GoSend Rilis Buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital

Buku ini merangkum lanskap dan berbagai strategi bisnis UMKM di era digital.

Agung Pratnyawan
Selasa, 24 Mei 2022 | 18:23 WIB
GoSend rilis buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital. (GoSend)

GoSend rilis buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital. (GoSend)

Hitekno.com - GoSend meluncurkan buku 'Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital'.

Buku ini merupakan bagian dari kampanye #BestSellerGoSend yang bertujuan untuk memperkaya ilmu bisnis dan pemasaran para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha.

Buku ini merangkum lanskap dan berbagai strategi bisnis UMKM di era digital, mulai dari strategi menangkap peluang dan merintis usaha baru setelah pandemi, strategi social selling yaitu teknik berbisnis masa kini yang mengandalkan kreativitas dalam berkomunikasi melalui sosial media, hingga tips membangun loyalitas konsumen.

Baca Juga: Blibli dan Jumpstart Luncurkan Smart Vending Machine untuk Produk UMKM

Head of Marketing Logistics Gojek, Marsela Renata mengatakan, "Kami menyusun buku ini untuk menjawab kebutuhan dan membekali para pelaku UMKM, khususnya social seller dengan wawasan yang relevan sehingga mereka mampu memaksimalkan potensi bisnisnya di era digital. Cukup banyak pelaku UMKM yang sudah go digital namun masih menghadapi sejumlah tantangan, terutama pada jalur pemasaran digital dan efektivitas bisnis. Kami harapkan buku ini dapat membantu pelaku UMKM menjawab tantangan-tantangan tersebut. Dalam penulisannya, kami melibatkan berbagai pakar yang ahli di bidang bisnis dan pemasaran khususnya di sektor UMKM agar kami dapat menyajikan materi yang tepat guna. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan kisah inspiratif dari para #BestSellerGoSend yang membagikan pengalaman serta tips dan trik lika liku berwirausaha."

Adapun pakar bisnis dan UMKM yang terlibat dalam penyusunan buku ini, antara lain:

  • Prof. Rhenald Kasali Ph.D. - Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).
  • Yuswohady - Praktisi dan konsultan marketing di Inventure yang telah menulis 60 buku laris bertema bisnis dan pemasaran.
  • Yudo Anggoro - Kepala Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB Kampus Jakarta dan Direktur Center for Policy and Public Management SBM ITB.
  • Wulan Ayodya - Konsultan wirausaha, Founder lembaga kursus UMKMKU, serta penulis buku bertema kewirausahaan terbitan Elex Media Komputindo.
  • Arief Ardinugroho - Konsultan bisnis dari Funtastic Consulting dan penulis buku bertema kewirausahaan terbitan Elex Media Komputindo.

 

Baca Juga: Bantu UMKM, Niagahoster Jalin Kerja Sama dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo

Diluncurkannya buku ini melanjutkan upaya berkelanjutan GoSend dalam mendukung pelaku UMKM social seller meningkatkan skala bisnisnya. Pada tahun 2021 lalu, riset oleh Lembaga Demografi FEB UI menemukan bahwa mayoritas social seller (71%) mengatakan bahwa layanan GoSend membantu menghemat waktu dan 35% merasakan perubahan pendapatan usaha online semenjak mulai menggunakan layanan GoSend.

Sinergi layanan logistik yang handal dan partner e-commerce pun turut menjadi pilihan bagi para seller, dimana melalui data internal GoSend yang mencatat kenaikan transaksi Q1 2022 GoSend di Tokopedia sebanyak lebih dari 2x lipar dibandingkan tahun lalu, dan jumlah seller UMKM pengguna GoSend di Tokopedia yang naik 65% pada periode yang sama.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ikut menyampaikan apresiasinya terhadap peluncuran buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller. Ia mengungkapkan, "Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh GoSend dalam mendukung pertumbuhan dan peningkatan kapasitas pengetahuan UMKM yang diwujudkan melalui buku ini sehingga pelaku ekonomi kreatif tidak hanya survive, tapi juga revive and thrive. Lewat berbagai materinya serta keterlibatan jajaran pakar yang ahli dalam bisnis UMKM dan kisah inspiratif para BestSeller, saya berharap buku ini dapat menjadi jembatan bagi UMKM menuju kesuksesan usahanya sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan ikut mendorong kebangkitan sektor parekraf dan perekonomian nasional."

Baca Juga: Bersama BI dan OJK, Tokopedia Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM

GoSend rilis buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital. (GoSend)
GoSend rilis buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital. (GoSend)

Pada kesempatan terpisah, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki juga memberikan apresiasinya.

"Upaya GoSend dalam merangkum peta perjalanan bagi UMKM di era digital sangat informatif, praktis dan inspiratif bagi pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan pasar dan meningkatkan skala usaha khususnya pada masa pemulihan pasca pandemi," ungkap Teten.

Praktisi dan pakar pemasaran Yuswohady yang juga terlibat dalam penulisan buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller; turut menjelaskan, "Perusahaan konsultan manajemen global, McKinsey memperkirakan bahwa ada 30 juta pembeli online Indonesia pada tahun 2017, dan dari pasar sebesar 8 miliar USD, 37,5% di antaranya adalah social commerce. McKinsey juga memperkirakan bahwa pasarnya akan tumbuh menjadi antara USD 55 sampai 65 miliar. Dengan potensinya yang sangat besar, penting bagi para pelaku UMKM untuk memahami cara mengoptimalkan peluang ini. Materi unik yang tidak banyak ditemui di sumber lain inilah yang ditawarkan oleh buku ini, dan harapannya mampu memberikan cara pandang baru yang fresh dan out of the box."

Baca Juga: Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang Bagi Karyawan dan UMKM

Dikemas secara ringan buku ini terdiri dari 4 bab utama yang mencakup perpaduan wawasan bisnis dari para pakar di bidang UMKM dan pemasaran, serta kisah sukses para #BestSellerGoSend, yaitu:

  • Memulai Usaha Baru Sejak Pandemi
  • Berawal dari Social-Selling
  • Lika-liku Bisnis untuk kategori F&B, Fashion, Art Craft.
  • Tips Penting dari Seller untuk Sellers yang meliput Brand Activation, Content Creation & Risk Management.

Diterbitkan Elex Media Komputindo, buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM’ dapat dibeli di toko-toko buku terdekat. Hasil penjualan dari buku sepenuhnya akan digunakan untuk berbagai program kemajuan UMKM oleh GoSend.

Buku ini juga memuat informasi mengenai program #BestSellerGoSend, dimana para seller dapat bergabung dan mendapatkan promo spesial, program loyalty, welcoming kit, Best Seller Award, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi agar jualan semakin laris.

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak