Diminta Bongkar Kasus Pembunuhan Munir, Hacker Bjorka Singgung Nama-nama Ini

Tidak hanya dalang kasus pembunuhan Munir, Bjorka klaim ketahui orang-orang yang terlibat.

Agung Pratnyawan
Minggu, 11 September 2022 | 14:40 WIB
Ilustrasi Hacker. (Pixabay)

Ilustrasi Hacker. (Pixabay)

Hitekno.com - Ramai-ramai netizen meminta hacker Bjorka terkait banyak kasus di Indonesia, termasuk kasus pembunuhan Munir. Menurut permintaan tersebut, hacker Bjorka menyinggung beberapa nama yang diklaim terkait dengan kasus tersebut.

Dikutip tim HiTekno.com dari SuaraBekaci.id, hacker Bjorka membuat geger netizen setelah diduga membocorkan data rahasia Badan Intelijen Indonesia (BIN). Ia juga sempat membagikan data pribadi dari Menkominfo Johnny G Plate.

Saat diminta mengungkap siapa dalang kasus pembunuhan Munir, hacker ini membagikan data pribadi dari Ketua Umum Partai Berkarya, Muchdi Purwoprandjono (Muchdi Pr).

Baca Juga: Bjorka Bocorkan Data Pribadi Puan Maharani, Terungkap Soal Vaksin Covid-19

Se;aom Muchdi Purwoprandjono, ada nama-nama lain yang diklaim hacker Bjorka masih terkait dengan kasus pembunuhan Munir.

Data pribadi Muchdi PR diungkap oleh hacker Bjorka setelah ada permintaan dari netizen untuk membongkar dalang kasus pembunuhan Munir.

Bjorka seperti dikutip dari telegra.ph/Who-Killed-Munir-09-10, hacker Bjorka menjawab permintaan netizen tersebut.

Baca Juga: Bjorka Senggol Erick Thohir: Trust Me, You Will Never be President

"Saya akan memberi Anda nama jika Anda bertanya siapa yang berada di balik pembunuhan Munir. Dia adalah Muchdi Purwopranjono yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Berkarya," tulis Bjorka.

Hacker Bjorka. (Breach Forums)
Hacker Bjorka. (Breach Forums)

Dalam penjelasannya Bjorka kemudian memberikan informasi soal keterkaitan antara Muchdi PR dengan aktivis Munir.

"Munir adalah koordinator KontraS yang sangat vokal mengungkapkan bahwa pelaku penculikan 13 aktivis periode 1997-1998 adalah anggota Kopassus yang dikenal dengan tim Operasi Mawar," ungkapnya.

Baca Juga: Hacker Bjorka Doyan Meme, Sindir Pemerintah Indonesia Pakai Cara Ini

"Akibat pengungkapan itu, Muchdi Purwopranjono, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, menjadi tidak senang dengan Munir. Akibatnya, Muchdi harus diberhentikan dari jabatan barunya selama 52 hari," tulis Bjorka.

Muchdi diangkat menjadi Kepala Deputi V BIN pada 27 Maret 2003. "Posisi yang membuka banyak peluang untuk menghentikan aktivitas korban mendiang Munir yang merugikan terdakwa,"

Dalam pemaparannya, Bjorka kemudian menyebut informasi soal Pollycarpus Budihari Priyanto, pilot PT Garuda Indonesia Airways yang disebutnya sebagai jaringan nonorganik BIN.

Baca Juga: Bjorka Sindir Puan Maharani: Bagaimana Rasanya Merayakan Ulang Tahun Ketika Banyak Orang Protes Harga BBM?

Nama Indra Setiawan, eks direktur utama PT Garuda Indonesia Airways juga diungkap Bjorka dalam dokumen soal dalang pembunuh Munir tersebut.

"Polly kemudian membawa surat itu ke kamar Muchdi. Selang beberapa hari, Polly memberi tahu Budi Santoso, "Pak, saya mendapat tugas dari Pak Muchdi Purwopranjono untuk membunuh Munir." tulis dalam dokumen tersebut.

Dalam unggahan tersebut, Bjorka kemudian mengunggah foto dan informasi pribadi Muchdi PR. Dari informasi pribadi Muchdi PR yang diunggah disebutkan soal nomor ponsel pribadi, email hingga riwayat vaksin ketua umum Partai Berkarya tersebut.

Unggahan dari Bjorka ini pun menjadi perbincangan publik dan viral di laman media sosial.

18 Tahun Pembunuhan Munir

Sejumlah massa melakukan aksi unjuk rasa di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]
Sejumlah massa melakukan aksi unjuk rasa di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Munir ditemukan meninggal dunia di penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Amsterdam pada 7 September 2004. Otopsi yang dilakukan oleh otoritas Belanda menunjukkan bahwa ia meninggal karena diracun arsenik.

Dikutip dari laporan Kontras, tiga orang telah diadili terkait dengan pembunuhan Munir, namun orang-orang diduga kuat sebagai pihak-pihak yang sesungguhnya bertanggung jawab atas pembunuhan Munir masih belum diproses secara hukum.

Tiga orang yang diadili adalah pegawai Garuda Indonesia. Kami percaya, mereka tidak mungkin beraksi sendiri.

Mantan agen Badan Intelijen Negara (BIN) Muchdi Purwopranjono diadili pada 2008, tetapi dinyatakan tidak bersalah dan para aktivis menyatakan bahwa proses peradilan berjalan tidak adil.

Selain itu, Laporan Tim Independen Pencari Fakta Kasus Meninggalnya Munir (TPF) pada 2005, yang dibentuk oleh pemerintah, diabaikan oleh pemerintah dan tidak pernah dipublikasikan.

Pada September 2016, Presiden Joko Widodo berjanji di hadapan publik untuk menyelesaikan kasus Munir. Namun pemerintah Indonesia sampai saat ini masih belum mempublikasikan Laporan TPF tersebut.

Hal ini melanggar Keputusan Presiden No. 111 Tahun 2004 tentang Pembentukan Tim Pencari Fakta Kasus Meninggalnya Munir, yang mewajibkan pemerintah untuk mempublikasikan Laporan TPF.

Dengan latar belakang itu, sungguh mengejutkan ketika Presiden Joko Widodo justru menunjuk AM Hendropriyono, mantan ketua BIN, sebagai tim transisi yang menyiapkan pemerintahannya ketika ia terpilih pertama kali pada 2014.

Hendropriyono adalah kepala BIN pada saat pembunuhan Munir dan banyak kelompok HAM percaya bahwa ia terlibat dalam pembunuhan tersebut.

Bjorka Sindir Tokoh-tokoh Ternama

Bjorka senggol Puan Maharani. (Twitter/ bjorkanism)
Bjorka senggol Puan Maharani. (Twitter/ bjorkanism)

Melalui akun Twitter @bjorkanism, hacker Bjorka me-mention tokoh-tokoh politisi populer pada hari ini, Minggu (11/9/2022). Seperti Puan Maharani, Erick Thohir, hingga Denny Siregar mulai disenggolnya di media sosial.

"how are you madam @puanmaharani_ri? how does it feel to celebrate a birthday when many people are protesting about the price of fuel right in front of your office? [bagaimana kabarmu nyonya @puanmaharani_ri? Bagaimana rasanya merayakan ulang tahun ketika banyak orang yang memprotes harga BBM tepat di depan kantor Anda? -red]" tulisnya di Twitter.

Lalu Bjorka mulai menyenggol Erick Thohir dengan menyindir "harus bekerja daripada keliling melakukan hal tidak penting".

Paling baru, hacker ini langsung menyenggol Denny Siregar dengan menyebutnya "menggunakan uang pajak dari orang Indonesia tapi malah mempolarisasi orang".

Tentusaja cuitan tersebut mendadak membuat heboh netizen Indonesia di media sosial. Bahkan pembahasan soal Bjorka sampai menduduki trending topik Twitter Indonesia hari ini (11/9/2022). (SuaraBekaci.id/ Galih Prasetyo)

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak