Daftar Kasus Kebocoran Data di Indonesia Sepanjang 2022, Terbaru Dilakukan Bjorka

Tidak hanya dilakukan hacker Bjorka, ada beberapa kasus Kebocoran data di Indonesia yang terjadi sebelumnya.

Agung Pratnyawan
Senin, 12 September 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi Hacker. (Pixabay)

Ilustrasi Hacker. (Pixabay)

Hitekno.com - Kasus kebocoran data di Indonesia ternyata telah berulang kali terjadi, dan paling baru ini sedang menjadi sorotan netizen. Paling baru kemunculan hacker Bjorka yang mengklaim telah mendapatkan banyak data penduduk hingga pejabat Indonesia.

Seperti belum lama ini ada kasus kebocoran data di Indonesia yang diduga bersumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebelumnya ada miliaran data pendaftaran kartu SIM diklaim telah didapatkan hacker Bjorka.

Tak hanya itu, kemunculan hacker Bjorka yang mengklaim membocorkan sejumlah data di Indonesia membuat masyarakat geger lantaran ia juga telah membocorkan data Menkominfo Johnny G Platte.

Baca Juga: Akun Twitter Bjorka Kena Suspend Usai Membuat Heboh Hari Ini

Bahkan, peretas yang sedang jadi sorotan ini juga mengklaim telah membocorkan data Presiden Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kasus kebocoran data, berikut ini tim HiTekno.com rangkum sederet kasus kebocoran data di Indonesia sepanjang 2022:

1. Data Bank Indonesia

Baca Juga: Akun Twitter Bjorka Kena Suspend Usai Senggol Puan Maharani, Erick Thohir, hingga Denny Siregar

Kasus kebocoran data di Indonesia yang terjadi pada Januari 2022 menimpa Bank Indonesia. Sekitar 16 komputer di kantor cabang Bank Indonesia di Bengkulu mengalami kebocoran data. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pun mengatasi hal tersebut.

Kemudian muncul informasi bahwa menurut Alfons Tanujaya yang merupakan Pakar Keamanan Siber mengatakan data yang bocor tidak hanya dari kantor Bengkulu tetapi 20 kota lain. Dokumen yang bocor mencapai 52 ribu dari 200 komputer dengan ukuran data 74,82 GB.

Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

2. Data Pelamar Kerja di Website Pertamina

Baca Juga: Apa yang Bjorka Inginkan? Mengapa Ia Membocorkan Banyak Data? Pesan Ini Jadi Kuncinya

PT Pertamina Training and Consulting yang merupakan anak perusahaan Pertamina mengalami kebocoran data pada 12 Januari 2022. Data para pelamar tersebut mencakup ijazah, tanggal lahir, alamat rumah, nomor ponsel, nama lengkap, transkrip akademik, BPJS, CV, keluarga, dan lain sebagainya.

3. Data Pelanggan PLN

Badan Usaha Milik Negara ini juga mengalami kebocoran data. Dalam situs breached.to terlihat pengguna Lolyta mengaku menyediakan dan menjual sekitar 17 juta data pelanggan PLN yang dibocorkan pada Agustus 2022 lalu.

Baca Juga: Diminta Bongkar Kasus Pembunuhan Munir, Hacker Bjorka Singgung Nama-nama Ini

Kemudian berdasarkan hasil investigasi tim PLN, diketahui bahwa data tersebut merupakan replika dan tidak spesifik merupakan pelanggan PLN.

4. Data Pasien Rumah Sakit

Beberapa rumah sakit di Indonesia mengalami kebocoran data yang mencakup nama lengkap, foto pasien, riwayat penyakit pasien, hasil tes covid, hasil x ray dengan ukuran dokumen mencapai 720 GB.

5. Data Pengguna Indihome

Pada Agustus 2022, pengguna Indihome tersebar datanya pada breached.to. Data pengguna tersebut berukuran 16,79GB yang berisi riwayat browsing, NIK, jenis kelamin, dan nama lengkap.

Ilustrasi hacker. (pixabay)
Ilustrasi hacker. (pixabay)

6. Data Pelanggan Jasa Marga Toll-Road Operator

Anak perusahaan Jasa Marga yang bergerak di bidang pengoperasian jalan tol ini ternyata sempat mengalami kebocoran data. Kabar kebocoran itu terungkap saat pada situs breached.to ada akun bernama Desorden yang mengklaim telah menjual data pengguna, karyawan, perusahaan, dan catatan keuangan Jasa Marga.

7. Data Perusahaan Indonesia

Perusahaan di Indonesia juga banyak yang telah mengalami kebocoran data hingga 347 GB. Data yang bocor tersebut meliputi Surat Pemberitahuan Tahunan, NPWP komisaris dan direksi serta NPWP perusahaan.

8. Data untuk Registrasi Kartu SIM

Kasus kebocoran data selanjutnya yakni adanya 1,3 Miliar data registrasi SIM yang telah disebarkan oleh Hacker Bjorka pada September 2022. Ia juga memberikan sampel untuk membuktikan kebenaran data tersebut.

9. Kebocoran Data Penduduk Diduga dari KPU

Setelah kebocoran data kartu SIM, kasus kebocoran data selanjutnya berasal dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam satu bulan ini, setidaknya sudah ada dua data yang bocor. Ada sekitar 150  juta data penduduk Indonesia bocor, mencakup NIK, Nomor KK, Data Keluarga, dan lain sebagainya.

10. Identitas Menkominfo Johnny G Plate

Bjorka diduga telah membocorkan data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Hal itu terlihat dari sebuah tangkapan layar bahwa Bjorka telah membocorkan identitas Menkominfo sebagai hadiah ulang tahun.

Data pribadi tersebut berupa nomor handphone, nama, gender, NIK, KK, alamat, pendidikan, agama, golongan darah, nama orang tua, identitas vaksin, dan lain sebagainya.

Demikian sederet kasus kebocoran data di Indonesia sepanjang 2022 hingga beberapa kejadian yang dilakukan hacker Bjorka. (Suara.com/ Annisa Fianni Sisma).

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak