Internet

4 Cara Menjadi Hacker: Ini Sederet Ilmu yang Wajib Mulai Kamu Pelajari

Sebelum memulai langkah sebagai tukang retas, ini sederet ilmu yang wajib dikuasai.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Hitekno.com - Beberapa orang ingin menjadi hacker profesional. Ini karena ada anggapan bahwa aktivitas meretas atau membobol web itu keren dan membanggakan. Jadi mereka mencari cara untuk menjadi seorang hacker.

Profesi hacking sering disamakan dengan kejahatan atau kegiatan kriminal. Namun, perlu diyakini bahwa tindakan peretas ini tak selalu dapat membahayakan keamanan negara dan informasi pribadi, seperti yang dilakukan oleh konsultan keamanan siber misalnya.

Tetapi jika Anda benar-benar ingin menjadi seorang hacker profesional, maka jadilah seorang hacker profesional yang melakukan operasinya secara etis. Jadi bagaimana menjadi seorang hacker etis profesional? Baca

Sebelum kita memahami bagaimana menjadi seorang hacker, mari kita lihat dulu apa itu hacker.

Apa itu hacker atau peretas?

Peretas adalah seorang profesional yang tugasnya memeriksa, memodifikasi, menganalisis, dan membobol jaringan (perangkat) lain atau meretas untuk tujuan tertentu.

Para pembajak situs ini kerap kali melakukan tindakan mereka biasanya keuntungan pribadi atau hanya sekadar bikin masalah, namun tak sedikit juga yang menggunakan ilmu tersebut untuk menutup celah keamanan.

Perangkat yang digunakan untuk beraksi juga berbeda. Jadi bagaimana Anda menjadi seorang hacker? Berikut penjelasannya.

Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Cara Menjadi Hacker

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang hacker, berikut beberapa cara menjadi seorang hacker yang harus Anda ketahui.

1. Baca Tutorial Hacking

Baca dan pelajari berbagai tutorial hacking online. Catat dan pelajari terminologinya dengan seksama agar tidak bingung jika masuk ke dunia hacking. Jika Anda menguasai teknik dasar, Anda dijamin akan mempraktekkannya dengan lancar.

2. Pelajari alamat IP

Pelajari alamat IP pada jaringan komputer. Hal ini penting untuk dipelajari oleh hacker karena saat ini semua perangkat memiliki alamat IP. Alamat IP yang biasa digunakan pada perangkat dibagi menjadi tiga kelas, antara lain:

  • Kelas A: 1.0.0.0 126.255.255.255
  • Kelas B: 128.0.0.0 191.255.255.255
  • Kelas C: 192.0.0.0 223.255.255.255

Alat terkait jaringan lainnya seperti NAT (Terjemahan Alamat Jaringan), Port dan DHCP (Protokol Konfigurasi Host Dinamis) tentu juga harus dipelajari.

3. Belajar bahasa pemrograman

Anda juga harus mempelajari sistem pemrograman di komputer seperti Java, C, PHP, bahasa pemrograman Perl hingga bahasa markup (XML dan HTML).

Anda juga harus mempelajari bahasa query. Ini adalah bahasa yang digunakan untuk memfasilitasi manipulasi database.

4. Mempelajari Sistem Operasi

Mempelajari sistem operasi juga penting jika Anda ingin menjadi seorang hacker. Hal ini berguna untuk mempermudah ketika ingin meng-hack Windows, Mac OS, Linux, Open BSD dan Free BSD. Selain itu, Anda juga mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi tersebut.

Ini adalah ulasan tentang cara menjadi seorang hacker yang perlu Anda ketahui. Selain teknik di atas, seorang hacker juga harus mempelajari seni kriptografi, membangun perangkat jaringan, dan mengikuti kompetisi hacking untuk menguji keterampilan mereka. Jika Anda sudah menjadi hacker ahli, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak.

 

Suara.com/Ulil Azmi

Berita Terkait