Internet

Wanita Curhat ATM Terkuras Tanpa OTP, Netizen Banyak yang Merasa Senasib

Kok bisa terjadi seperti ini?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi: Mesin ATM. (pixabay)
Ilustrasi: Mesin ATM. (pixabay)

Hitekno.com - Viral di media sosial, curhatan wanita jika saldo di ATM miliknya senilai Rp 5 juta raib hanya dalam beberapa menit.

Satu hal yang bikin netizen heboh sekaligus geram adalah, tidak adanya SMS OTP yang masuk ke ponsel wanita tersebut seperti ketika hendak melakukan transaksi perbankan pada umumnya,

Video viral tersebut diunggah oleh akun TikTok @emonsanck. Ia mengatakan masih shock karena uang tabungannya habis.

Pengguna tersebut mengatakan jika kasus pencurian tersebut bermula ketika dirinya mendapat telepon yang mengaku dari Gojek.

"Hari ini kayak disambar petir, uang Rp5 juta habis begitu saja, tanpa kode, OTP atau SMS sekarang penipu sudah bisa mengambil uang kita, hanya menggunakan aplikasi One Klik," katanya.

"Aku langsung ke kantor BCA berharap uangku masih bisa diselamatkan, namun ternyata sudah lolos ke akun OVO pelaku," tambahnya.

Yup, ada dua alasan yang bisa dicermati dari kasus tersebut. Pertama adalah tentang penipuan yang mengatasnamakan instansi tertentu.

Wanita Curhat ATM Terkuras Tanpa OTP. (TikTok)
Wanita Curhat ATM Terkuras Tanpa OTP. (TikTok)

Ada baiknya, kamu cek terlebih dahulu sebelum memberikan datamu. Lagipula, instansi tertentu biasanya tidak bertanya tentang detail data kamu. 

Jadi jika kamu mendapat telepon sejenis, kamu perlu berhati-hati.

Kedua adalah tentang kode OTP yang selama ini dianggap cukup ampuh dalam melindungi data seseorang, terlebih dalam dunia  perbankan.

Sebelum terjadi transaksi, biasanya pemilik akun akan dikirimkan kode OTP untuk mengkonfirmasi jika yang melakukan transaksi adalah dirinya sendiri.

Akan tetapi ternyata, keamanan ini sudah bisa dikelabui oleh penipu.

Kolom komentar tersebut pun dipenuhi dengan netizen yang geram dengan aksi penipuan dan pengurasan uang nasabah yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Bukan hanya sekali, ternyata modus semacam ini sudah menimpa beberapa orang lainnya.

"Saya barusan juga mengalami, tanpa OTP dan telepon malahan. Kena akun Shopee, ternyata akun kita dibobol, entah nomor teleponnya juga kayaknya," tulis salah satu netizen.

"Saran saya jangan menggunakan aplikasi One Klik untuk transaksi apapun karena sangat rentan," timpal yang lain.

Tonton videonya DI SINI.

Itulah video viral di media sosial, curhatan wanita uangnya di bank raib, ternyata banyak yang senasib.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait