Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Dukung Peluncuran "Pasar Lokal Suara UMKM"

Menkop UKM mengatakan bahwa pengembangan UMKM saat ini memang harus dilakukan untuk bisa mempertahankan perekonomian dari krisis.

Agung Pratnyawan
Senin, 15 Agustus 2022 | 17:58 WIB
Suasana kegiatan Kelas UMKM di Bandung, Kamis, 11 Agustus 2022, yang diramaikan ratusan peserta, sebagai bagian dari rangkaian program

Suasana kegiatan Kelas UMKM di Bandung, Kamis, 11 Agustus 2022, yang diramaikan ratusan peserta, sebagai bagian dari rangkaian program "Pasar Lokal Suara UMKM" yang resmi diluncurkan pada Senin (15/8/2022) secara virtual oleh Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki. [Suara.com]

Hitekno.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi dan mendukung peluncuran program  "Pasar Lokal Suara UMKM" yang digelar hari ini, Senin 15 Agustus 2022.

Teten Masduki berharap program yang diselenggarakan ini bisa menghasilkan UMKM yang berkualitas dan memiliki daya saing ke depannya.

Program "Pasar Lokal Suara UMKM" resmi diluncurkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki secara virtual, pada Senin, 15 Agustus 2022.

Baca Juga: GudangAda Luncurkan Semangat #UMKMBertumbuhSehat, Edukasi Pedagang Tradisional hingga Layanan Digital

Mengusung tema "Sinergi Bersama untuk Wujudkan UMKM Maju & Naik Kelas" dengan tagline #DariLokalJadiTerkenal, program ini merupakan gelaran PT Arkadia Digital Media, penerbit Suara.com, yang bertujuan untuk memberikan pelatihan, pendampingan, pemasaran dan bantuan modal UMKM.

Dalam kegiatan peluncuran yang disertai webinar, Menkop UKM menyampaikan apresiasi sekaligus harapan besarnya. Teten berharap program ini bisa menghasilkan UMKM yang berkualitas dan memiliki daya saing ke depannya.

"Saya apresiasi Suara.com yang telah menyelenggarakan program Pasar Lokal Suara UMKM. Acara ini sangat baik, agar ke depan UMKM lebih berkualitas dan memiliki daya saing," ungkap Teten Masduki.

Baca Juga: 11th ASEAN Para Games 2022 di Solo Juga Dongkrak UMKM Lokal

Lebih jauh, Menkop UKM mengatakan bahwa pengembangan UMKM saat ini memang harus dilakukan untuk bisa mempertahankan perekonomian dari krisis. Apalagi menurutnya, krisis pangan dan energi saat ini mulai menghantui banyak negara dengan adanya perang Rusia-Ukraina.

"Kita percaya, (bahwa) hanya melalui pengembangan UMKM, ekonomi Indonesia bisa bertahan dari krisis, yakni (melalui) UMKM yang perlu didasarkan potensi ekonomi daerah," ucap Teten.

Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, saat berbicara di salah satu sesi Kelas UMKM di Bandung, Kamis, 11 Agustus 2022, dalam rangkaian program "Pasar Lokal Suara UMKM" yang resmi diluncurkan pada Senin (15/8/2022) secara virtual oleh Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki. [Suara.com]
Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, saat berbicara di salah satu sesi Kelas UMKM di Bandung, Kamis, 11 Agustus 2022, dalam rangkaian program "Pasar Lokal Suara UMKM" yang resmi diluncurkan pada Senin (15/8/2022) secara virtual oleh Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki. [Suara.com]

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono yang turut berbicara dalam acara peluncuran, menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk kontribusi media untuk mengembangkan UMKM.

Baca Juga: Kolaborasi Exabytes dan Google: 7 Solusi Hemat Terlengkap untuk Bisnis UMKM

Dikatakannya, ke depan media tidak hanya memberikan informasi kepada UMKM, tetapi juga diharapkan bisa membantu transformasi UMKM untuk bisa go digital.

"Kami merasakan betul bagaimana UMKM di berbagai daerah, terutama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, itu menjadi tulang punggung perekonomian keluarga dan juga bangsa. Inilah yang sangat menarik, karena ternyata merekalah yang berhasil membawa kita melewati semua krisis," ucapnya.

Pelaku UMKM, menurut Jono, merupakan bagian dari ekosistem digital yang harus dikolaborasikan. Saat ini pelaku UMKM yang go digital baru 19 juta dari 60 juta pelaku UMKM.

Baca Juga: Dukung Kemenkop RI Ciptakan UMKM Kekinian Mantap Digital, Youtap Hadikar Layanan Lengkap

"Masih terbuka ruang kolaborasi digitalisasi UMKM. Apalagi saat ini mayoritas UMKM yang go digital menjadi reseller dan menjual barang impor. Sudah waktunya UMKM membanjiri market place, dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya.

Selain Menkop UKM dan Pemred Suara.com, turut hadir pula dalam acara peluncuran ini Founder dan CEO Super Roti Semarang, Ismiyati, serta Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari.

Ismiyati sebagai salah satu pengusaha yang dinilai berhasil, di kesempatan ini membagikan berbagai pengalaman dan tips dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Program "Pasar Lokal Suara UMKM" sendiri terdiri dari pelatihan, talkshow, hingga coaching clinic, yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk bisa meningkatkan kapasitasnya. Salah satu bagiannya adalah Kelas UMKM yang digelar di tiga kota.

Kegiatan Kelas UMKM pertama telah digelar di Bandung pada 11 Agustus 2022 lalu yang dihadiri ratusan pelaku UMKM, serta selanjutnya akan digelar di Yogyakarta (18 Agustus) dan di Solo (20 Agustus).

Adapun puncak kegiatan "Pasar Lokal Suara UMKM" akan berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 22-23 Oktober 2022, yang akan diikuti oleh sebanyak 30 UMKM lokal yang telah lolos seleksi.

Dari situ nantinya, UMKM lokal yang masuk 10 besar akan mendapatkan pendanaan untuk pengembangan, dengan jumlah modal usaha sebesar total Rp65 juta.

Program ini mendapat dukungan dari Bank BRI dan Astra, selain platform Suara Regional, Yoursay.id dan Serbada.com dari Arkadia Digital Media, program ini melibatkan beberapa partner seperti Young On Top, TopKarir, Jogja Istimewa dan SuaraGama.

Pelaku UMKM yang tertarik untuk ikut serta, saat ini masih dipersilakan untuk mendaftar secara online. Pendaftaran program "Pasar Lokal Suara UMKM" ini bisa dilakukan melalui laman: microsite.suara.com/umkm.

Berita Terkait
TERKINI

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB

Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....

internet | 15:57 WIB
Tampilkan lebih banyak