Gadget

7 Tips Membuat Manajemen Akuntansi & Keuangan Lebih Efisien dengan Program Akuntansi

Untuk mencegah terjadinya kekeliruan, maka diperlukan program akuntansi yang tepat.

Agung Pratnyawan

Program Akuntansi Jurnal by Mekari. (Mekari)
Program Akuntansi Jurnal by Mekari. (Mekari)

Hitekno.com - Dalam perusahaan apapun, manajemen akuntansi dan keuangan akan selalu memiliki pengaruh besar terhadap keuangan bisnis. Kesalahan-kesalahan dalam manajemen keuangan bisa menyebabkan banyak masalah yang berujung kerugian pada perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus sebisa mungkin mampu meminimalkan kesalahan dalam pengelolaan keuangannya. Ini dapat dicapai ketika manajemen akuntansi dan keuangan dapat bekerja secara efisien. Untuk mencegah terjadinya kekeliruan, maka diperlukan program akuntansi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang minim kesalahan.

1. Sediakan training untuk karyawan.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memastikan bahwa karyawan yang mengelola keuangan perusahaan benar-benar ahli dalam keuangan. Tim finance Anda harus bisa beradaptasi dengan prosedur internal dan juga sistem keuangan yang digunakan perusahaan. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengadakan pelatihan untuk mengoptimalkan kinerja agar staf keuangan Anda.

Ada berbagai jenis training yang bisa Anda berikan, misalnya melalui seminar di kantor, konferensi eksternal, one-on-one dengan pembicara dari luar atau dengan karyawan internal Anda. Lakukan juga cross-training juga diperlukan untuk menutupi kekosongan dalam departemen keuangan Anda, misalnya ketika staf keuangan Anda sedang sakit, cuti, atau berhenti bekerja secara mendadak. Jika hal ini terjadi, karyawan lain yang telah dilatih bisa beralih peran untuk mengelola keuangan perusahaan Anda dengan program akuntansi sementara waktu.

2. Buat kebijakan dan deadline.

Ketidakkonsistenan dalam manajemen keuangan bisa mengakibatkan pemborosan pada perusahaan Anda. Maka, sangat penting bagi perusahaan untuk membuat kebijakan dan tenggat waktu menyangkut pembayaran apapun. Pastikan staf keuangan Anda untuk memproses seluruh pembayaran, baik itu gaji karyawan, sewa gedung, maupun transaksi dengan vendor atau supplier secara tepat waktu sehingga Anda tidak memiliki utang.

Anda juga perlu memperhatikan piutang Anda, misalnya tagihan pelanggan atau klien Anda yang belum dibayar. Minta staf Anda untuk mengingatkan pelanggan atau klien Anda mengenai keterlambatan pembayaran. Anda juga boleh menetapkan denda atau bunga jika mereka tidak membayar tagihan secara tepat waktu. Penetapan kebijakan dan tenggat waktu ini akan membantu Anda memperlancar arus kas perusahaan. Selain itu, ini juga memudahkan Anda menghasilkan laporan keuangan yang lengkap setiap bulan pada waktu yang Anda harapkan.

Program Akuntansi Jurnal by Mekari. (Mekari)
Program Akuntansi Jurnal by Mekari. (Mekari)

3. Integrasikan manajemen akuntansi dengan manajemen lainnya.

Manajemen akuntansi tidak dapat berjalan sendiri dan mereka bergantung pada manajemen-manajemen lain untuk keperluan data keuangan. Meminta data karyawan satu per satu secara manual akan sangat memakan waktu. Untuk meningkatkan efisiensi, sebaiknya Anda mengizinkan seluruh manajemen di perusahaan Anda untuk menggunakan satu sistem yang bisa diakses bersama-sama, seperti menggunakan program akuntansi.

Cloud ERP bisa membantu perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh manajemennya sehingga ini memungkinkan staf keuangan Anda untuk mendapatkan data lengkap dari seluruh manajemen hanya dalam hitungan detik.

