Internet

Aplikasi Invoice Berbasis Web: Solusi Membuat Invoicing Jadi Lebih Mudah

Aplikasi invoice berbasis web menawarkan kemudahan dalam membuat Invoicing.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Invoice Berbasis Web. (Jurnal)
Aplikasi Invoice Berbasis Web. (Jurnal)

Hitekno.com - Dalam aplikasi invoice yang menggunakan basis web, umumnya terdapat fitur-fitur pendukung yang membantu optimalisasi aplikasi tersebut. Sehingga tidak heran jika banyak perusahaan yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini.

Fitur-fitur pada Aplikasi untuk Invoicing

Biasanya pada sebagian besar aplikasi untuk invoicing dengan basis web akan memiliki fitur-fitur berikut di bawah ini.

1. Invoice Template

Tentu saja hal yang paling mungkin ditemukan pada kebanyakan aplikasi invoice yaitu fitur invoice template. Berkat adanya fitur ini maka perusahaan dapat membuat invoicing sesuai kebutuhan masing-masing dengan berbagai macam template yang bisa disesuaikan.

Sehingga tidak perlu mengeluarkan lebih banyak waktu dalam membuat template invoice yang berbeda-beda.

2. Sistem Pengiriman Invoice Otomatis

Aplikasi invoicing berbasis web juga memiliki sistem pengiriman invoice yang otomatis pada pelanggan. Bahkan hal ini bisa juga diatur sesuai waktu yang diinginkan perusahaan atau sesuai kebutuhan tiap pebisnis.

Tidak perlu mengingat secara manual, maka aplikasi akan memberikan sistem yang dapat memudahkan hal ini terjadi dengan otomatis begitu saja.

3. Notifikasi Pembayaran

Fitur lain yang umumnya juga disematkan yaitu notifikasi saat terjadi pembayaran dari pelanggan yang menerima invoice. Sehingga secara tidak langsung hal ini membantu untuk menutup tagihan invoice yang dikirimkan. Bahkan beberapa aplikasi juga memiliki sistem yang terintegrasi dengan bank untuk kemudahan melakukan pengecekan pembayaran.

4. Proses Pelaporan

Umumnya aplikasi invoicing juga dilengkapi dengan sistem pelaporan terpadu untuk membantu laporan keuangan perusahaan. Sehingga tidak perlu melakukan hal ini secara manual. Semua telah terintegrasi dengan baik dan otomatis muncul dalam laporan keuangan mengenai status invoice maupun pembayaran terkait yang telah dilakukan.

Apa Saja Tujuan Pembuatan Invoice?

Aplikasi Invoice Berbasis Web. (Jurnal)
Aplikasi Invoice Berbasis Web. (Jurnal)

Kemampuan membuat invoice yang baik dan benar sangat penting bagi kredibilitas perusahaan Anda. Pembuatan invoice ini tentunya memiliki tujuan yaitu sebagai kwitansi bagi pembeli dan sebagai dokumen akuntansi perusahaan.

Sampai saat ini, belum ada hal lain yang bisa menggantikan efektifitas invoice dalam penerapannya di perusahaan. Jadi, apa saja tujuan dari pembuatan invoice ini?

1. Bukti Pembayaran atau Kuitansi untuk pelanggan

Invoice bagi pelanggan bertujuan sebagai kuitansi. Invoice yang diberikan pada pelanggan berfungsi sebagai dokumen instruksional yang membantu pembayaran atas pembelian barang atau penggunaan jasa yang telah dilakukan sebelumnya. Umumnya, invoice dibuat ketika tagihan cukup besar sehingga kwitansi sangat dibutuhkan.

2. Dokumen akuntansi perusahaan

Bagi perusahaan tujuan pembuatan invoice tentu untuk jejak akuntansi. Hal ini cukup penting mengingat sebuah perusahaan yang kredibel semestinya menyimpan berbagai arsip keuangan dengan rinci sehingga jika suatu saat dibutuhkan bisa ditemukan dengan mudah.

Aplikasi Invoice Berbasis Web. (Jurnal)
Aplikasi Invoice Berbasis Web. (Jurnal)

Manfaat Invoice

Setelah tujuan, Anda juga harus tahu apa saja manfaat dari invoice. Berikut adalah beberapa manfaat dari invoice:

1. Memberikan visibilitas bagi perusahaan terkait pengeluaran

Invoice adalah dokumen penting yang biasanya dibutuhkan oleh setiap perusahaan saat melakukan transaksi, terutama untuk pembelian dalam jumlah besar.

Invoice berisi rincian pembelian dengan detail dan tepat sehingga pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan dapat diketahui secara transparan.

2. Mengelola pembayaran

Invoice juga berfungsi untuk melacak pembayaran secara formal karena menunjukkan berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan dan tagihan apa saja yang belum dilunasi oleh perusahaan Anda.

3. Menagih pembayaran atas barang atau jasa

Invoice adalah dokumen yang sah untuk menagih pembayaran kepada pembeli. Sejumlah perusahaan biasanya tidak mau mengeluarkan uang jika ditagih melalui e-mail atau telepon saja.

Oleh karena itu, keberadaan invoice ini sangat membantu karena berisi informasi yang rinci mengenai pembayaran yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan.

Contoh rincian invoice:

  • Tanggal invoice
  • Nama dan alamat penjual
  • Nama dan alamat pembeli
  • Nomor invoice
  • Nomor purchase order, jika PO (purchase order) dikeluarkan
  • Rincian dan jumlah barang dan jasa yang diberikan
  • Harga yang disepakati
  • Diskon dan pajak
  • Jumlah total yang harus dibayarkan
  • Syarat dan ketentuan transaksi (opsional)
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran

Rekomendasi Aplikasi Invoicing Online Terbaik di Indonesia

Melihat penjelasan tadi tentu saja menarik untuk memutuskan penggunaan aplikasi invoice dengan basis web tersebut. Pertanyaan selanjutnya bisa jadi mana aplikasi yang tepat untuk dipilih. Apalagi cukup banyak aplikasi yang kini beredar di pasaran, namun sedikit informasi yang bisa diterima untuk mengambil keputusan.

Nah, tidak perlu khawatir, jika ingin menggunakan aplikasi invoice online Indonesia berbasis web yang terbaik untuk perusahaan Anda percayakan pada Jurnal by Mekari. Mengapa Jurnal?

Jurnal by Mekari merupakan salah satu pioneer yang mengembangkan aplikasi berbasis web untuk membantu perusahaan.

Termasuk salah satunya dalam hal invoicing, untuk memberikan pengalaman proses invoice yang lebih mudah dan lebih cepat dalam bisnis. Berangkat dari tujuan tersebut, Jurnal by Mekari menyematkan berbagai macam fitur menarik pada aplikasi invoicing yang dibesutnya ini.

Beberapa manfaat yang bisa ditemukan saat menggunakan aplikasi invoice dari Jurnal by Mekari yaitu seperti berikut ini.

  • Perusahaan dapat mengirimkan invoice dengan cepat melalui template yang tersedia pada aplikasi tersebut. Sehingga tidak perlu membuat invoice dari nol untuk kemudahan serta kecepatan dalam membuat invoice untuk pelanggan.
  • Pengiriman invoice juga dapat dilakukan secara otomatis. Berkat fitur online invoice Jurnal by Mekari, maka cukup satu klik saja untuk mengirim invoice sekaligus menerima pembayaran dan melakukan pengecekan.
  • Adanya sistem notifikasi pada pembayaran yang terlambat dapat membantu perusahaan secara otomatis melihat mana invoice yang belum terbayarkan.
  • Memudahkan pembuatan invoice yang berulang serta juga terjadwal secara otomatis. Sehingga menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan hal tersebut. Tim keuangan perusahaan akan bekerja jauh lebih efektif dan efisien.
  • Jurnal by Mekari juga mendukung penggabungan beberapa invoice sekaligus dalam langkah yang cepat dan praktis. Sehingga dapat memudahkan penagihan pada pelanggan yang melakukan beberapa transaksi.

Demikian sedikit penjelasan mengenai aplikasi invoice berbasis web. Mulai dari pengertian tentang aplikasi tersebut, lalu termasuk manfaat serta kelebihan yang dibawanya. Tidak ketinggalan juga fitur-fitur yang umumnya diberikan oleh kebanyakan aplikasi tersebut di Indonesia.

Sehingga dengan melihat penjelasan tersebut, tentu para pelaku bisnis dan usaha di Indonesia akan lebih mudah menetapkan pilihan pada aplikasi yang paling tepat. Berkat penggunaan teknologi yang satu ini, tentu saja akan membantu sistem invoicing perusahaan jauh terasa lebih mudah dan lebih efektif.

Berita Terkait