Internet

Mengenal Aplikasi Keuangan Perusahaan Serta Manfaat & Kegunaannya

aplikasi keuangan perusahaan merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca dan berbagai bentuk laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Keuangan Perusahaan Jurnal by Mekari. (Mekari)
Aplikasi Keuangan Perusahaan Jurnal by Mekari. (Mekari)

Hitekno.com - Akuntansi merupakan seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan keuangan. Terutama keuangan perusahaan Anda. Karena itulah bidang ini bisa dibilang sangat penting untuk menunjang kemajuan perusahaan Anda.

Seperti yang Anda telah ketahui, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang akuntan sangatlah banyak meliputi laporan keuangan, laporan neraca dan lain sebagainya. Terlebih semua pekerjaan itu dilakukan secara manual menggunakan kertas kerja. Walaupun terkadang mereka menggunakan bantuan Microsoft Excel.

Dalam segi waktu, hal ini tentu saja tidak efisien. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, semua pekerjaan pun sudah semakin mudah. Apa lagi sekarang sudah banyak aplikasi keuangan perusahaan yang beredar seperti Jurnal by Mekari, Acumatica, Integra ERP, SAP, dll.

Mengenal Aplikasi Keuangan Perusahaan

Bermula dari sebuah konsep, aplikasi keuangan perusahaan merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca dan berbagai bentuk laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

Dengan banyaknya transaksi jual beli yang ada, belum lagi jika ditambah dana operasional produksi, semuanya membutuhkan suatu perhitungan yang cermat, cepat namun tetap akurat. Karena itulah aplikasi keuangan perusahaan ini akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam mengolah laporan keuangannya.

Apalagi aplikasi keuangan perusahaan saat ini telah mengembangkan teknologinya dengan menggunakan cloud system dimana dengan menggunakan teknologi tersebut, Anda dapat mengakses data akuntansi kapan dan dimana saja dengan data yang ditampilkan secara up-to-date atau real time.

Manusia pada dasarnya adalah makhluk malas yang ingin serba instan. Semakin berkembangnya zaman, teknologi terus mengalami perubahan. Dari yang semula hanya buku, pena dan kalkulator, saat ini sudah dapat dilakukan oleh personal computer (PC) atau laptop.

Pengelolaan keuangan perusahaan biasanya diurus oleh Manajemen Keuangan dan Manajemen Akuntansi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, manajemen keuangan yang dahulu hanya mengutamakan aktivitas memperoleh dana dan menggunakannya, saat ini mengurus juga tentang pengelolaan aktiva nya dengan bekerjasama dengan manajemen akuntansi.

Menurut Charles T. Homgren (1993), Akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

Akuntansi adalah seni dalam mengukur, komunikasi serta dalam menginterpretasikan keuangan. Berikut perbedaan tugas antara Manajer Akuntan dan Manajer Keuangan.

1.  Manajer Akuntan

Bertugas mengumpulkan dan menyediakan data keuangan dan berperan dalam memberikan perkembangan. Selain itu, memiliki pAndangan dan pemikiran serta dapat menginterpretasikan data tentang operasi perusahaan yang lalu, saat ini dan yang akan datang.

2. Manajer Keuangan

Bertugas mengevaluasi laporan dari akuntan, menganalisa perkiraan dari pengembalian serta risiko dan juga dapat mengembangkan data tambahan dan membuat keputusan terhadap hal tersebut.

Untuk mempermudah pekerjaan Akuntan dan tentunya sangat bermanfaat bagi perusahaan, tersedia berbagai aplikasi keuangan perusahaan yang fungsinya juga membantu pengelolaan keuangan perusahaan. Teknologi ini juga sangat membantu Anda dalam persaingan bisnis, dimana waktu yang biasanya Anda gunakan untuk mengurus pembukuan perusahaan Anda, dapat dihemat dan digunakan untuk membuat riset mengenai pesaing ataupun prospek pengembangan bisnis Anda ke depannya.

Ada banyak aplikasi keuangan perusahaan yang ada di Indonesia yang dapat digunakan oleh orang-orang awam maupun orang yang mengerti akuntansi. Biasanya beberapa perusahaan besar sudah memiliki divisi tersendiri untuk mengembangkan software ini. Tetapi tidak pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang biasanya menggunakan vendor atau pihak ketiga dalam membeli aplikasi keuangan perusahaan.

6 Manfaat Menggunakan Aplikasi Keuangan Perusahaan

Aplikasi Keuangan Perusahaan Jurnal by Mekari. (Mekari)
Aplikasi Keuangan Perusahaan Jurnal by Mekari. (Mekari)

Adapun manfaat utama dalam penggunaan aplikasi keuangan perusahaan bagi perusahaan berupa Neraca (Balance Sheet), Laba Rugi, Cash Flow serta Laporan Akhir Keuangan.

Berikut tujuh manfaat lain penggunaan aplikasi keuangan perusahaan.

1. Bekerja Lebih Cepat

Dengan teknologi yang semakin canggih, Anda hanya butuh waktu sebentar hanya untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda. Misalnya yang seharusnya Anda membutuhkan waktu untuk menyiapkan buku atau mengganti buku untuk pencatatan keuangan, kini Anda bisa menyelesaikannya dengan memasukkan data transaksi ke dalam

2. Pembukuan lebih rapi

Aplikasi keuangan perusahaan ini biasanya memanfaatkan konsep modularitas misalnya modul Pembelian (account payable), Penjualan (account receivable), Penggajian dan lain sebagainya.

3. Biaya lebih murah

Dalam satu perusahaan, untuk mengelola keuangan dengan baik, dibutuhkan tiga atau lebih  orang untuk  mengatur keuangan. Namun dengan menggunakan software, perusahaan akan lebih efisien dan efektif dalam mengeluarkan biaya dan tidak membutuhkan banyak karyawan untuk membuat pembukuan keuangan.

4. Bisnis lebih gampang

Dengan suatu bisnis, Anda biasanya dihadapkan dengan berbagai masalah misalnya sumberdaya terbatas ataupun kesalahan dalam melakukan pencatatan. Dengan aplikasi keuangan perusahaan, hal itu dapat diminimalisir sehingga tidak perlu lagi kekhawatiran adanya kesalahan data.

5. Data lebih aman

Penggunaan aplikasi keuangan perusahaan pada sebuah perusahaan sangat menguntungkan dimana data akan otomatis tersimpan dalam server, namun tidak sedikit pula perusahaan yang memiliki server tersendiri sehingga software hanya digunakan untuk mengatur pembukuan saja.

6. Laporan keuangan lebih jelas

Isi laporan keuangan sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyusunnya secara manual, mulai dari membuat table di Microsoft Excel dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi keuangan perusahaan, Anda hanya tinggal memasukkan data ke dalam system saja kemudian jadilah laporan keuangan seperti yang diinginkan.

Fitur - Fitur Aplikasi Keuangan Perusahaan

Agar memudahkan pencatatan Akuntansi perusahaan, maka diperlukan aplikasi keuangan perusahaan. Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur-fitur yang bermanfaat untuk mengelola keuangan perusahaan setiap harinya. Simak beberapa fitur aplikasi keuangan perusahaan yang penting untuk Anda ketahui berikut ini.

Manajemen Penagihan dan Faktur
Manajemen penagihan faktur adalah salah satu fitur yang sangat penting bagi segala jenis perusahaan. Mengelola faktur dengan cara membuat penagihan manual dengan kertas tentu akan sangat merepotkan perusahaan dalam mencari riwayat transaksi faktur yang belum dibayar, selain itu faktur yang dibuat secara manual ini juga sangat mudah rusak dan bisa hilang.

Manajemen penagihan erat kaitannya dengan pengelolaan utang dan piutang perusahaan, sehingga hal ini juga berpengaruh terhadap arus kas perusahaan. Untuk itu, aplikasi keuangan yang baik akan membuat manajemen faktur menjadi lebih sederhana dan dapat dengan mudah digunakan oleh berbagai macam lini bisnis.

Aplikasi akuntansi perusahaan memudahkan manajer keuangan dalam mengelola tagihan customer atau klien dengan melihat riwayat transaksi, karena semua dilakukan  secara sistematis di dalam sistem. Aplikasi keuangan yang baik juga menyediakan fungsi reminder untuk faktur yang belum dilunasi.

Fitur manajemen penagihan akan memudahkan para pengusaha dalam membuat, mengelola, serta mengirim faktur kepada customer. Selain faktur bisa dihasilkan secara online, dapat juga dicetak dan dilengkapi berbagai komponen dan dibuat dalam waktu yang cepat.

Depresiasi Aset

Setiap perusahaan pasti memiliki aktiva tetap yakni harta perusahaan yang umurnya lebih dari satu tahun. Untuk itu, jenis aktiva ini mudah menyusut seiring umur pemakaian. Aktiva tetap adalah aset berwujud yang sifatnya relatif lama dan digunakan oleh perusahaan dalam menghasilkan barang dan jasa. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi akuntansi yang canggih ini dilengkapi fitur depresiasi aset yang dapat menyusun aset secara akurat dan otomatis. Fitur depresiasi ini bisa dikatakan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dalam perhitungan di aplikasi ini, Anda bisa menyesuaikan dengan stAndar akuntansi dan pajak yang berlaku.

Rekonsiliasi Akun dan Laporan Bank

Rekonsiliasi merupakan hal yang penting untuk memastikan apakah data keuangan di perusahaan menghasilkan data yang akurat. Dengan bantuan aplikasi keuangan perusahaan ini, laporan bank bisa dihasilkan dengan mudah dan cepat.

Manajemen Laba/Rugi Nilai Tukar

Perusahaan yang biasa melakukan transaksi dengan vendor atau customer menggunakan mata uang asing biasanya akan kesulitan untuk melihat laporan yang dihasilkan dari setiap transaksi. Aplikasi akuntansi terbaik bisa membuat penghitungan laba rugi menjadi nilai tukar mata uang asing lebih mudah.

Aplikasi keuangan perusahaan di Indonesia sangat beragam jenisnya. Mulai dari paket stAndar, biasanya modul yang dipakai modul umum seperti Penjualan, Pembelian dan lain sebagainya. Selain paket stAndar juga tersedia paket custom yang dapat dimodifikasi sesuai permintaan pasar. Keuntungan paket customize adalah dapat dipakai semuanya tanpa ada yang tidak pernah digunakan sehingga pengguna lebih efektif dalam bekerja.

Salah satu aplikasi keuangan perusahaan yang murah dan cenderung banyak dipakai oleh perusahaan atau bisnis saat ini adalah Jurnal by Mekari yang saat ini sudah mengembangkan teknologinya berbasis Cloud.

Jurnal by Mekari merupakan program akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstAndar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. 

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.jurnal.id  dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

Berita Terkait