang perilaku pelanggan ini memberi tim marketing kemampuan berkolaborasi dengan pelanggan yang belum pernah ada sebelumnya, hal ini tentu saja, dapat memberikan pengalaman yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan unik mereka.

Zoho Marketing Plus. (Zoho)
Zoho Marketing Plus. (Zoho)

Keterlibatan Multisaluran: Pelanggan berpindah antara saluran maupun gawainya secara teratur. Sering kali, tim pemasaran mungkin tidak menyiapkan diri dengan gerakan yang cepat ini.

Zoho Marketing Plus memungkinkan tim pemasaran mengakses dan mengelola semua saluran, mendorong koneksi yang lebih baik dengan pelanggan dan keterlibatan brand, serta menjembatani alat pemasaran tradisional yang terpisah. Kampanye melalui email, media sosial, survei pelanggan, webinar, acara, dan banyak lagi dapat dibuat dan dikelola dari satu antarmuka tunggal dalam platform Zoho Marketing Plus.

Dukungan Integrasi: Platform Zoho Marketing Plus mendukung integrasi yang kuat dengan solusi pihak ketiga untuk memudahkan pengguna berbagi data dan wawasan jika diperlukan. Misalnya, tim penjualan dapat menghubungkan wawasan dari Zoho CRM ke sistem yang ada seperti Salesforce, Microsoft Dynamics, HubSpot, dan lainnya untuk mengukur seberapa banyak biaya pemasaran yang dikeluarkan yang telah menghasilkan penjualan.

Integrasi penting lainnya di bidang keuangan, perdagangan, dan manajemen acara memperkuat hubungan aplikasi yang sudah dimiliki oleh tim pemasaran. Integrasi Zoho Marketing Plus bisa terhubung dengan Google Ads, Facebook Ads, Google Analytics, Google Search console, YouTube, hingga Survey Monkey.

Sementara itu Zoho Books terintegrasi dengan QuickBooks, Xero, atau Stripe. Platform Zoho Commerce terintegrasi dengan WooCommerce dan Shopify. Dan Zoho Backstage terintegrasi dengan Eventbrite. Semua integrasi dapat diakses melalui Zoho Marketplace di bagian Campaigns dan Analytics.

Pengukuran Secara Akurat dan Real-Time: Agregasi dan analisis data secara real-time menghadirkan kecerdasan bisnis yang membantu tim pemasaran dan pemimpin menentukan ROI pemasaran yang sebenarnya. Lebih jauh lagi, integrasi mendukung pemahaman yang lebih akurat tentang efek terhadap pelanggan, ROI, dan proyeksi pertumbuhan pendapatan.

"Solusi pemasaran kami sebelumnya memerlukan penyesuaian dan dukungan teknis yang lama dan mahal, hanya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang tidak memuaskan atau menghasilkan wawasan yang tak berarti," ujar Sundeep MV, Chief Marketing Officer untuk Techademy.

"Setelah kami menggunakan Platform Pemasaran Zoho dan mengintegrasikannya dengan Zoho CRM, kini kami memiliki solusi penjualan dan pemasaran terpadu yang lengkap, di mana setiap pemangku kepentingan yang relevan dalam organisasi difasilitasi data dan alat guna meningkatkan engagement dan mendorong pengalaman pelanggan. Tim pemasaran dan tim penjualan dapat berkolaborasi dalam satu dasbor di platform tersebut. Platform ini menampung semua konten dan data yang kami gunakan untuk memperoleh wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mengembangkan bisnis." imbuhnya.

Platform terpadu ini mencakup beragam solusi terintegrasi, bertujuan membantu marketer mencapai hasil yang lebih baik melalui proses yang disederhanakan, kolaborasi yang lebih erat, kemudahan mengakses aset bersama, dan data yang konsisten.

Platform Zoho Marketing Plus menggabungkan beragam kemampuan aplikasi Zoho termasuk Workdrive, Marketing Automation, Campaigns, Brand Studio, Analytics, PageSense, Social, Survey, dan Backstage.

Iterasi terbaru dari Marketing Plus ini akan terus berkembang melalui integrasi yang lebih erat dengan produk Zoho yang sudah ada seperti Cliq maupun aplikasi baru seperti LandingPage, sebuah aplikasi pembuat halaman web dengan teknologi no-code yang memungkinkan marketer membuat situs web dengan konversi tinggi dalam hitungan menit tanpa memerlukan keahlian koding sama sekali.

Harga dan Ketersediaan

Platform Zoho Marketing Plus kini tersedia dengan harga mulai dari 25 USD per bulan dengan mode berlangganan tahunan. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi www.zoho.com/marketingplus/ 

Berita Terkait