Profil Parag Agrawal, Pengganti Jack Dorsey Sebagai CEO Twitter Baru

Siapa sebenarnya Parag Agrawal ini?

Agung Pratnyawan
Selasa, 30 November 2021 | 13:11 WIB
Parag Agrawal (kanan) menggantikan Jack Dorsey sebagai CEO Twitter. (Twitter/ paraga)

Parag Agrawal (kanan) menggantikan Jack Dorsey sebagai CEO Twitter. (Twitter/ paraga)

Hitekno.com - Jack Dorsey telah mengumumkan mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Twitter pada Senin malam kemarin. Posisinya bakal digantikan oleh Parag Agrawal yang sebelumnya menjabat sebagai Chief ology Officer (CTO) Twitter.

Parag Agrawal sendiri bukan orang baru di Twitter. Pria asal India ini telah bekerja lebih dari satu dekade di perusahaan media sosial berlogo burung biru tersebut.

Latar belakang pendidikan Agrawal dimulai saat ia menerima gelar sarjana ilmu komputer dan teknik dari Indian Institute of ology, Bombay. Ia melanjutkan pendidikannya dengan mendapat gelar PhD di bidang filsafat dan ilmu komputer, Stanford University, pada 2005-2012.

Baca Juga: Tunjuk CEO Baru, Jack Dorsey Mundur dari Twitter

Dikutip dari akun LinkedIn, Parag Agrawal sudah mulai bekerja di perusahaan teknologi besar seperti Microsoft selama empat bulan. Kemudian ia melanjutkan ke divisi penelitian di Yahoo dan AT&T.

Barulah pada 2011 Agrawal memulai karirnya di Twitter, beberapa bulan setelah Dorsey ditunjuk kembali jadi CEO Twitter. Dorsey sempat dicopot dari posisi teratas pada 2008.

Parag Agrawal (kanan) menggantikan Jack Dorsey sebagai CEO Twitter. (Twitter/ paraga)
Parag Agrawal (kanan) menggantikan Jack Dorsey sebagai CEO Twitter. (Twitter/ paraga)

Saat memulai karir di Twitter, Agrawal mengerjakan sebuah proyek terkait peningkatan relevansi tweet pengguna pada timeline dan pertumbuhan audiens di platform.

Baca Juga: Bos MS Glow Main Twitter, Netizen: Nggak Cocok, Terlalu Kaya

Dari sana, ia mendapatkan gelar "distinguished engineer" dari Forbes karena kinerjanya pada pertumbuhan audiens Twitter. Parag Agrawal kemudian diangkat sebagai CTO Twitter pada 2018, tujuh tahun setelah berdedikasi di Twitter.

Selama menjabat CTO, Agrawal fokus pada penerapan skala machine learning dan pendekatan kecerdasan buatan (AI). Ia menerapkannya untuk mendeteksi akun bot hingga memberi label konten berpotensi berbahaya yang tersebar di Twitter.

Kemudian pada 2019, Agrawal terlibat dalam Bluesky. Ini adalah sebuah proyek yang didanai Twitter untuk menciptakan media sosial bersifat desentralisasi.

Baca Juga: Fitur Baru Twitter, Bisa Berikan Tips Bahkan Pakai Bitcoin

Dalam surat pengunduran diri, Dorsey mengaku bahwa Agrawal ditunjuk sebagai CEO oleh dewan Twitter. Ia juga menjadi tangan kanan Dorsey saat melakukan keputusan penting selama menjadi CEO.

CEO Twitter, Jack Dorsey. (YouTube)
CEO Twitter, Jack Dorsey. (YouTube)

"Kepercayaan saya padanya (Agrawal) sebagai CEO kami sangat dalam," kata Jack Dorsey, dikutip dari Gizmodo, Selasa (30/11/2021).

Sebelumnya diberitakan bahwa Jack Dorsey mengumumkan mundur dari jabatan CEO Twitter. Ia akan digantikan oleh Parag Agrawal yang tadinya menjabat sebagai Chief ology Officer (CTO).

Baca Juga: Twitter Mulai Uji Coba Label Khusus Akun Bot

Twitter mengatakan pengunduran diri Dorsey segera berlaku, tetapi ia masih duduk di dewan direksi perusahaan sampai pertemuan pemegang saham pada 2022 mendatang.

"Saya telah memutuskan untuk meninggalkan Twitter karena saya yakin perusahaan ini sudah siap untuk meninggalkan para pendirinya. Saya sangat percaya pada Parag. Ini saatnya dia memimpin," kata Dorsey seperti dikutip dari The Guardian.

Itulah siapa Parag Agrawal, sosok pengganti Jack Dorsey sebagai CEO Twitter yang baru. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak