Internet

5 Hacker Terkenal di Dunia, Ada dari Indonesia yang Ditakuti

Sebelum Bjorka, ada beberapa hacker terkenal di dunia ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi hacker. (pixabay)
Ilustrasi hacker. (pixabay)

Hitekno.com - Saat ini hacker Bjorka sedang ramai jadi sorotan, terutama akan aksi peretasan yang dilakukannya. Namun ketahui, ada beberapa hacker terkenal di dunia yang sudah lebih dulu sebelum kemunculan Bjorka.

Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan adanya hacker atau peretas yang mengklaim telah berhasil membobol ratusan jutaan data pada beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Bahkan hacker Bjorka juga mengklaim telah berhasil mendapatkan dokumen rahasia milik Presiden Joko Widodo. Juga beberapa insiden dugaan kebocoran data lainnya.

Diketahui, peretas yang berhasil membocorkan dan memperjualbelikan data tersebut adalah oknum yang memiliki username Bjorka dari sebuah forum internet. 

Masih belum diketahui siapa yang ada dibalik hacker Bjorka tersebut, tetapi saat ini kasus tersebut tengah ditangani oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

BSSN saat ini tengah melakukan penelusuran terhadap beberapa dugaan insiden kebocoran data yang terjadi di masyarakat. BSSN juga diketahui telah melakukan koordinasi dengan setiap PSE yang diduga telah mengalami insiden kebocoran data. Tidak terkecuali dengan PSE yang ada di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara.

Kasus peretasan ini tentu saja bukan yang pertama kalinya terjadi di dunia. Banyak data-data baik di negara Indonesia maupun dunia diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa hacker yang pernah ditakuti dunia dan dinilai sangat berbahaya bagi keamanan.

Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Lantas, siapa sajakah hacker terkenal di dunia? Simak informasi lengkapnya berikut tim HiTekno.com rangkum ada lima hacker terkenal di dunia.

1. Jonathan James

Jonathan James menjadi salah satu peretas paling ditakuti di dunia. Di usianya yang menginjak 15 tahun, James berhasil melakukan peretasan untuk modernisasi sekolahnya yang ada di Florida.

Tidak hanya itu, James juga pernah memporak-porandakan situs Departemen Pertahanan milik Amerika Serikat dan juga telah membobol perangkat lunak (software) yang dimiliki oleh NASA dengan nilai sebesar US$25 miliar.

Tidak main-main, Jonathan James berhasil mengendalikan software yang digunakan untuk mengontrol satelit yang ada di seluruh dunia.

Aksinya tersebut berhasil tercium oleh pihak kepolisian. James pun ditangkap dan mendapatkan hukuman penjara rumah selama 6 bulan.

Setelah dirinya dibebaskan, Jonathan James juga dilarang untuk melakukan interaksi dengan komputer hingga usianya menginjak 18 tahun.

Namun, pada tahun 2008, Jonathan James tewas karena bunuh diri. Ia memilih untuk bunuh diri karena merasa selalu diikuti dan diawasi oleh pemerintah Amerika Serikat.

2. Gary Mckinnon

Gary Mckinnon merupakan peretas handal asal Inggris. Gary menjadi salah satu peretas paling berbahaya yang ada di dunia setelah ia berhasil meretas sebanyak 97 sistem militer dan pertahanan yang ada di Amerika Serikat dalam waktu 13 bulan.

Tidak hanya itu, Gary Mckinnon berhasil memporak-porandakan komputer milik Pentagon dan NASA serta mematikan dua ribu komputer di sebuah perusahaan yang terkenal.

3. Jim Geovedi

Kali ini, peretas paling menakutkan datang dari Indonesia. Jim Geovedi merupakan hacker yang ditakuti di dunia.

Hal tersebut diakui setelah dirinya berhasil mengubah arah dua buah satelit milik Indonesia dan satu buah satelit milik China.

Diketahui, Jim Geovedi melakukan aksinya karena ia ingin melihat kekurangan satelit. Tidak hanya itu, diakui oleh Jim kepada dunia, ia bisa mengendalikan jaringan internet di Indonesia serta melakukan modifikasi semua transaksi keuangan. Namun Jim Geovedi enggan untuk melakukan hal tersebut.

4. Anonymous

Anonymous adalah sekelompok hacker yang dibentuk pada tahun 2003 silam. Anonymous merupakan sekelompok hacker yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan topeng.

Anonymous menjadi salah satu hacker yang paling ditakuti di dunia setelah menentang sensor yang dilakukan oleh pemerintah.

Tidak hanya itu, ia juga menolak adanya pembatasan internet yang telah diatur oleh pemerintah.

Kelompok hacker ini menjadi hacker yang paling berpengaruh di dunia karena tindakannya memerangi tindakan kelompok teroris ISIS.

5. Edward Majerczyk

Beberapa waktu lalu, dunia sempat dihebohkan dengan bocornya foto telanjang artis internasional di internet, diketahui hal tersebut merupakan ulah dari Edward Majerczyk.

Foto tersebut merupakan milik Jennifer Lawrence. Aksinya diketahui pihak kepolisian, Edward Majerczyk pun ditangkap lalu mendekam di penjara selama 9 bulan lamanya.

Itulah lima hacker terkenal di dunia yang telah melancarkan aksi hingga menghebohkan banyak pihak sebelum Bjorka. (Suara.com/ Syifa Khoerunnisa).

Berita Terkait