Dorong UMKM Kembangkan Usaha, GoTo Hadirkan Pusat Informasi Terintegrasi

GoTo menyediakan pusat informasi yang terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang.

Agung Pratnyawan
Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:56 WIB
Situs Web Mitra Usaha GoTo. (GoTo)

Situs Web Mitra Usaha GoTo. (GoTo)

Hitekno.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau Grup GoTo meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo, www.mitrausahagoto.com sebagai situs pusat informasi terintegrasi.

Melalui itus web ini, GoTo menyediakan pusat informasi yang terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang, termasuk belasan juta mitra usaha di dalam ekosistem GoTo, meliputi pelaku usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Dengan semangat persatuan, situs web Mitra Usaha GoTo menyediakan seluruh informasi mengenai berbagai program, solusi dan inisiatif dari ekosistem GoTo untuk mendukung pertumbuhan UMKM.

Baca Juga: Mendatangkan Pembeli, Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM dan Pebisnis

Tersedianya informasi yang bermanfaat bagi mitra usaha GoTo secara terintegrasi tersebut merupakan wujud sinergi ekosistem GoTo dalam memberi manfaat bagi semua pihak di dalam ekosistem, termasuk lebih dari 15,1 juta mitra usaha GoTo dan pelaku usaha lainnya yang tertarik menjadi mitra usaha.

Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GoTo, menjelaskan, "Kini pelaku UMKM dapat semakin mudah mengetahui seluruh informasi mengenai program, solusi dan inisiatif dari GoTo, cukup dengan mengunjungi www.mitrausahagoto.com. Kami berharap kemudahan mendapat informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya."

"Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, kami berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi semua pelaku usaha agar dapat tumbuh bersama-sama dengan bantuan teknologi digital. Situs web Mitra Usaha GoTo menjadi penegasan misi GoTo untuk terus membuka peluang bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya dalam setiap fase pertumbuhan. Selain itu, peluncuran situs web Mitra Usaha GoTo juga menandai dukungan kami terhadap Presidensi Indonesia G20 2022, dimana transformasi digital menjadi kunci  pemulihan ekonomi nasional."

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Dukung Peluncuran "Pasar Lokal Suara UMKM"

Situs web Mitra Usaha GoTo ini juga menjadi pusat pengenalan layanan solusi bisnis komprehensif GoTo untuk para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya. Beberapa di antaranya yakni:

  • Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir.
  • Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS. 
  • Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.
  • Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.
  • Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Di dalam situs web Mitra Usaha GoTo, UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG). 

Sejak pandemi COVID-19, sudah lebih dari empat juta mitra usaha baru bergabung ke dalam ekosistem GoTo. Dengan memanfaatkan solusi bisnis GoTo, para mitra usaha di berbagai pelosok nusantara mampu mencetak pertumbuhan transaksi bisnis dengan mendorong efisiensi operasional dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Pertumbuhan ini juga tercermin dari kinerja layanan dalam ekosistem GoTo. 

Baca Juga: GudangAda Luncurkan Semangat #UMKMBertumbuhSehat, Edukasi Pedagang Tradisional hingga Layanan Digital

Tokopedia misalnya, mencatatkan Kabupaten Pasangkayu (Sulawesi Barat), Pakpak Bharat (Sumatera Utara), Banggai Kepulauan (Sulawesi Tengah), Teluk Bintuni (Papua Barat) dan Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau) sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022). Hal ini terlihat juga pada peningkatan pertumbuhan layanan teknologi finansial dari GoTo sebesar 91% secara kuartal pada Q1 2022.

Tak hanya bagi perusahaan, para mitra usaha akan menerima manfaat situs web Mitra Usaha GoTo. William Christiansen, Pemilik Usaha Space Roastery dan perwakilan Mitra Usaha GoTo menjelaskan "Setiap solusi bisnis yang kami gunakan dalam ekosistem GoTo sangat membantu Space Roastery baik dari sisi penjualan, operasional, program loyalitas, hingga pembayaran online. Space Roastery dapat meningkatkan penjualan hingga 143% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini tentu tidak lepas dari peran solusi digital ekosistem GoTo. Kami berharap situs web Mitra Usaha GoTo ini  dapat terus  memudahkan pelaku usaha menemukan solusi digital yang tepat untuk kembangkan bisnisnya, serta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi antar pelaku usaha melalui kelas dan komunitas di ekosistem GoTo."

Dalam acara peresmian Situs web Mitra Usaha GoTo ini, Talkah Badrus, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan "Selaras dengan semangat Presidensi Indonesia pada G20 2022, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pascapandemi. Masih dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, kami mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website Mitra Usaha GoTo ini. Dengan peranan penting yang dipegang UMKM dalam menggerakan ekonomi sektor riil, UMKM lokal harus bisa memanfaatkan peluang dari layanan GoTo ini sehingga dapat mengembangkan kapasitas dan keterampilan yang akhirnya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat."

Baca Juga: 11th ASEAN Para Games 2022 di Solo Juga Dongkrak UMKM Lokal

Di sisi lain, usaha kolaboratif antar berbagai pihak diperlukan untuk mendukung peran utama UMKM dalam pemulihan ekonomi. Mendukung visi pemerintah tersebut, GoTo bersama 15,1 juta mitra usaha GoTo, dan 2,6 juta mitra pengemudi, serta lebih dari 59,3 juta pengguna bertransaksi tahunan membuka jalan bagi demokratisasi kegiatan ekonomi di Indonesia secara digital. 

Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia menjelaskan, "UMKM adalah penyokong lebih dari 60% pendapatan negara, maka tumbuh-kembangnya menjadi tanggung jawab bersama, terlebih demi mendorong pemulihan ekonomi nasional yang kini terdampak pandemi. Website Mitra Usaha GoTo yang lahir dari kolaborasi antar setiap platform di dalam ekosistem GoTo diharapkan dapat semakin membantu UMKM dalam mendapatkan informasi, edukasi, dan inspirasi untuk peningkatan daya saing mereka di pasar serta berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi negeri. UMKM lokal dari berbagai daerah di Indonesia juga akan lebih dipermudah untuk ikut serta dalam berbagai inisiatif yang mengusung pendekatan Hyperlocal melalui situs web Mitra Usaha GoTo." 

Untuk memaksimalkan dampak sosial yang diciptakan, GoTo telah berkolaborasi dengan Pemerintah dan Regulator untuk berbagai program. Lebih lanjut, Puput menambahkan "Contohnya, mulai dari kelas pengembangan usaha untuk UMKM seperti GoTo UMKM Center dan Kelas Maju Digital, hingga inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) hasil kolaborasi dengan Kemenkop UKM RI untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). UMKM dengan NIB terdaftar nanti bisa mendapat kemudahan pengembangan usaha diantaranya sertifikasi halal, akses peminjaman modal, program bantuan pemerintah, dan masih banyak lagi."

Sinergi melalui website Mitra Usaha GoTo menjadi penting untuk mendorong adopsi teknologi digital baik melalui platform online maupun fintech bagi UMKM lebih luas lagi. Novi Tandjung, Head of Merchant Platform GoTo Financial, menjelaskan, "Situs web  Mitra Usaha GoTo ini menjadi katalog digital dengan informasi bisnis lengkap untuk mendorong kemajuan bagi UMKM dan pelaku usaha melalui pemenuhan kebutuhan operasional, pemasaran bisnis dan peningkatan kapasitas usahanya. Kami berharap, kehadiran Situs web Mitra Usaha GoTo dapat dijadikan one stop solution untuk menjawab kebutuhan mitra usaha, baik sebagai direktori untuk mencari solusi teknologi yang tepat maupun tempat bagi mitra usaha meningkatkan kompetensi dan membangun jejaring sebagai pengusaha lewat program edukasi dan komunitas yang dihadirkan GoTo."

Berita Terkait

TERKINI

Ada beberapa kasus seranganransomwareyang menargetkan industri perbankan di seluruh dunia
internet | 11:27 WIB
Oshi no Ko episode 8 ditunda sampai kapan?
internet | 07:30 WIB
Viral di media sosial Instagram aksi pencuri Al Quran terekam CCTV hingga banyak netizen yang memberi komentar.
internet | 07:00 WIB
Terbukti, ada balita yang baru berusia 2,5 tahun mengidolakan Ariel NOAH.
internet | 00:15 WIB
Ada alasan yang membuat istri Hamish Daud hingga kini belum mau mengumbar anaknya di media sosial.
internet | 00:04 WIB
Tersangka mengancam dengan pistol Nintendo, yang dicat semprot menjadi hitam agar terlihat seperti senjata api sungguhan.
internet | 15:01 WIB
Gmail mau bikin fitur centang biru untuk identifikasi penipu, malah muncul celah keamanan baru.
internet | 20:06 WIB
Lagu Yellow-nya Coldplay yang dinyanyikan oleh Aldi Taher bahkan menjadi populer.
internet | 19:17 WIB
Media sosial TikTok baru-baru ini dipenuhi dengan konten mie instan yang disajikan dalam wadah kotak.
internet | 19:08 WIB
Memudahkan, coba cara menggunakan kalkulator tanggal jadian untuk menghitung lama pacaran ini.
internet | 10:16 WIB
Memudahkan tanpa aplikasi tambahan untuk hitung BMI, gunakan situs kalkulator berat badan ideal.
internet | 09:46 WIB
Pisah dari Telkom, IndiHome akan merger dengan Telkomsel. Begini rinciannya.
internet | 20:20 WIB
Perdana live di TikTok, Inara Rusli mendapat gift yang jika dirupiahkan menjadi Rp 1 miliar.
internet | 19:29 WIB
Nia Ramadhani pernah mengungkap nilai belanja makanan selama satu tahun periode November 2021 hingga November 2022 lewat aplikasi online.
internet | 19:20 WIB
Asisten AI Tingwu ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas, baik pengguna pribadi maupun perusahaan.
internet | 14:29 WIB
Ada pihak yang menggunakan spyware untuk memata-matai pejabat ini dan mempengaruhi penyelidikannya terkait kasus penculikan yang melibatkan aparat dan kartel narkoba.
internet | 14:02 WIB
Blibli sendiri mencatat kenaikan cukup signifikan padatraffickebutuhantravelingtahun lalu yang mencapai 233% persen pada periode jelang libur sekolah anak.
internet | 10:16 WIB
Para alumni SSI kini mencatatkan pendanaan senilai 65,8 juta dolar AS atau setara Rp 977,6 miliar.
internet | 21:12 WIB
Tampilkan lebih banyak