10 Aplikasi SDM Terbaik untuk Mengatur Pegawai

Berbagai aplikasi SDM sudah tersedia, mana yang paling sesuai untuk organisasi kamu?

Agung Pratnyawan
Rabu, 15 Desember 2021 | 10:12 WIB
aplikasi SDM Talenta by Mekari. (Mekari)

aplikasi SDM Talenta by Mekari. (Mekari)

Hitekno.com - Pengelolaan serta pengembangan sumber daya alam merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian dalam sebuah perusahaan. Pengelolaan serta pengembangan sumber daya alam yang baik sangat diperlukan untuk menciptakan suasana kerja yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Dengan demikian karyawan dapat menjadi lebih aktif dan produktif. Oleh karena itu, perusahaan selalu berupaya untuk membuat sistem kerja Human Resouces se-efisien dan efektif mungkin, salah satunya dengan menggunakan bantuan software.

Penggunaan software bagi divisi Human Resources Development dalam sebuah perusahaan sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi. Berbagai aplikasi SDM pun telah banyak dikembangkan dengan keunggulan masing-masing yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan Human Resources perusahaan. Berikut adalah berbagai aplikasi SDM terpercaya yang dapat memudahkan pekerjaan Human Resources perusahaan.

Talenta by Mekari

Baca Juga: Fungsi Invoice dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

Pertama adalah Talenta. Atlenta adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Mekari. Talenta dikenal memiliki fitur yang lengkap seperti, payroll, HRIS (Human Resources Information System), managemen waktu, serta Mekari Benefit. Setiap aplikasi tersebut tentunya memiliki fungsi masing-masing yang dapat membantu pekerjaan Human Resources.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Baca Juga: Manfaat Sistem Software Human Resource Management bagi Perusahaan dan UKM

Cara Menggunakan Aplikasi Talenta

aplikasi SDM Talenta by Mekari. (Mekari)
aplikasi SDM Talenta by Mekari. (Mekari)

Ada beberapa hal yang penting ketika menggunakan Talenta sebagai aplikasi. Cara menggunakannya tentu dengan memberikan semangat tersendiri. Nantinya, karyawan bisa mudah menggunakannya via HP atau Laptop.

Menggunakan Talenta bisa dengan cara mendownload terlebih dahulu bisa dengan PC atau laptop. Kemudian lakukan login dalam aplikasi dan bersiap untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi Talenta tersebut.

Baca Juga: Apa itu Aplikasi Simpeg, Jenis dan Manfaatnya?

Fitur yang ada di Talenta sangat memudahkan penggunanya, baik sebagai karyawan maupun perusahaan dalam memperlancar aktivitas perusahaan terkait absensi, gaji dan fitur lainnya. Hal ini akan memberikan dampak positif serta fleksibilitas dalam pengelolaan karyawan secara menyeluruh.

Selanjutnya jika aplikasi tentang Talenta sudah ada baik via HP atau PC tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja fitur request time off, fitur tersebut memudahkan karyawan untuk mengambil cuti. Buka aplikasi pilih request time off dan bisa tentukan jatah cuti misal sehari, setengah hari atau beberapa hari.

Sleekr

Baca Juga: Mekari Flex, Platform Digital Pengelola Benefit di Era Future of Work

Software kedua yang juga banyak digunakan perusahaan-perusahaan untuk menyelesaikan tugas human resources adalah Sleekr. Sama halnya dengan Talenta, Sleekr juga dikambangkan oleh Mekari. Perbedaan keduanya hanya terletak pada harga dan juga fitur yang disediakan. Berbeda dengan Talenta yang memiliki fitur yang beragam, fitur pada Sleekr cukup terbatas.

Oleh karena itu, aplikasi SDM Slekr lebih cocok untuk jenis perusahaan dengan jumlah karyawan yang tidak begitu banyak, yaitu perusahaan dengan karyawan di bawah 100. Kelebihan dari Sleekr adalah ia dilengkapi dengan ESS. ESS ini dapat dimanfaatkan oleh karyawan untuk melakukan absensi, cek slip gaji, pengajuan cuti secara mandiri. Dengan demikian HRD tidak perlu lagi merasa direpotkan karena hal ini.

Gadjian

Software seanjutnya adalah Gadjian. Linier dengan namanya, software gadjian berfungsi dalam mempermudah proses payroll. Software ini akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan perhitungan gaji beserta dengan insentif, lembur dan sebagainya. Selain itu, software ini dapat mempermudah pekerjaan human resources dalam melakukan pencarian data karyawan serta perhitungan pajak karyawan.

KaryaOne

Software terakhir yang dapat membantu kegiatan Human Resources Development adalah KaryaOne. KaryaOne memiliki kemampuan untuk membuat pekerjaan administrasi karyawan seperti, proses izin cuti, izin, pendataan, lembur, dan juga payroll menjadi lebih sederhana dan efisien. Software ini juga memfasilitasi demo gratis sampai dengan 10 karyawan.

KaryaOne memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan demo secara gratis hingga 10 karyawan. Anda juga bisa memilih paket aplikasi yang tersedia dengan masing-masing fiturnya.

OrangeHRM

Anda bisa memilih tiga produk utama dari OrangeHRM yang memiliki fitur masing-masing, yakni OrangeHRM Open Source, OrangeHRM Professional, ataupun OrangeHRM Enterprise.

Karena semua data terkumpul dengan menggunakan jaringan, website aplikasi ini memungkinkan Anda untuk “memantau” jalanya proses bekerja setiap perusahaan di manapun Anda berada. Anda bisa mengurus pengaturan absensi, training, rekrutmen, asuransi dan sebagainya.

Linov HR

Linov HR menjamin sistem payroll sudah dibuat untuk meminimalisasi eror dan kesalahan perhitungan. Layanan yang diberikan Linov HR juga termasuk persiapan dan pemeriksaan jumlah upah, kerja sama dengan bank, pajak, BPJS, dan lain sebagainya.

Weefer

Weefer menghadirkan berbagai fitur administrasi HR seperti pengurusan cuti, promosi pangkat, kontrak kerja, absensi, shift, dan sebagainya. Jika Anda ingin menguji coba ataupun meminta tim Weefer melakukan presentasi, Anda bisa mengajukan proposal terlebih dahulu.

BSC

BSC memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan mencari seluruh data karyawan yang terdaftar hanya di satu platform. Selain itu, setiap karyawan juga bisa mengajukan izin maupun cuti melalui form yang tersedia, untuk kemudian langsung diketahui atasan masing-masing.

Payroll Bozz

Payroll Bozz mengelola banyak tugas dalam bidang HR, mulai dari melihat dan memeriksa data absensi, payroll, sistem perizinan yang terintegrasi, pengelolaan pajak, hingga menggunakan tool untuk membuat laporan.

WebHR

Aplikasi SDM lainnya yang layak untuk dipertimbangkan yaitu WebHR. Aplikasi ini membantu menyediakan berbagai macam fitur yang mendukung pengelolaan sumber daya perusahaan secara optimal. Tidak hanya itu saja, namun WebHR juga sudah menggunakan sistem cloud, sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja tanpa batas.

Aplikasi ini tercatat telah digunakan lebih dari 25,000 perusahaan yang tersebar pada lebih dari 198 negara di dunia. Maka dari itu tidak mengherankan jika WebHR merupakan salah satu aplikasi SDM favorit untuk banyak perusahaan di dunia.

Melalui aplikasi ini, perusahaan dapat mengelola sistem kehadiran karyawan dengan lebih mudah, melihat performa kerja karyawan selama bergabung di perusahaan, dan mengumpulkan data pribadi karyawan hingga melakukan payroll secara otomatis. Dengan beberapa fitur andalan tersebut, tentunya membuat WebHR menjadi salah satu aplikasi SDM yang cukup lengkap dalam menunjang manajemen sumber daya perusahaan yang optimal.

Itulah 10 aplikasi SDM terpercaya yang dapat membantu aktivitas human resources perusahaan. Dalam memilih software human resources, ada baiknya Anda memperhatikan juga memperhatikan sistem keamanan serta inovasi dalam berbagai situasi, seperti halnya Talenta. Talenta memiliki sistem penyimpanan cloud yang akan mencegah Anda dari kehilangan data. Selain itu, Talenta juga memberikan beberapa inovasi pada aplikasinya untuk menyesuaikan situasi perusahaan, terutama saat pandemi seperti ini, dengan fitur health check survey.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak