Internet

Deretan Kehebohan Hacker Bjorka: Sindir Puan Maharani hingga Klaim Ungkap Dalang Kasus Pembunuhan Munir

Tak hanya itu, ada beberapa kehebohan yang telah dilakukan hacker Bjorka.

Agung Pratnyawan

Hacker Bjorka. (Breach Forums)
Hacker Bjorka. (Breach Forums)

Hitekno.com - Hacker Bjorka sedang menjadi soretan publik, terutama akan aksi pertasan hingga klaim yang dilakukannya terkait data-data penting. Lalu apa saja kehebohan yang telah dilakukan Bjorka belakangan ini?

Belum lama ini hacker Bjorka mengaku telah berhasil membobol data Badan Intelijen Negara (BIN) yaitu berupa dokumen rahasia dan penting yang ditujukan untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tidak hanya itu, Hacker Bjorka juga menjadi perbincangan hangat setelah diduga sengaja membocorkan data pribadi Puan Maharani. Sebelumnya ia diduga telah membocorkan data pribadi Menteri Kominfo Johnny G Plate.

Juga paling baru ia mengklaim bahwa ia mengetahui dalang kasus pembunuhan Munir. Selain itu, hacker Bjorka juga sempat mengancam akan membocorkan database MyPertamina.

Berikut tim HiTekno.com rangkum sederet aksi hacker Bjorka, sosok peretas yang saat ini ramai diperbincangkan.

1. Bocorkan Data KPU

Kebocoran data penduduk dari KPU disebar oleh Bjorka [Bidikan layar/breached.to]
Kebocoran data penduduk dari KPU disebar oleh Bjorka [Bidikan layar/breached.to]

Hacker Bjorka pertama kali dikenal oleh masyarakat setelah berhasil membocorkan sejumlah data yang diduga merupakan data milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pada hari Rabu, (7/9/2022), sebuah situs bernama Breach Forum mengunggah sebuah data berjudul ‘Indonesia Citizenship Database From KPU 105M’.

Hacker Bjorka mengaku dirinya memiliki lebih dari 105 juta data penduduk Indonesia dengan detail dari mulai NIK, Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, umur, dan lain sebagainya.

2. Bocorkan Data Kartu SIM

Tanggapan Hacker Bjorka ke Kominfo (Twitter/ Geovedi)
Tanggapan Hacker Bjorka ke Kominfo (Twitter/ Geovedi)

Diketahui, hacker Bjorka juga berhasil membocorkan data registrasi SIM CARD yang memiliki jumlah sebanyak 1,3 miliar dengan kapasitas 87 GB. 

Parahnya, data tersebut diperjualbelikan oleh Bjorka. Ia menjual data tersebut dengan harga US$50 ribu atau setara dengan Rp743,5 juta.

3. Bocorkan Data PLN

Hacker Bjorka juga diketahui pernah membobol data milik pelanggan PLN. Data tersebut tersebar di Breach Forums.

4. Bongkar Dokumen Diduga Milik Presiden Indonesia

Hakcer Bjorka mengklaim berhasil membobol data kepresidenan. (Twitter/@darktracer_int)
Hakcer Bjorka mengklaim berhasil membobol data kepresidenan. (Twitter/@darktracer_int)

Hacker Bjorka baru-baru ini diduga berhasil membocorkan rangkaian surat rahasia yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo, termasuk dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Dari keterangan yang disertakan oleh hacker tersebut, dokumen yang berhasil ia bobol pada bulan September 2022 tersebut terdiri dari 679.180 data dengan kapasitas 40 MB (compressed) dan 189 MB (uncompressed). Ia juga menjual data tersebut.

5. Data Puan Maharani

Puan Maharani. (Instagram/ puanmaharaniri)
Puan Maharani. (Instagram/ puanmaharaniri)

Terbaru, data pribadi milik Puan Maharani dibocorkan di kana Telegram milik hacker Bjorka.

Dalam akun tersebut, disajikan informasi mengenai nomor handphone, NIK, NO KK, alamat, pendidikan terakhir, golongan darah, hingga status vaksin terakhir di tahun lalu.

Dalam unggahannya tersebut, hacker Bjorka menyinggung soal perayaan ulang tahun Puan Maharani yang bersamaan dengan aksi demo kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

6. Klaim Bongkar Identitas Terduga Dalang Kasus Pembunuhan Munir

Sejumlah massa melakukan aksi unjuk rasa di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]
Sejumlah massa melakukan aksi unjuk rasa di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Tidak tanggung-tanggung, melalui keahlian yang dimilikinya, hacker Bjorka membongkar identitas terduga pembunuh aktivis HAM, Munir Said Thalib yang tewas karena diracun.

Bjorka menyebutkan nama terduga dalang pembunuh Munir sekaligus membocorkan data terduga pembunuh Munir tersebut.

Melalui tautan yang dibagikan di grup Telegram bernama Bjorkanism, Bjorka dengan berani mengungkap terduga pembunuh Munir.

Bjorka menyebut bahwa yang membunuh Munir adalah Muchdi Purwopranjono.

7. Ancam Bocorkan Database MyPertamina

Belum cukup menimbulkan kegemparan masyarakat Indonesia, Bjorka kemudian membuat geger setelah dirinya mengungkapkan bahwa ia siap meretas database MyPertamina.

Melalui kanal Telegramnya, Bjorka mengaku melakukan hal tersebut dalam rangka mendukung protes masyarakat Indonesia terkait dengan kenaikan harga BBM. Terlebih protes tersebut berhasil menyebabkan berbagai perpecahan di wilayah Indonesia.

"Untuk mendukung orang-orang di Indonesia yang berjuang dan berdemonstrasi akibat kenaikan harga BBM, saya akan membuka database MyPertamina dalam waktu dekat," tulis Bjorka, seperti dikutip Suara.com dari tangkapan layar yang diunggah akun Twitter @darktracer_int, Sabtu (10/9/2022).

Itulah tujuh kehebohan yang dilakukan hacker Bjorka belakangan ini. Dari klaim mendapatkan data penting dan rahasia, hingga membongkar data pribadi tokoh ternama. (Suara.com/ Syifa Khoerunnisa)

Berita Terkait