Internet

Awas! Inilah Ciri-ciri Kartu ATM BCA yang Akan Diblokir

Cek Kartu ATM BCA punya ciri-ciri ini tidak.

Agung Pratnyawan

Kartu ATM BCA. (BCA)
Kartu ATM BCA. (BCA)

Hitekno.com - Cek kartu ATM BCA kamu punya ciri-ciri berikut atau tidak, jika iya, bisa jadi kartu kamu masuk ke dalam rencana pemblokiran. Seperti apa kartu ATM BCA yang akan diblokir nantinya?

Seperti diketahui, perbankan tanah air sedang gencar memperkenalkan kartu ATM baru yang diklaim punya perlindungan yang lebih aman.

Kartu ATM yang dimaksud adalah kartu ATM yang sudah dilengkapi dengan chip.

Yup, kartu ATM chip memiliki ciri terdapat kotak kecil berwarna emas dan ada di bagian depan kartu.  

Nah jika kartu ATM kamu belum dilengkapi dengan chip ini di bagian depannya, kamu disarankan untuk segera ganti agar tidak kena blokir BCA bulan depan.

Sebab ciri-ciri kartu ATM yang akan kena blokir adalah ketika kartu tersebut masih menggunakan magnetic stripes yang memiliki garis hitam memanjang di belakang kartu.

Tenang saja, kamu diberi waktu hingga 30 November untuk menukarkan kartu ATM BCA kamu ke versi yang lebih baru kok.

Kartu ATM BCA. (BCA)
Kartu ATM BCA. (BCA)

"Setelah 30 November 2021, Kartu yang TIDAK ADA CHIP nya seperti Kartu Debitur BCA, Xpresi BCA, TabunganKu, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, dan BCA Cash HARUS DITUKAR DENGAN YANG ADA CHIPNYA , karena yang TANPA CHIP tidak bisa lagi digunakan untuk transaksi dan otomatis TERBLOKIR," bunyi keterangan BCA.

Caranya juga mudah, kamu hanya tinggal datang ke kantor BCA terdekat dengan membawa kartu ATM lamamu saja.

Lalu apa sih bedanya kartu ATM chip

Secara garis besar demikian, ketika kamu melakukan transaksi dengan menggesek kartu ke mesin EDC, mesin itu akan membaca, menghubungkan informasi nasabah ke bank.  

Proses yang demikian itu membuat kartu ATM mudah dibobol. Hacker hanya perlu menggunakan alat bobol bernama skimmer.

Dengan teknik tersebut, si pelaku bisa menggandakan data yang terdapat dalam pita magnetik di kartu kredit maupun debit, kemudian memindahkan informasi ke kartu ATM kosong. Akhirnya, si pelaku bisa dengan mudah menguras saldo rekening nasabah.

Sedangkan pada kartu dengan teknologi chip, chip ini justru berfungsi sebagai sistem keamanan.

Chip ini memproduksi kode setiap kali digunakan saat Anda bertransaksi. Setiap transaksi, kode diproduksi berbeda sehingga lebih aman dan tidak mudah ditiru.

Kartu debit atau kartu ATM berteknologi chip juga mempunyai kapasitas penyimpanan lebih besar dan proses transaksi lebih cepat.

Itulah ciri kartu ATM BCA yang akan diblokir bulan depan.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait