Apa yang Bjorka Inginkan? Mengapa Ia Membocorkan Banyak Data? Pesan Ini Jadi Kuncinya

"Aku melakukan ini untuknya," kata Bjorka.

Rezza Dwi Rachmanta
Minggu, 11 September 2022 | 14:52 WIB
Ilustrasi hacker. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Ilustrasi hacker. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Hitekno.com - Pembahasan mengenai Bjorka berhasil menempati trending topik nomor satu pada Minggu (11/09/2022) siang. Banyak yang bertanya-tanya mengenai alasan mengapa Bjorka membocorkan begitu banyak data.

Perlu diketahui, keberadaan Bjorka masih misterius hingga saat ini. Hacker tersebut bahkan menantang pemerintah Indonesia untuk mencarinya.

Meme dari Bjorka mengenai sindiran pemerintah yang diilustrasikan sedang "Googling" bahkan viral di media sosial. Bjorka sejauh ini sudah membocorkan data yang diduga milik Puan Maharani dan petinggi Kominfo.

Beberapa tokoh politik hingga pegiat sosial yang turut di-mention oleh Bjorka termasuk Puan Maharani, Erick Thohir, dan Denny Siregar. Bjorka memuncaki trending topik Indonesia setelah netizen mencuitkan topik tersebut lebih dari 100 ribu kali.

Popularitas hacker ini meningkat sejak ia membocorkan data dan memberikan kalimat sindiran kepada Kominfo. "Stop being an idiot (Berhenti menjadi idiot)," kata Bjorka di forum Breached.to pada 6 September 2022.

Bjorka trending topik di Twitter regional Indonesia. (Trends24.in)
Bjorka trending topik di Twitter regional Indonesia. (Trends24.in)

Akun Twitter Bjorka (@bjorkanism) kini memiliki lebih dari 130 ribu follower. Hacker Bjorka baru-baru ini bahkan mengungkap nama mengenai seseorang yang diduga sebagai dalang pembunuhan Munir.

Alasan Bjorka membobol data sepenuhnya masih belum terungkap, namun thread dari Bjorka memiliki pesan yang tersirat mengenai keinginannya. Hacker Bjorka mengaku bahwa ia membobol data untuk pembuktian bahwa terdapat kelemahan di dalam sistem serta kebijakan perlindungan data dari pemerintah.

Ia turut menyebut alasan mengapa dirinya melakukan hal tersebut. Bjorka menjelaskan bahwa sosok di Warsawa merupakan alasan dirinya melakukan hal ini. Berikut penggalan thread yang diunggah oleh hacker Bjorka:

Sindiran dari Bjorka. (Twitter)
Sindiran dari Bjorka. (Twitter)

"Ini adalah era baru untuk mendemonstrasikan secara berbeda. Tidak ada yang akan berubah jika orang bodoh masih diberi kekuatan yang sangat besar. Pemimpin tertinggi dalam teknologi harus ditugaskan kepada seseorang yang mengerti, bukan politisi dan bukan seseorang dari angkatan bersenjata, karena mereka hanyalah orang-orang bodoh. Saya hanya ingin menunjukkan betapa mudahnya bagi saya untuk masuk ke berbagai pintu karena kebijakan perlindungan data yang buruk. Apalagi jika dikelola oleh pemerintah. Saya punya teman orang Indonesia yang baik di Warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. Aku melakukan ini untuknya. Jangan mencoba melacak dia dari Kementerian Luar Negeri, karena kalian tidak akan menemukan apa pun. Dia tidak lagi diakui oleh Indonesia sebagai warga negara karena kebijakan 1965, meskipun dia adalah orang tua yang sangat pintar," kata Bjorka.

Hacker tersebut juga mewanti-wanti kepada Twitter untuk tidak menghapus akunnya. Ia bahkan menyindir Twitter bahwa mereka melakukan tindakan memalukan apabila menghilangkan akun atas permintaan pemerintah Indonesia.

Ilustrasi hacker. (pexels/pixabay)
Ilustrasi hacker. (pexels/pixabay)

"@Twitter, saya telah bertindak dengan baik dan tidak melanggar aturan apa pun. Namun jika nanti kalian tetap menonaktifkan akun karena permintaan dari pemerintah Indonesia, Anda seharusnya malu," ungkap Bjorka menambahkan.

Hingga artikel berita ini dibuat, pembahasan Bjorka masih memuncaki trending topik Twitter di Indonesia. Belum diketahui terkait sosok misterius yang menjadi inspirasi Bjorka membobol data.

Menurut penuturan Bjorka, sosok misterius tersebut berada di Warsawa, ibu kota Polandia. Itulah tadi pesan hacker Bjorka mengenai alasan terkait dirinya membobol banyak data, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak