Gadget

Apa itu Aplikasi Simpeg, Jenis dan Manfaatnya?

Ketahui apa itu aplikasi Simpeg?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Aplikasi Simpeg. (Mekari)
Ilustrasi Aplikasi Simpeg. (Mekari)

Hitekno.com - SDM adalah bagian paling krusial dalam tata kelola suatu perusahaan, di mana baik atau buruknya kinerja akan berpengaruh secara signifikan terhadap kemajuan bisnis. Bagaimanapun juga, sumber daya manusia bertugas untuk mengawal perusahaan meraih tujuannya, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Karena itu, perlu aplikasi simpeg untuk memastikan mutu SDM tetap terjaga.

Perlunya Perusahaan Memiliki Aplikasi Simpeg

Aplikasi simpeg akan membantu Anda memperoleh informasi mengenai kondisi karyawan dengan cara yang tepat serta akurat. Hal ini kemudian akan berimbas pada pembuatan laporan yang relatif lebih gampang untuk diselesaikan.

Di sini, siapa saja karyawan yang mendapatkan kenaikan gaji atau pangkat juga bisa dipetakan secara berkala. Anda pun akan terbantu dalam membuat rencana mutasi karyawan berdasarkan kompetensi dan pendidikan mereka.

Pada dasarnya, adanya sistem informasi dan manajemen kepegawaian yang terintegrasi akan membantu mewujudkan aksesibilitas data dengan akurat dalam durasi relatif singkat. Bahkan, untuk efek berkelanjutan juga bisa membantu meningkatkan produktivitas karyawan.

6 Jenis Aplikasi Simpeg yang Patut Dipertimbangkan

1. Talenta by Mekari

Mengatur informasi kepegawaian suatu perusahaan memang bukanlah perkara mudah karena itu Anda memerlukan aplikasi simpeg yang terpercaya untuk mempercepat laju perkembangan bisnis.

Talenta by Mekari hadir dalam rangka memenuhi kebutuhan Anda akan sistem manajemen kepegawaian yang terintegrasi dan dapat dilakukan secara daring tanpa batasan waktu, kapan saja dan di mana saja.

Sejak pertama kali didirikan hingga sekarang, Talenta by Mekari telah mengakomodir 3.000 lebih database perusahaan, lalu ada sekitar 200.000 karyawan yang melakukan absensi ataupun mengurus cuti, serta membantu distribusi payroll sejumlah 900 miliar lebih setiap bulannya.

Data-data di atas membuktikan bahwa kinerja perangkat lunak satu ini tak perlu Anda ragukan. Menyediakan sejumlah fitur paling bermanfaat seperti pengaturan absensi dan jam kerja secara daring sehingga lebih efektif, adanya fleksibilitas dalam menghitung payroll dan mentransfer gaji, hingga mampu memberikan sistem perhitungan benefit bagi karyawan dengan cara yang menyenangkan.

Tak kalah penting, software ini merupakan hasil karya anak bangsa sehingga menggunakannya sama artinya dengan mendukung kemajuan teknologi dalam negeri.

2. Sapling

Sapling adalah aplikasi simpeg yang paling cocok untuk perusahaan skala menengah ke atas dengan kantor yang terdistribusi secara global. Alat ini dapat mengotomatiskan alur kerja untuk orientasi, onboarding, serta menyajikan kemudahan aksesibilitas data karyawan di semua sistem yang ada.

Di sini, Anda dimungkinkan membangun alur kerja otomatis untuk rekrutmen serta orientasi. Penetapan tersebut bisa dilakukan berdasarkan pertimbangan status pekerjaan, lokasi, dan departemen.

Sapling juga menawarkan sistem terintegrasi dengan berbagai macam perangkat lunak lainnya, termasuk sistem pelacakan pelamar kerja, penggajian, pelacakan absensi, dan sebagainya. Untuk tarif berlangganan per bulan, Anda akan dikenai minimal US$6, yang juga dilengkapi demo gratis.

3. Uzio

Uzio menyajikan sistem informasi sumber daya manusia berbasis awan yang mudah dioperasikan dan tarifnya relatif terjangkau untuk skala usaha kecil dan menengah. Ini adalah perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat dan berkantor pusat di Reston, VA.

Fitur ekstensif seperti orientasi karyawan, alur kerja dan otomatisasi, manajemen waktu dan kehadiran, manajemen catatan karyawan, proses persetujuan sekali klik, dan sebagainya menjadikan uzio layak Anda pertimbangkan.

Tarif berlangganannya dipatok secara kompetitif yaitu US$4 per bulan per karyawan, yang mana dilengkapi dengan uji coba gratis selama 30 hari.

4. intelliHR

Ini adalah aplikasi simpeg yang sengaja didesain untuk perusahaan guna memusatkan keterlibatan karyawan, proses pengelolaan SDM inti, manajemen kinerja, dan analisis data. Di sini, Anda akan menemukan beragam fitur yang akan membantu SDM secara umum dan manajer untuk saling menyelaraskan, mengelola, dan mengatur strategi demi ekspansi bisnis yang lebih luas.

Fitur analitik milik intelliHR memungkinkan perusahaan untuk memperoleh pandangan langsung tentang kebahagiaan, keterlibatan, dan kesejahteraan karyawan mereka melalui berbagai dasbor interaktif yang mudah dipakai.

Tak hanya itu, aplikasi satu ini juga bisa mengumpulkan wawasan tentang investasi pelatihan, pengurangan kinerja, sentimen tim, hingga kepuasan karyawan. Manajer dapat menggunakan fitur analitik untuk mengikuti perkembangan tim mereka lewat tools sejenis umpan balik, sasaran, dan check-in reguler.

Jika ingin menggunakannya, Anda setidaknya perlu menyiapkan budget senilai US$3,90 per karyawan per bulan. Tarif ini sudah termasuk kesempatan untuk uji coba gratis kurang lebih selama 30 hari.

5. Eddy

Eddy adalah aplikasi simpeg all in one yang sengaja dikembangkan untuk membantu perusahaan merampingkan proses SDM bernuansa membosankan guna meningkatkan pengalaman dan kepuasan kerja karyawan.

Software ini dibuat sejak tahun 2017 oleh mantan pemain bola basket profesional yang beralih profesi menjadi pengusaha, Travis Hansen. Hingga kini, Eddy telah berkembang pesat karena produknya sederhana namun amat berguna, serta layanan pelanggannya memiliki peringkat tinggi.

Melalui Eddy, Anda bisa merekrut, bergabung, mengelola, dan membayar karyawan hanya dengan satu perangkat lunak yang gampang dioperasikan. Fitur utamanya antara lain manajemen publikasi lowongan pekerjaan, pelacakan kandidat yang masuk dalam database, dan sistem pelacakan pelamar berbasis ATS.

Selain itu, adanya fitur sistem orientasi memungkinkan manajer SDM membuat paket orientasi khusus, menetapkan tugas, dan mengumpulkan tanda tangan digital dengan mudah. Di sini, pengguna dimungkinkan mengakses direktori perusahaan dan mengamankan file penting mereka, catatan riwayat performa, hingga pelatihan dan sertifikasi lewat laman profil karyawan.

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat kebijakan PTO khusus dan menyetujui atau menolak permintaan resign, memanfaatkan alat pelacak waktu, sekaligus memungkinkan karyawan untuk masuk dan keluar dengan mudah, serta dan menavigasi proses payroll secara efektif. Tarif berlangganan Eddy mulai dari US$8 per karyawan per bulan, serta uji coba demo gratis.

6. HRM Labs

Dibangun sejak tahun 2015, HRM Labs mampu menyesuaikan solusinya dengan negara dan industri tempat karyawan berada. Misalnya, membantu perusahaan memberikan slip gaji dengan item pembayaran yang dapat dikonfigurasi menjadi informasi karyawan untuk menunjukkan pengecualian serupa tunjangan, pengurangan, pajak, serta penggantian.

Software ini amat intuitif dan mudah dioperasikan, ditambah lagi mempunyai tim layanan pelanggan yang responsif di mana tersedia dalam bentuk email maupun telepon. Tak heran, HRM Labs memperoleh nilai positif di mata kliennya.

Hanya saja, salah satu kelemahan alat ini adalah tidak banyak melakukan promosi secara online, termasuk kurangnya visualisasi produk, informasi mengenai harga, dan ketiadaan kesempatan uji coba atau demo.

Hal itu tentu akan membuat Anda untuk melakukan eksplorasi sepenuhnya sebelum memutuskan benar-benar berlangganan atau tidak. Namun intinya, HRM Labs menawarkan harga khusus berdasarkan permintaan.

Walau tersedia banyak aplikasi simpeg, tetapi pilihan paling tepat untuk pelaku usaha yang berpusat di Indonesia adalah Talenta by Mekari, karena telah didesain sesuai aturan dan kebijakan di Indonesia sehingga Anda tak perlu beradaptasi dari awal lagi.

Berita Terkait