Internet

4 Cara Mengetahui Mesin ATM Rusak atau Tidak

Cara ini juga bisa membantu kamu terhindar dari aksi penipuan kartu ATM.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi mesin ATM (Shutterstock).
Ilustrasi mesin ATM (Shutterstock).

Hitekno.com - Cara mengetahui mesin ATM rusak ini bisa membantu kamu untuk mengantisipasi penipuan. Terlebih sedang marak penipuan ATM yang telah menimpa sejumlah korban.

Terlebih lagi, kini aksi penipuan ATM telah didukung oleh perkembangan teknologi untuk menggasak uang korbannya. 

Salah satunya dengan kemunculan alat skimmer, yang dimanfaatkan beberapa pelaku untuk mengambil informasi dari kartu ATM korban.

Skimmer merupakan alat pemindai magnetik yang bisa dipasang pelaku pada sejumlah titik di mesin ATM. Begitu korban memasukkan kartu ATM dan melakukan transaksi, otomatis data korban akan langsung tersalin pada alat skimmer.

Dari situ, para pelaku pun telah menguasai data ATM korban. Alhasil, mereka bisa dengan mudah melakukan transaksi tanpa diketahui korban secara langsung.

Nah, untuk menghindari modus penipuan ATM seperti ini, terdapat beberapa cara yang perlu Anda simak. Berikut adalah cara mengetahui mesin ATM rusak dengan memperhatikan sejumlah titik di mesin ATM.

1. Slot kartu ATM

Slot kartu ATM menjadi bagian pertama yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya, terdapat sejumlah modus yang bisa dilakukan pelaku penipuan pada slot kartu ATM.

Untuk mengetahui apakah slot kartu ATM dipasang alat skimmer atau tidak, perhatikan ukuran slot kartu tersebut. Jika terlihat sangat besar, Anda perlu mencurigai mesin ATM tersebut. Sebaiknya, jangan lakukan transaksi di sana dan carilah mesin ATM yang lain.

Kartu dimasukkan ke dalam mesin ATM. [shutterstock]
Kartu dimasukkan ke dalam mesin ATM. [shutterstock]

 

2. Lubang Slot Kartu ATM

Selain ukuran slot kartu ATM, Anda juga perlu memperhatikan lubang dari slot kartu ATM itu sendiri.

Pasalnya, banyak pelaku penipuan yang mengganjal lubang tersebut dengan sebuah benda agar kartu ATM Anda tidak bisa keluar. Saat Anda pergi, pelaku akan langsung mengambil kartu tersebut untuk disalahgunakan.

3. Tombol ATM

Ketika bertransaksi, Anda perlu memperhatikan tombol angka yang digunakan untuk memasukkan pin ATM.

Jika terlihat seperti telah dimodifikasi, misalnya terasa lebih longgar atau sulit ditekan, jangan masukkan pin ATM Anda dan carilah mesin ATM yang lain. Pasalnya, besar kemungkinan tombol angka tersebut telah terpasang alat skimmer.

4. Kamera Tersembunyi

Cara mengetahui mesin ATM rusak yang terakhir adalah dengan melihat adakah perangkat kamera tersembunyi yang terpasang di mesin tersebut.

Biasanya, pelaku meletakkan kamera di bawah penutup tombol. Anda harus jeli dengan segala bentuk benda yang terasa asing di sekitar mesin ATM. Pasalnya, bentuk-bentuk kamera saat ini sangat beragam.

Untuk menghindari insiden penipuan ATM, Anda sebaiknya menggunakan mesin ATM di tempat yang benar-benar dijaga oleh pihak keamanan.

Itu dia cara mengetahui mesin ATM rusak atau tidak untuk membantu kamu terhindar dari aksi penipuan. Semoga berguna. (Suara.com/ Theresia Simbolon).

Berita Terkait