Gadget

Apa itu Aplikasi Penjualan, Manfaat dan Tips Memilihnya

Aplikasi Penjualan merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pencatatan dan pengelolaan data penjualan.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Penjualan Jurnal by Mekari. (Mekari)
Aplikasi Penjualan Jurnal by Mekari. (Mekari)

Hitekno.com - Saat ini pebisnis sudah mulai menggunakan aplikasi penjualan untuk membantu mengelola transaksi bisnis. Banyak dari pebisnis yang mencari aplikasi kasir, aplikasi POS dengan versi yang gratis maupun berbayar. Kebutuhan untuk meningkatkan akurasi penjualan dan juga pengelolaan data transaksi yang terjadi memerlukan aplikasi penjualan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sebelum menggunakan aplikasi penjualan lebih baik Anda perhatikan dulu tips memilih aplikasi penjualan terbaik untuk Bisnis Anda agar anda tidak merasa dirugikan setelah menggunakan aplikasi.

Apa Itu Aplikasi Penjualan?

Aplikasi Penjualan merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pencatatan dan pengelolaan data penjualan. Biasanya aplikasi penjualan dapat dioperasikan di laptop, PC bahkan untuk aplikasi POS nya dapat dioperasikan di smartphone.

Tipe bisnis yang membutuhkan aplikasi ini

Bisnis yang membutuhkan aplikasi penjualan seperti toko retail,minimarket, kedai, atau bisnis lainnya yang perlu aplikasi kasir khususnya yang dapat mencatat dan mengelola transaksi yang ada di dalam bisnisnya.

Pemilihan aplikasi bukan hanya untuk mengikuti tren tetapi untuk membantu proses bisnis Anda agar lebih efektif dan juga efisien. Lalu, bagaimana memilih aplikasi penjualan yang terbaik?

Aplikasi Penjualan Jurnal by Mekari. (Mekari)
Aplikasi Penjualan Jurnal by Mekari. (Mekari)

Tips Memilih Aplikasi Penjualan Terbaik

Sudah banyak aplikasi yang dipasarkan secara gratis, jika Anda mencari di mesin pencarian akan banyak yang menawarkan aplikasi penjualan gratis tetapi ada juga yang memasarkan aplikasi berbayar. Jika dilihat dari segi fitur aplikasi penjualan gratis memang menggiurkan tetapi fitur yang didapatkan tidak selengkap aplikasi penjualan yang berbayar. Jadi harus dipikirkan secara matang ya. Berikut beberapa tips memilih aplikasi penjualan terbaik :

Riset Aplikasi

Pertama yang harus kamu perhatikan adalah program yang seperti apa yang Anda inginkan jadi Anda perlu melakukan riset terhadap aplikasinya.

Jika ada versi trialnya atau demo aplikasi penjualannya kamu bisa mencobanya lebih dulu dari setiap fitur aplikasi yang ada selain aplikasinya Anda perlu riset perusahaan yang menyediakan aplikasi tersebut. Semakin kredibilitas suatu perusahaan maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan klien.

Fitur aplikasi yang dibutuhkan

Selanjutnya fitur aplikasi yang diberikan apakah sudah sesuai kebutuhan atau belum. Percuma jika aplikasi yang dipakai tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis laporan yang akan dihasilkan juga tidak maksimal. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan custom fitur sesuai dengan kebutuhan salah satunya Binokasih Global Teknologi dimana klien dapat meminta custom fitur di aplikasinya.

Aplikasi Sesuai Budget

Anda perlu perhatikan juga budget yang akan dikeluarkan untuk aplikasi penjualan. Umumnya aplikasi penjualan ditawarkan dengan harga nya terjangkau dan sesuai dengan apa yang dijual.

Usefull

Carilah aplikasi yang mudah untuk digunakan, aplikasi dapat dikatakan baik jika aplikasi tersebut mudah digunakan sekalipun oleh orang yang awam dengan fitur dan navigasi yang mudah untuk dikenali.

