Gadget

9 Aplikasi Kelola Keuangan Pribadi dan Usaha Terbaik

Untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran, ini aplikasi kelola keuangan terbaik.

Dinar Surya Oktarini

Aplikasi Keuangan Keluargaku. (Play Store)
Aplikasi Keuangan Keluargaku. (Play Store)

Hitekno.com - Memiliki aplikasi kelola keuangan membuat pengeluaran dan pemasukan setiap bulan bulan adalah hal yang wajib diperhatikan jika kamu tak ingin boros.

Apalagi di kondisi pandemi ini kita dituntut untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan. Banyak perusahaan yang tumbang dan membuat banyak orang tak memiliki pekerjaan. Di saat yang serba sulit ini membuat kita harus berhemat, salah satu caranya adalah dengan menggunakan deretan bantuan aplikasi kelola keuangan.

Dengan kemajuan teknologi, kamu bahkan bisa merapikan dan mengelola keuangan dengan baik lewat berbagai aplikasi yang tersedia di gadget.

Misalnya saja, untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Dengan aplikasi kelola keuangan, kamu tidak harus repot-repot mengira-ngira berapa uang yang harus kamu keluarkan tanpa harus menguras dompet kamu. Berikut 9 aplikasi kelola keuangan yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Aplikasi keuangan. (doxbetter.com)
Aplikasi keuangan. (Play Store)

1. Money Manager
Aplikasi kelola keuangan Money Manager ini tidak hanya membantu kamu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan kamu, namun juga dapat memperhitungkan pengeluaran maupun pemasukan kamu. Dalam aplikasi kelola keuangan ini, kamu dapat melihat grafik perbedaan antara budget yang ditentukan dengan pengeluaran sesungguhnya. Aplikasi kelola keuangan ini juga dapat terhubung dengan akun dari kartu debit.

2. Money Lover
Aplikasi kelola keuangan Money Lover ini adalah aplikasi keuangan terpopuler untuk urusan manajemen uang. Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat batasan anggaran sesuai keinginan kamu. Ketika pengeluaran kamu sudah melewati batas, aplikasi Money Lover ini akan memberi notifikasi. Aplikasi kelola keuangan ini juga akan menyarankan kamu berapa pengeluaran yang ideal agar kamu tidak melebihi budget yang sudah kamu tentukan.

3. Moneyfy
Moneyfy merupakan salah satu aplikasi Keuangan yang membantu kamu memantau kondisi keuangan. Aplikasi kelola keuangan ini sangat cocok untuk kamu yang sudah hidup berumah tangga. Setiap akhir bulannya, kamu juga bisa membuat periode laporan agar keuangan kamu terkontrol dengan baik.

4. Keuangan Keluargaku
Aplikasi kelola keuangan ini membantu kamu yang sudah berkeluarga mengatur pengeluaran dan pemasukan keluarga. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah bisa digunakan bersama istri atau suami secara realtime, sehingga mengelola keuangan menjadi lebih transparan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga didesain sangat sederhana dan mudah digunakan.

5. Buku Kas
Aplikasi kelola keuangan Buku Kas ini merupakan buku keuangan untuk kamu yang tengah mengelola usaha di tengah pandemi. Kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran usaha kamu dengan aplikasi Buku Kas. Buku Kas sendiri kini sudah digunakan satu juta pengguna dan ratusan warung di Indonesia.

6. AndroMoney
Aplikasi kelola keuangan ini tersedia untuk pengguna Android. Aplikasi kelola keuangan ini bisa mempermudah kita dalam mengelola uang pribadi kita sehari-hari. Sehingga, pemasukan dan pengeluaran bisa dilacak dengan baik. Tampilannya yang simpel akan mempermudah dalam mengoperasikan.

7. Goodbudget
Aplikasi kelola keuangan yang dibuat oleh Dayspring Technologies ini berhasil meraih 1 juta unduhan di Google Playstore dan tersedia baik di Android maupun iOS. Dengan Goodbudget, kamu bisa mengatur keuangan sekaligus melacak pengeluaran dan pemasukan sehari-hari. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa disinkronisasi dalam device yang berbeda-beda, sehingga kamu tak perlu lagi mengulang dari awal. Goodbudget memiliki fitur yang bisa melacak riwayat transaksi selama 7 tahun. Setelahnya, kamu bisa melihat pengeluaran dan pemasukan selama kurun waktu tertentu dalam bentuk bagan yang mudah dipahami.

8. Bluecoins
Kamu bisa memakai Bluecoins untuk mengelola uang, pengeluaran, pendapatan dan anggaran secara efektif. Tidak hanya dipakai untuk keperluan pribadi, Bluecoins juga bisa digunakan untuk mengontrol keuangan keluarga dan bahkan bisnis. Menariknya, ada laporan dalam bentuk PDF yang dihasilkan setiap bulan sehingga kamu bisa mengetahui datang dan perginya uangmu.

9. Spendee
Spendee tidak hanya melacak pengeluaran dan pemasukan kita, tetapi bisa terhubung ke akun bank dengan aman. Kamu pun bisa membuat perencanaan budget per bulan. Misal, untuk makanan, kamu menetapkan budget Rp1 juta per bulan. Apabila kamu melebihi budget itu, maka ada notifikasi yang muncul, sehingga kamu bisa mengontrol diri. Spendee memiliki beragam mata uang, sehingga cocok digunakan ketika sedang berlibur di luar negeri.

Jadi kamu tertarik apikasi kelola keuangan yang mana nih untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran setiap bulan? 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait