Manfaat Sistem Software Human Resource Management bagi Perusahaan dan UKM

HR system yang kompeten idealnya harus memiliki hal ini.

Agung Pratnyawan
Senin, 25 Oktober 2021 | 10:25 WIB
Talenta HR system. (Mekari)

Talenta HR system. (Mekari)

Hitekno.com - Manusia adalah sumber yang paling berharga di semua perusahaan. Baik itu sektor TI, Perbankan, Ritel, atau Asuransi, sumber daya manusia atau human resource merupakan sumber yang paling penting dalam proses kerja perusahaan.

Meskipun komputer telah mampu menyederhanakan proses kerja sebagian besar sektor, tenaga manusia tetap saja diperlukan, bahkan di industri yang berorientasi mesin seperti manufaktur dan produksi. Solusi sistem Software Human Resource Management  (HRM) dapat membantu departemen HR mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia yang berharga secara efektif dalam sebuah perusahaan.

Internet telah menyediakan platform bagi para kandidat yang terampil untuk menemukan peluang yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan agar karyawan mereka yang berpengalaman dan berharga merasa bahagia sehingga mereka termotivasi untuk bekerja demi perkembangan diri dan perusahaan.

Baca Juga: Halodoc Masuk Daftar 100 Perusahaan Teknologi Kesehatan Top Dunia

Bagian HR mencoba untuk mencapai hal ini dengan penilaian kinerja berkala dan memberikan pelatihan agar karyawan dapat terus menyerap teknologi baru yang relevan dengan perusahaan. Hal ini akan menciptakan nilai lebih untuk karyawan dalam hal tunjangan dan juga keterampilan mereka.

Dengan menggunakan sistem penggajian, perusahaan dapat melacak rincian gaji karyawan, melakukan pencairan gaji secara tepat waktu, dan membayar pajak secara berkala. Jika HR system terintegrasi dengan Sistem Akuntansi, maka prosesnya akan lebih sederhana. Perangkat lunak HRM juga dapat menangani tanggung jawab HR yang mencakup rekrutmen, induksi, pelatihan, penilaian kinerja berkala, promosi, pemindahan, dan pemeliharaan karyawan.

Sistem penggajian konvensional tidak sanggup membantu mengatasi masalah-masalah departemen HR tersebut. HR Information System (HRIS) atau HR Management System (HRMS) merupakan anugerah bagi departemen HR, karena HR system ini bisa menangani seluruh tanggung jawab manajer HR.

Baca Juga: Telkomsel Rilis IoT Envion, Solusi Berbasis AI Optimasi Energi Perusahaan

Bagaimana Sistem software HRM Dapat Membantu Departemen HR?

Perangkat lunak HRM menyimpan data karyawan termasuk keterampilan karyawan, detail penilaian, keterampilan tambahan atau pengalaman karyawan, pelatihan yang diberikan oleh perusahaan, dan lain-lain yang berguna bagi manajer HR selama perekrutan, pemindahan, dan penilaian.

Bila akan ada kekosongan dalam organisasi, manajer HR secara langsung dapat memeriksa data karyawan dan mencari pengganti karyawan yang kosong tersebut. Dengan cara ini, perusahaan dapat menghemat biaya pada proses rekrutmen dan pada saat bersamaan, karyawan juga akan merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan yang terus memotivasi mereka.

Baca Juga: Hadapi Ancaman Ransomware, Microsoft Akusisi Perusahaan Keamanan Siber

Sistem software HRM yang efisien akan selalu memberikan notifikasi mengenai apapun, termasuk hari-hari spesial dari masing-masing karyawan. Sistem ini akan mencatat tanggal lahir setiap karyawan sehingga HR dapat merencanakan perayaan ulang tahun bagi karyawan yang bersangkutan semenjak jauh hari. Semua dokumen yang terkait dengan karyawan selalu tersedia untuk HR hanya dalams sekali klik.

Jika software HR system terhubung dengan daftar kehadiran dan catatan kerja karyawan, manajer HR dapat dengan mudah memeriksa karyawan yang mengerjakan proyek pada waktu tertentu dan juga bisa memberikan pekerjaan kepada karyawan yang belum mengerjakan apapun. Data yang sama kemudian dapat dikonsolidasikan dan dicek untuk dibuat perencanaan kerja. Hal ini mempermudah HR untuk memantau setiap karyawan terhadap pekerjaan yang ditugaskan dan waktu penyelesaian sehingga tindakan korektif dapat diambil kapanpun diperlukan.

Modul-Modul yang Harus Ada dalam Software HRM

Baca Juga: Mekari Flex, Platform Digital Pengelola Benefit di Era Future of Work

Sistem perangkat lunak HR yang kompeten idealnya harus memiliki:

  • Rincian data karyawan
  • Deskripsi tugas setiap karyawan
  • Database kemampuan
  • Daftar kehadiran
  • Perencanaan
  • Catatan pekerjaan sehari-hari
  • Daftar gaji
  • dan harus dikaitkan dengan modul Akuntansi dan operasi organisasi

Siapa yang Bisa Mendapatkan Keuntungan dari Sistem Software HRM?

Sistem Software HRM akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki minimal 100 karyawan. Melakukan input data setiap karyawan tentunya sangat memakan waktu dan pastinya hal ini bisa mengganggu pekerjaan departemen HR yang lainnya.

Setiap karyawan juga seharusnya tidak perlu kebingungan atau kerepotan dalam mencari informasi mengenai gaji, progress yang mereka lakukan, kalender kantor, daftar kehadiran, dan data kolega mereka sendiri sehingga mereka dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka masing-masing yang lebih penting. Software HRM secara berkala dapat meninjau data dan membuat pengaturan yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi kerja karyawan dan keseluruhan departemen demi kemajuan perusahaan.

Lalu, Apakah Software HRM dapat Bermanfaat bagi Usaha Kecil Menengah (UKM)?

Software HR system tidak dapat memberikan banyak manfaat bagi UKM, sebab biaya penerapannya akan sangat mahal, apalagi hanya untuk mengurus sumber daya manusia yang jumlahnya kemungkinan juga sedikit.

Akan tetapi, UKM tetap dapat menikmati ERP berbasis Cloud dengan memanfaatkan SaaS, IaaS, atau PaaS sebagai pengganti untuk solusi perangkat lunak HRM. Jadi, implementasi ERP berbasis Cloud merupakan solusi terbaik bagi UKM,  karena mereka tidak perlu berinvestasi untuk infrastruktur, implementasi, atau platform-nya. UKM hanya perlu berlangganan melalui penyedia solusi ERP berbasis Cloud yang cocok dengan bisnis mereka.

Aplikasi HR System Talenta by Mekari, Solusi Mengatur Karyawan

Software HRIS Talenta by Mekari memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.

Lewat aplikasi mobile, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, terdapat juga fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis. Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta by Mekari dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di websitenya. Yuk, coba sekarang!

Berita Terkait
TERKINI

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB

Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....

internet | 15:57 WIB

Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....

internet | 22:01 WIB

Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....

internet | 22:43 WIB
Tampilkan lebih banyak