Penyedia Aplikasi Yang Mudah Dihubungi

Seperti yang dikatakan di awal Anda perlu mencari tahu perusahaan penyedia aplikasi yang mudah untuk dihubungi karena Anda menggunakan aplikasi yang terkadang akan mengalami kendala dan penyedia dapat dengan mudah dimintai bantuan.

Rekomendasi Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis

Di era digital saat ini, para pelanggan dan masyarakat umumnya ingin serba cepat dan praktis. Tidak terkecuali, dalam hal berbelanja. Para pelaku bisnis perlu mempertimbangkan software akuntansi yang ideal untuk memenuhi tuntutan kemajuan teknologi. Mari simak artikel berikut.

Kenapa sih software akuntansi itu penting bagi bisnis anda? Bayangkan, ketika toko atau tempat usaha anda masih mengandalkan pencatatan transaksi secara manual berbasis spreadsheet atau Excel. Tidak hanya membutuhkan banyak waktu dan tenaga, bisnis anda juga kemungkinan menghadapi risiko kesalahan manual yang berdampak fatal atau kerugian finansial. Maka itu, software akuntansi yang canggih mutlak dibutuhkan mengingat, beberapa permasalahan berikut:

  • Pengeluaran yang tidak terkontrol
  • Memakan banyak waktu untuk membuat laporan
  • Sulit dalam perhitungan keuntungan atau kerugian
  • Perhitungan data yang tidak akurat.

Kelebihan Fitur Accounting Jurnal, Solusi Pencatatan Transaksi & Keuangan

Kini Jurnal siap membantu permasalahan anda tersebut. Jurnal merupakan aplikasi POS yang memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dengan harga yang terjangkau. Aplikasi akuntansi dan POS ini berbasis cloud sehingga cocok digunakan oleh toko retail, café dan restoran.

Salah satu fitur Jurnal yang sudah banyak peminatnya adalah fitur akunting. Anda dapat mengontrol segala bentuk pencatatan transaksi atau laporan keuangan dengan lengkap, terjamin aman dan mudah dilihat secara real time. Mari simak keunggulan fitur akunting Jurnal berikut, yuk!

1. Dashboard Sederhana

Tanpa pencatatan yang berbelit dan rumit, fitur akunting Jurnal menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemula. Catatan informasi usaha Anda tersimpan di dalam aplikasi Jurnal dengan periode waktu yang digunakan adalah hitungan hari, bulan, dan tahun tersedia dalam bentuk laporan keuangan yang mudah dibaca dan real-time. Sehingga, membuat laporan akhir keuangan dengan aplikasi akunting Jurnal akan semakin mudah hanya beberapa klik saja.

2. Real-time

Sistem POS seperti Jurnal by Mekari mampu memberi Anda data real-time sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang cepat dan cerdas untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan. Semua data transaksi yang ada akan tersimpan dan terus terupdate secara real-time setiap harinya.

3. Tanpa Instalasi terpisah atau tanpa memakai aplikasi pihak ketiga

Fitur akunting Jurnal terhubung langsung dengan Back Office. Sehingga tidak perlu install aplikasi secara terpisah. Bekerja dengan internal divisi finance, accounting maupun departemen lain di perusahaan menjadi lebih mudah dan praktis, karena sistem yang terintegrasi.

4. Keamanan setara bank

Dengan background perusahaan yang berfokus pada bisnis perbankan, Jurnal memilih menggunakan sistem penyimpanan Cloud dengan sistem keamanan yang setara dengan bank. Setiap pencatatan transaksi dan detail laporan dapat disajikan secara lebih aman dan kredibel.

Sederhananya, dapat dikatakan bahwa sistem POS membuat bisnis Anda lebih berfokus pada biaya, memberi Anda wawasan yang lebih luas tentang pendapatan, membuat Anda menghemat waktu, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan data yang direkam sebelumnya untuk menciptakan tujuan ekonomi.

Manajemen akuntansi dari Jurnal terintegrasi dengan aplikasi POS secara langsung. Jadi tunggu apalagi, ayo berlangganan Jurnal sekarang juga! Coba GRATIS 14 hari Jurnal Apps.

Berita Terkait