4. Proses Pembayaran Secara Bersamaan.

Memproses faktur dan kuitansi satu per satu sangatlah tidak efisien. Untuk menghemat waktu dan tenaga, pastikan staf keuangan Anda untuk menggabungkan seluruh faktur dan kwitansi kemudian memprosesnya secara bersamaan. Oleh karena itu, mintalah seluruh karyawan Anda untuk menyerahkan pengajuan pembayaran atau reimbursement di waktu yang telah ditetapkan sehingga staf keuangan dapat memproses semuanya pada waktu yang sama.

5. Kurangi Pekerjaan Manual.

Zaman sekarang, berbagai pekerjaan manual yang memakan waktu lama dan banyak tenaga seharusnya sudah ditinggalkan. Untuk meningkatkan efisiensi manajemen akuntansi dan keuangan di perusahaan Anda, gunakanlah sistem akuntansi dan program akuntansi yang berfungsi mengotomatiskan berbagai pekerjaan finansial yang kompleks.

Sistem ini memudahkan staf keuangan Anda dalam membuat laporan, menghitung laba dan rugi, membuat invoice, mencatat dan menyimpan data transaksi,  mengelola pajak karyawan dan perusahan, dan masih banyak lagi. Dengan mengotomatiskan banyak pekerjaan manual menggunakan program akuntansi, maka staf keuangan Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan-pekerjaan penting lainnya. Dengan kata lain, program akuntansi ini membantu mereka untuk bekerja lebih produktif.

6. Komunikasi dengan staf keuangan Anda.

Mengomunikasikan ekspektasi Anda terhadap divisi keuangan dan akuntansi Anda sejak awal akan memberikan staf keuangan Anda kejelasan mengenai apa yang mesti mereka kerjakan. Bicarakan mengenai kebijakan-kebijakan yang sejak awal telah ditetapkan oleh  perusahaan Anda sehingga mereka akan selalu patuh terhadapnya. Terima saran dan opini mereka demi kelancaran manajemen akuntansi dan keuangan perusahaan Anda, apalagi jika mereka benar-benar ahli dalam keuangan.

7. Tingkatkan efisiensi manajemen akuntansi dan keuangan dengan program akuntansi

Teknologi memang selalu memberikan kemudahan dalam hidup manusia. Di zaman yang semakin canggih seperti ini, perusahaan-perusahaan sudah banyak meninggalkan cara manual untuk mengerjakan laporan keuangan untuk mencatat manajemen akuntansi dan keuangan. Cara manual ini ditinggalkan karena dengan menggunakan program akuntansi pekerjaan menjadi lebih mudah, lebih cepat dan dijamin keamanannya.

Program akuntansi dapat digunakan oleh semua pengguna yang bisa mengoperasikan komputer serta memahami prosedur standar pembukuan. Dengan demikian, program akuntansi ini tidak hanya ditujukan pada pakar akuntansi atau orang yang ahli di bidang komputer saja.

Namun menemukan program akuntansi terbaik untuk bisnis Anda bukanlah hal yang mudah. Anda dapat melakukan langkah berikut sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang pada perangkat lunak tersebut:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda
  • Sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan
  • Cari review yang positif sebelum memutuskan untuk membeli
  • Lakukan uji coba gratis atau free trial
Program Akuntansi Jurnal by Mekari. (Mekari)
Program Akuntansi Jurnal by Mekari. (Mekari)

Mengelola Bisnis dengan Program Akuntansi Jurnal by Mekari

Setelah Anda mengetahui tips dan langkah-langkah untuk menemukan program akuntansi terbaik bagi bisnis Anda, kini saatnya menentukan software mana yang akan dipilih. Jurnal adalah salah satu program akuntansi terbaik dengan fitur yang lengkap dan keamanan data yang terjamin.

Jurnal dapat mencatat pengeluaran, stok barang, pendapatan, status transaksi, manajemen aset, bahkan menciptakan neraca keuangan dan membuatkan faktur untuk usaha Anda. Dengan program akuntansi yang dapat diakses dari berbagai perangkat, berbagai jenis usaha sudah mempercayakan Jurnal sebagai asisten akuntansi usaha mereka.

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, sistem akuntansi Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian dimana di dalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Berita Terkait