Internet

Lapakjateng.id, Kolaborasi Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Perkuat Ekonomi Kerakyatan

lapakjateng.id dihadirkan untuk mendorong transformasi digital bagi UMKM Jawa Tengah.

Agung Pratnyawan

Pemberian Plakat oleh Blibli ke Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo dan Walikota Solo, Bapak Gibran Rakabuming Raka. (Blibli)
Pemberian Plakat oleh Blibli ke Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo dan Walikota Solo, Bapak Gibran Rakabuming Raka. (Blibli)

Hitekno.com - Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menjalin kolaborasi strategis dalam mendorong transformasi digital bagi UMKM. Yakni melalui peluncuran lapakjateng.id, laman khusus di platform Blibli yang menampilkan produk UMKM andalan Jawa Tengah. 

Peluncuran lapakjateng.id dilakukan hari ini yang turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Edward K. Suwignyo, CMO Blibli.

Blibli memahami pentingnya peran UMKM dalam memajukan perekonomian negara. Selain itu, UMKM juga memegang peran krusial dalam menjalankan ekonomi kerakyatan di Tanah Air yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Berdasarkan riset yang Blibli lakukan bersama BCG dan Litbang Kompas, pemberdayaan UMKM adalah kunci penting dalam mendorong pertumbuhan inklusif di Indonesia.

Hasil riset diantaranya menunjukkan bahwa 84% UMKM telah membuka lapangan pekerjaan dimana 77% dari para UMKM tersebut menyerap tenaga kerja lokal.

Sehingga, kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan sektor UMKM untuk mendorong pertumbuhan perekonomian sekaligus memperluas implementasi ekonomi kerakyatan secara inklusif.

"Sebagai salah satu pelaku industri di e-commerce, sinergi antara Blibli dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lewat lapakjateng.id ini membuka peluang untuk kurasi produk-produk artisanal hasil karya UMKM Jawa Tengah. Di mana, kami optimis bahwa UMKM dapat bertumbuh secara berkelanjutan di platform B2C Blibli, lewat dukungan omnichannel dan ekosistem Blibli yang kuat," ujar Edward K. Suwignyo, CMO Blibli.

"Saat ini, transformasi usaha ke arah digital menjadi salah satu strategi utama dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendukung penguatan daya saing UMKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi. Maka dari itu, kami menyambut baik adanya kolaborasi lanjutan dengan Blibli bahkan dengan jaringan omnichannel (online to offline) yang dimiliki Blibli dapat memperkuat upaya kami untuk membuat produk lokal makin maju dan naik kelas. Kedepannya pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penjual di lapakjateng.id juga bisa mendaftar ke program SIPlah dan Bela Pengadaan," ujar Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. 

Lelang Seru bersama Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Edward K. Suwignyo dan Bapak Gibran Rakabuming Raka. (Blibli)
Lelang Seru bersama Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Edward K. Suwignyo dan Bapak Gibran Rakabuming Raka. (Blibli)

Lapakjateng.id sendiri menghadirkan lebih dari 2.500 UMKM terdepan, dengan sekitar 300.000 produk dari berbagai wilayah di Jawa Tengah yang telah melewati proses kurasi sehingga dijamin terpercaya dan memiliki produk yang berkualitas.

Hal tersebut memungkinkan lapakjateng.id untuk menyediakan kategori belanja yang luas, mulai dari kuliner, fashion, kriya, kesehatan dan kecantikan, hingga desa wisata. Tak ketinggalan pembayaran PBB dan pajak kendaraan bermotor juga dilayani lewat kanal ini. 

Menariknya lagi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan melakukan live shopping di lapakjateng.id untuk memperkenalkan produk-produk UMKM Jawa Tengah terdepan di laman tersebut lebih jauh.

Pelanggan pun bisa menikmati berbagai promo seperti potongan diskon hingga gratis ongkir berkali-kali sampai Rp50.000 dalam mendapatkan produk-produk UMKM Jawa Tengah berkualitas di lapakjateng.id.

Komitmen Blibli memajukan UMKM di Indonesia

Dari waktu ke waktu, Blibli konsisten memaksimalkan ekosistem perusahaan yang komprehensif dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendampingi UMKM go digital atau transformasi digital secara maksimal.

Blibli terus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menjalankan Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) yang berhasil menumbuhkan pendapatan merchant sebesar 7x. Selain itu, Blibli juga hadir dengan inisiatif Galeri Indonesia sebagai ruang pajang UMKM terlengkap dengan lebih dari 180.000 merchant UMKM di dalamnya. 

Sinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pun menunjukkan komitmen Blibli dalam berkolaborasi untuk menghadirkan dampak positif yang lebih luas bagi lebih banyak UMKM. Kerja sama antara Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam beberapa waktu ke belakang pun telah melahirkan sejumlah inisiatif yang bertujuan untuk memajukan UMKM secara menyeluruh.

Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah berkolaborasi menggelar Bazar UMKM Wow di Rest Area KM 360 Kabupaten Batang dan menghadirkan paket parsel lebaran khusus dari produk UMKM Jawa Tengah. Keduanya juga bekerja sama dalam menjalankan program pelatihan dan pendampingan secara offline & online di berbagai kabupaten & kota di Jawa Tengah.

"Ke depan, Blibli akan terus memperkuat perannya dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia dengan lebih memaksimalkan ekosistem digital perusahaan dan lebih banyak upaya kolaboratif bersama pemangku kepentingan. Dengan begitu, sektor UMKM dapat terus maju memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia melalui implementasi ekonomi kerakyatan yang mampu memberdayakan masyarakat," kata Edward menutup.

Berita Terkait