Internet

Blibli Gandeng Tiga Pemda untuk Majukan Produk Lokal

Kolaborasi berkelanjutan Blibli bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Bandung.

Agung Pratnyawan

Suherman Soemardi, Vice President Government Relations Blibli dalam Acara Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur 2022. (Blibli)
Suherman Soemardi, Vice President Government Relations Blibli dalam Acara Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur 2022. (Blibli)

Hitekno.com - Blibli resmi menggandeng tiga pemerintah daerah dalam rangka memberikan dukungan dan memajukan produk lokal. Yakni dengan meningkatkan kapabilitas digital di sektor UMKM dan koperasi melalui kolaborasi berkelanjutan.

Kolaborasi ini dilakukan Blibli dengan Blibli Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Bandung.

Pada tiap kerja sama tersebut, Blibli akan mendampingi para pelaku UMKM dan koperasi dari masing-masing daerah terkait pengembangan usaha secara berkelanjutan melalui optimalisasi penggunaan channel online di tiap operasional.

Sektor UMKM memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian negara. Dengan jumlah pelaku usaha yang mencapai lebih dari 64 juta, sektor UMKM mampu menyumbang sekitar 57% dari total PDB Indonesia dan membuka lapangan kerja bagi 97% dari total tenaga kerja di Indonesia.

Memahami hal tersebut, Blibli sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform terintegrasi dan terpercaya berkomitmen untuk terus memaksimalkan ekosistemnya yang komprehensif demi memberdayakan para pelaku UMKM, sekaligus meningkatkan literasi digital agar bisnisnya dapat terus tumbuh secara berkelanjutan dan mampu beradaptasi dengan kondisi terkini.

"Selama lebih dari 11 tahun hadir melayani masyarakat, Blibli konsisten memberikan pengalaman retail terdepan yang memuaskan pelanggan. Hal tersebut pun tidak terlepas dari komitmen kami dalam menjalin kolaborasi bersama para pemangku kepentingan, termasuk dengan menjadi mitra bagi pelaku koperasi dan UMKM hingga pemerintah. Melalui rangkaian kolaborasi ini, Blibli ingin mempererat sinergi dengan pemerintah seraya memperkuat upaya perusahaan dalam mendampingi koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk berdaya saing tinggi, meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, hingga memperluas jangkauan pemasaran, yang pada akhirnya mampu membantu bisnis-bisnis di sektor ini tumbuh secara berkelanjutan," ujar Andreas Ardian Pramaditya, VP Galeri Indonesia Blibli.

Kolaborasi berkelanjutan Blibli bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Bandung diwujudkan melalui penyelenggaraan eksibisi omnichannel di tiga daerah tersebut.

Setiap eksibisi hadir sebagai platform bagi UMKM untuk memamerkan dan mengembangkan produk terbaiknya, membangun koneksi dengan pemangku kepentingan terkait, hingga meningkatkan kapabilitas digitalnya–didukung dengan ekosistem omnichannel terinteg rasi dari Blibli.

Pasar Kreatif Bandung 2022. (Blibli)
Pasar Kreatif Bandung 2022. (Blibli)

1. Kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di K-UKM Expo 2022

Blibli memperkuat sinerginya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memajukan sektor Koperasi dan UMKM setempat melalui kolaborasi terbaru bersama Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Perikanan dan Kelautan.

Melalui kolaborasi ini, Blibli akan membantu pemerintah setempat dalam memajukan usaha hingga mendorong digitalisasi di sektor Koperasi dan UMKM secara berkelanjutan.   

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan dalam acara K-UKM Expo 2022 di Surabaya pada 27–31 Juli 2022. K-UKM Expo adalah pameran tahunan yang menghadirkan berbagai produk unggulan Koperasi dan UMKM, mulai dari fashion, kuliner, hingga kerajinan tangan.

Di edisi yang ke-9 ini, KUKM Expo 2022 dihadiri para pelaku Koperasi dan UMKM serta pemerintah provinsi dari seluruh Indonesia, perusahaan swasta, hingga asosiasi pelaku usaha.

Sebelumnya, Blibli telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam melakukan pendampingan terhadap UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM setempat.

Dalam hal ini, Blibli berperan dalam meningkatkan literasi digital para pelaku usaha terkait dalam mengoptimalkan channel online untuk mengembangkan bisnisnya.

Blibli juga menghadirkan produk UMKM unggulan asal Jawa Timur secara luas, di mana kuliner, fashion, dan kriya jadi kategori produk yang paling diminati oleh pelanggan.

2. Kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Harkop Hybrid Expo 2022

Blibli memperkuat kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam memajukan digitalisasi Koperasi dan UMKM melalui acara Harkop Hybrid Expo 2022.

Melalui kolaborasi ini, Blibli bersama Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah mendesain acara hybrid yang menjawab penggunaan internet oleh Koperasi dan UMKM dalam mendorong transformasi digital yang makin tumbuh.

Sehingga, pelaku usaha bisa memaksimalkan transformasi digitalnya dan memasarkan produk terbaiknya ke pengunjung dari berbagai latar belakang secara online dan offline. 

Menariknya lagi, melalui kolaborasi ini, para koperasi di bawah naungan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah akan bergabung di lapakjateng.id, yaitu laman khusus di Blibli yang menampilkan produk lokal andalan Jawa Tengah.

Lapakjateng.id sendiri telah menghadirkan lebih dari 2.500 UMKM terdepan dengan sekitar 300.000 produk terkurasi dan terpercaya. Pelanggan bisa menemukan berbagai kategori produk lapakjateng.id di sini.

Selain kolaborasi di atas, Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga telah bekerja sama menjalankan berbagai inisiatif lain untuk mendorong transformasi digital UMKM, salah satunya melalui program pelatihan dan pendampingan secara offline & online di berbagai kabupaten & kota.

Keduanya juga sempat menggelar Bazar UMKM Wow di Rest Area KM 360 Kabupaten Batang dan menghadirkan paket parcel Lebaran khusus dari produk UMKM Jawa Tengah.

3. Kolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung di Pasar Kreatif Bandung 2022

Bersama dengan Pemerintah Kota Bandung, Blibli kembali berkolaborasi dalam menyelenggarakan Pasar Kreatif Bandung sebagai inisiatif yang bertujuan untuk memasukan sektor UMKM dan menggerakkan perekonomian daerah setempat.

Di tahun ini, Pasar Kreatif Bandung 2022 digelar mulai 1 Juli sampai 14 Agustus di enam mall terbaik di Bandung dengan melibatkan 180 pelaku UMKM terkurasi.

Menariknya, Blibli telah menyiapkan laman khusus untuk Pasar Kreatif Bandung 2022 yang memudahkan pelanggan menemukan barang-barang lokal unggulan asal Bandung. Terdapat berbagai kategori produk yang bisa ditemukan di festival belanja ini, mulai dari fashion, kriya, hingga kuliner.

Didukung oleh aktivasi fitur Click and Collect di 4 mall meliputi Ciwalk, PVJ, Kings dan Paskal 23 Bandung. Pelanggan pun bisa mendapatkan produk incarannya dengan penawaran menarik berupa ekstra diskon untuk semua produk di platform Blibli.

Sebelumnya, Blibli juga telah berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung untuk menjadi mitra e-commerce pada Pasar Kreatif Bandung di tahun 2020 dan 2021.

Upaya nyata Blibli dalam mendukung kemajuan sektor UMKM Bandung juga dilakukan dengan berkolaborasi bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bandung untuk menggelar Beli Lokal Fest Bandung yang menghadirkan produk-produk unggulan dari 150 UMKM Bandung pilihan.

Berita Terkait