Pengguna Twitter di Indonesia Termasuk yang Aktif Bahas Keuangan

Pembicaraan terkait keuangan dan bisnis di Twitter meningkat 133% dari tahun ke tahun.

Agung Pratnyawan
Rabu, 03 November 2021 | 16:03 WIB
Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Claudio Schwarz)

Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Claudio Schwarz)

Hitekno.com - Siapa sangka pengguna Twitter di Indonesia termasuk yang rajin membahas keuangan di linimasa. Bukan hanya ramai membahas konten-konten hiburan saja.

Twitter Indonesia menyampaikan kalau orang-orang datang ke platform ini untuk melakukan diskusi banyak hal, dari apa yang sedang terjadi hingga membicarakan kesuakaan atau passion mereka.

Salah satu topik yang sering dibicarakan adalah keuangan dan bisnis. Pengguna Twitter di Indonesia termasuk financial-savvy dan affluent dalam hal keuangan dan bisnis.

Baca Juga: Bos Twitter Ejek Ide Metaverse Mark Zukerberg

Hal ini terlihat dari meningkatnya percakapan terkait keuangan dan bisnis di Twitter hingga 133% dari tahun ke tahun, khususnya saat pandemi. 

Laporan Twitter Trends yang menganalisa Tweet selama tiga tahun terakhir (Juli 2018 - Juni 2021) juga menunjukkan adanya peningkatan volume percakapan tentang keuangan dari tahun ke tahun.

Pertumbuhan Percakapan tentang Keuangan & Bisnis Pengguna Twitter di Indonesia. (Twitter Indonesia)
Pertumbuhan Percakapan tentang Keuangan & Bisnis Pengguna Twitter di Indonesia. (Twitter Indonesia)

Laporan tersebut menyebutkan, bahwa pembicaraan terkait keuangan meningkat sebesar 38% di Twitter. Topik tersebut membahas keuangan dari berbagai macam spektrum; mulai dari pembahasan tentang menabung, produk-produk investasi, hingga insight tentang dompet digital.

Baca Juga: Kenapa Nama Karakter Genshin Impact Penuhi Trending Topik Twitter?

Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia menyebutkan, "Topik tentang keuangan banyak didiskusikan di Twitter. Masyarakat bisa mendapatkan referensi tentang topik-topik seputar keuangan dari para ahli serta berdiskusi dengan komunitas yang memiliki ketertarikan terhadap topik ini. Brand pun dapat menganalisa percakapan yang ada di Twitter untuk memperoleh insight menarik tentang apa yang orang pikirkan dan apa yang mereka anggap penting bagi mereka. Insight dari percakapan di Twitter serta dapat membantu brand menjadi lebih relevan bagi audiens mereka di Twitter."

Twitter merangkum beberapa insight tentang percakapan terkait keuangan dan bisnis yang dapat bermanfaat bagi brand:

1. Percakapan tentang teknologi dan keuangan semakin populer di Twitter

Baca Juga: Fitur Baru Twitter, Bisa Berikan Tips Bahkan Pakai Bitcoin

Apa yang terjadi di dunia, akan dibicarakan di Twitter. Jika kita berbicara tentang investasi, Twitter adalah tempat bagi mereka yang suka membicarakan tentang keuangan: baik itu tentang keuangan pribadi, sebagai hobi, atau diskusi antara para profesional.

Hal ini pun sejalan dengan meningkatnya volume percakapan tentang keuangan dan teknologi (+257%) jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya – menjadikan Twitter sebagai platform yang tepat bagi brand untuk terhubung dengan para fintech enthusiast. 

Pertumbuhan Percakapan tentang Fintech oleh pengguna Twitter di Indonesia. (Twitter Indonesia)
Pertumbuhan Percakapan tentang Fintech oleh pengguna Twitter di Indonesia. (Twitter Indonesia)

2. Orang-orang di Twitter lebih sadar akan masa depan dan pengelolaan keuangan mereka

Baca Juga: Twitter Mulai Uji Coba Label Khusus Akun Bot

Sebanyak 50,4% pengguna Twitter tertarik dengan investasi dan 72,6% sudah memiliki tabungan/uang tunai/dana pensiun sebagai investasi mereka. 

Data Twitter juga menunjukkan, bahwa mereka yang menggunakan Twitter memiliki persentase lebih besar dalam menggunakan platform digital seperti perbankan online (+39%) dan pembayaran virtual (+27%) selama pandemi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan Twitter.

Hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi brand, terutama brand yang menyasar segmen premium, untuk tetap menjadi top-of-mind dengan membangun relevansi dengan menjadi bagian dari percakapan. 

Pengguna Twitter & Investasi. (Twitter Indonesia)
Pengguna Twitter & Investasi. (Twitter Indonesia)

 

Pengguna Twitter vs. Non-Pengguna Twitter. (Twitter Indonesia)
Pengguna Twitter vs. Non-Pengguna Twitter. (Twitter Indonesia)

3. Menjadi relevan dengan menjadi bagian dari percakapan 

Audiens keuangan di Twitter memiliki minat yang beragam: dari teknologi (82,6%) dan musik (80%), hingga film (77,1%) dan gawai (75,8%).

Ini adalah kesempatan bagi brand untuk membangun relevansi dan menjaga posisinya sebagai top-of-mind dengan menjadi bagian dari topik-topik yang diminati oleh para audiens keuangan tersebut. 

Minat Audiens Keuangan Pengguna Twitter di Indonesia. (Twitter Indonesia)
Minat Audiens Keuangan Pengguna Twitter di Indonesia. (Twitter Indonesia)

Bagaimana brand dapat memanfaatkan percakapan tentang keuangan dan bisnis di Twitter?

Sebanyak 47% pengguna Twitter menemukan produk-produk baru berdasarkan percakapan yang terjadi di Twitter – menjadikan Twitter tempat terbaik untuk menemukan brand atau produk-produk baru melalui rekomendasi dan penilaian orang lain.

Dengan percakapan yang real-time tentang topik keuangan di Twitter, audiens dapat selalu mengikuti tren industri keuangan terkini. Sedangkan brand dapat memanfaatkannya untuk memperoleh insight ketika akan meluncurkan produk atau kampanye baru yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens mereka.

Itulah laporan terbaru Twitter Indonesia yang mendapati seperti apa perilaku para pengguna. Ternyata pengguna Twitter di Indonesia termasuk yang rajin membahas keuangan.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak