Trafik Data Indosat Naik 25 Persen di Puncak Lebaran 2023, Pemakaian Medsos Meningkat

Dalam periode libur Lebaran tahun ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45 persen.

Rezza Dwi Rachmanta

Posted: Rabu, 26 April 2023 | 20:14 WIB
Ilustrasi logo Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Perusahaan menargetkan integrasi atau gabungan jaringan Indosat dan Tri akan selesai pada kuartal satu (Q1) 2023. [Suara.com/ Dicky Prastya]

Ilustrasi logo Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Perusahaan menargetkan integrasi atau gabungan jaringan Indosat dan Tri akan selesai pada kuartal satu (Q1) 2023. [Suara.com/ Dicky Prastya]

Hitekno.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) mengungkap bahwa mereka mengalami kenaikan trafik data signifikan pada puncak Lebaran 2023. Pemakaian aplikasi media sosial (medsos) menggunakan data Indosat turut mengalami peningkatan.

Data yang diunggah oleh perusahaan menampilkan bahwa banyak pengguna mengakses media sosial serta melakukan aktivitas video call.

Indosat mengklaim bahwa jaringan mereka telah 100 persen terintegrasi pada 46 ribu sites di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa Semua Operator, Telkomsel, Indosat, XL hingga Smartfren

Peningkatan trafik data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25 persen dibanding Lebaran tahun sebelumnya.

Indosat telah meningkatkan kapasitas, pengawasan intensif melalui command center fisik di kantor pusat dan regional, serta dukungan pelayanan pelanggan yang prima.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha dan Chief ology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung saat melakukan pemantauan kapasitas jaringan dan trafik pelanggan menjelang lebaran di Indosat Command Center beberapa waktu lalu. [Indosat Ooredoo Hutchison]
President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha dan Chief ology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung saat melakukan pemantauan kapasitas jaringan dan trafik pelanggan menjelang lebaran di Indosat Command Center beberapa waktu lalu. [Indosat Ooredoo Hutchison]

Sebagai tambahan, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi.

Baca Juga: Dorong Produktivitas Pengguna, Indosat Resmi Jalin Kerja Sama dengan Nokia

SVP - Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio, mengklaim bahwa tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet lebih cepat.

Dalam periode libur Lebaran tahun ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45 persen, messaging dan video call naik 28 persen, mobile gaming naik 14 persen, serta streaming video dan musik naik 10 persen dibandingkan dengan lebaran tahun lalu.

Tercatat pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya, termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.

Baca Juga: Bersama Huawei, Indosat Kembangkan Inovasi untuk Transformasi Digital Indonesia

Indosat turut mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15 persen di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini.

Lonjakan trafik data yang signifikan terjadi di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban.

Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.

Pengguna aktif aplikasi self-service bima+ dan myIM3 di sepanjang bulan Ramadan tahun ini juga naik dibanding bulan sebelumnya, dan terus tinggi di masa libur Lebaran.

Dengan jaringan Indosat yang 100 persen terintegrasi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan yang menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka," tutup Agus dalam keterangan resminya, Selasa (25/4/2023). (Suara.com/ Dythia Novianty)

Berita Terkait
Berita Terkini

Asia Tenggara Menunjukkan Kesadaran Keamanan Email Lebih Tinggi Dibanding Kawasan Berkembang Lainnya...

internet | 13:27 WIB

NVIDIA bekerja sama dengan Komputer Medan menggandeng tiga perguruan tinggi terkemuka di Kota Medan....

internet | 13:58 WIB

Melalui RUPS, Arkadia Digital Media melaporkan peningkatan pendapatan hingga 40 persen selama 2023....

internet | 11:18 WIB

pentingnya memahami tentang bahaya yang mengancam pusat data dan bagaimana penanggulangannya....

internet | 11:34 WIB

Ingin mencoba trading kripto? Berikut adalah 5 opsi crypto wallet yang layak dicoba....

internet | 16:37 WIB